Ketahui 5 dampak negatif yang disebabkan akibat minder

dampak negatif yang disebabkan akibat minder
Image source : fanpop.com

Tidak percaya diri, atau sering di sebut dengan istilah minder menjadi salah satu momok yang menakutkan. Beragam pikiran negatif di kepala secara perlahan justru akan membuat kita menjadi kerdil, hingga tidak tertutup kemungkinan kita akan semakin tenggelam karena perasaan-perasaan negatif yang bersemayam di dalam pikiran. Tidak heran bila minder menjadi satu hal yang harus disingkirkan dari dalam diri, karena seberapapun tingkatannya perasaan minder hanya akan membuat kreativitas, produktivitas, dan juga image positif akan sirna hanya sekejap mata. Padahal kita tidak pernah mengetahui seandainya dalam suatu kondisi kita dapat menyingkirkan perasaan minder dengan bersikap lebih percaya diri.

Sebelum lebih jauh menuliskan tentang dampak negatif karena minder, sebenarnya yang perlu diketahui adalah hal yang menjadi penyebab mengapa seseorang menjadi tidak percaya diri atau minder ini. Baik dari faktor internal (dalam diri), hingga faktor eksternal (yang berasal dari luar). Tapi saya bukanlah seorang psikologis yang mengerti segala hal mengenai rasa minder atau tips mengenai hal ini, tetapi ini menjadi sebuah titik balik dimana saya pernah mengalami hal ini beberapa waktu lalu. Oleh sebab itu, di blog sederhana ini saya ingin sedikit berbagi mengapa anda tidak boleh minder, dan hal negatif yang harus anda ketahui akibat perasaan minder.

Dampak negatif yang di sebabkan karena tidak percaya diri / minder

1. Membuat anda diam di tempat

Ya, sudah pasti anda akan stag, atau diam di tempat. Sementara teman-teman anda sudah melaju beberapa langkah ke depan dengan kreativitas dan inovasi yang dimilikinya. Hal tersebut dikarenakan mereka memiliki rasa percaya diri yang kuat, dimana itu menjadi sebuah senjata yang cukup ampuh untuk mencapai kesuksesan.

Percaya atau tidak, dengan meningkatkan rasa percaya diri satu tingkatan, anda akan berada di atmosfir yang berbeda bila dibandingkan anda tidak memiliki percaya diri atau keyakinan yang kuat. Oleh sebab itu, singkirkan jauh-jauh dan perlahan cobalah untuk belajar meningkatkan rasa percaya diri agar dapat lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan aktivitas apapun.

2. Menciptakan perasaan tidak tenang

Tidak tenang, bingung, serba salah, gelisah, dsb. Ketika anda sedang dihadapkan dengan suatu tantangan anda akan merasakan hal tersebut secara keseluruhan. Karena itu rasa minder akan menjadikan otak anda berfikir positif untuk menciptakan sesuatu yang bernilai lebih untuk menjadikan sebuah tantangan dapat berakhir dengan sempurna.

Ok, agar lebih jelas lagi saya akan memberikan satu contoh. Tanpa disadari anda dipercaya untuk mengelola sebuah pekerjaan yang menurut anda dapat memberikan keuntungan pada anda (baik itu dari segi materi, proses pembelajaran atau pengalaman). Namun karena anda menghadapi dengan perasaan minder, bukan suatu hal yang mustahil bila anda pada akhirnya akan merusak pekerjaan tersebut. Tapi, saya yakin bahwa anda akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik jika anda menerima dan melakukannya dengan percaya diri.

3. Pesimis

Rasa pesimis adalah satu pemikiran yang sangat berbahaya. Kata PESIMIS bagi saya adalah sama dengan bunuh diri. Bila anda selalu berputus asa, secara perlahan anda akan di bawa ke arah kegelapan yang ujung-ujungnya selalu penuh dengan kesusahan dan keluh kesah. Itulah yang akan terjadi bila anda tidak percaya diri, anda tidak akan pernah bisa percaya bahwa anda dapat melakukannya dengan baik.

Baca juga : Tips membangkitkan semangat hidup

4. Takut terhadap hal baru

Rasa pesimis yang dibiarkan akan membunuh karakter dan mimpi besar yang sebenarnya sangat indah dalam pikiran anda sehingga menjadikan anda takut terhadap hal baru. Tanpa anda ketahui, sebenarnya banyak hal yang baru yang akan membuat hidup anda lebih indah, lebih bermanfaat, lebih terarah, dan pastinya akan merubah kualitas hidup ke arah yang lebih baik lagi.

5. Menghambat rezeki

Sebenarnya ini adalah hal yang paling ditakutkan oleh saya, bahkan oleh anda, dan semua orang. Ketika anda tidak yakin dengan kemampuan yang anda miliki, anda tidak akan pernah menemukan harta karun terbesar yang ada di dunia ini. Ya, secara tidak langsung anda telah menutup pintu rezeki anda sendiri akibat merasa tidak percaya diri. Maka dari itu, biarlah imajinasi dan kreativitas anda tertuang pada sebuah kanvas, yaitu sebuah tindakan. Karena sebuah tindakan yang sesuai harapan adalah hasil dari rezeki yang harus di cari.

Itu dia alasan-alasan versi saya mengapa rasa tidak percaya diri atau minder sangat berbahaya dan harus di buang jauh-jauh. Semoga dengan sedikit pengalaman yang saya bagikan disini dapat bermanfaat dan mampu mengubah mindset anda dari bahayanya efek minder ini.

Jangan lupa baca postingan lainnya mengenai yang harus dilakukan saat dipandang sebelah mata.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*