Kelebihan menggunakan Blogspot

Blogspot - blogger.comBlogspot adalah salah satu blog gratisan yang dimiliki oleh PyraLab, dan pada akhir tahun 2002 Blogger.com diakuisisi oleh Google. Itu adalah sekilas kecil dari sejarah Blogspot, hingga akhirnya sekarang Blogspot banyak sekali dimanfaatkan sebagai tempat menuangkan fikiran ataupun informasi, baik secara personal maupun kelompok. Yang jadi pertanyaan adalah, bagusnya pakai blog gratisan apa ya? Nah, berhubung banyak sekali tempat yang menyediakan blog gratisan, baik dari dalam negeri ataupun luar negeri, tapi saya akan membahas yang sangat umum saja. Yaitu Blogspot dari Blogger.com

Siapa saja bisa membuat blog dengan mudah menggunakan blogspot, tinggal buka Blogger.com, trus klik ‘buat blog’. Selanjutnya isi data-data sampai alamat blog yang anda inginkan. Tapi seperti yang kita ketahui, bahwa secara umumnya, apapun itu, pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Coz nothing is perfect in the world 🙂

Meskipun Blogspot halamannya bersifat statis, tapi menurut saya blogspot memiliki kelebihan sebagai berikut,

– Blogspot mudah digunakan. Hal ini relatif sih, tapi sekalipun anda adalah seorang yang baru belajar ngeblog, namun saya rasa anda tidak akan menemukan kesulitan untuk menggunakan blogspot. Untuk menerbitkan sebuah postingan, merancang template, atau mempercantik blog.

– Aksesnya kencang. Ya, terkadang ini juga menjadi suatu hal yang membuat dilema. Tapi selagi anda tidak banyak meng-input code html dari pihak ketiga, blog yang telah anda buat di blogspot (Insya Allah) kencang deh.

– Banyak template pilihan yang bisa anda pilih dan mudah di edit untuk membuat blog anda semakin enak di pandang, baik itu dari feature perancang template yang telah tersedia, ataupun mencari free template, alias template gratisan selain dari yang telah disediakan oleh pihak blogger.com

– Blogspot memberikan unlimited space & bandwith. Jadi selagi anda masih mampu untuk menerbitkan postingan, anda tidak perlu memikirkan space / ruang penyimpanan blog anda, serta bandwith yang tidak akan berkurang sekalipun pengunjung blog sudah ramai.

– Blogspot memiliki feature statistik tracker. Jadi anda bisa memantau pengunjung blog tanpa repot-repot menambah code html dari website penyedia statistik tracker lain.

– Blogspot memiliki SEO (Search Engine Optimization) yang nggak kalah bila dibandingkan dengan blog gratisan lain, sekalipun dengan blog berbayar. Meskipun blog baru yang menggunakan blogspot awalnya agak sulit terdeteksi oleh search engine, tapi dengan menambahkan sedikit trik-trik SEO yang bisa anda di search engine, tidak tertutup kemungkinan blog anda berada pada halaman pertama hasil pencarian.

– Yang terakhir, dan juga jujur nih, yang bikin saya jatuh hati sama blogspot adalah, anda bisa memonetize blog. Selain blogspot sebenarnya anda juga bisa memonetisasi blog anda. Tetapi setahu saya, blogspot lebih memiliki banyak pilihan untuk memonetisasi blog. Karena selain PPC (Pay Per Click) atau CPA (Cost Per Action), anda juga bisa memonetisasi blogspot anda dengan ikutan Paid Review yang sudah lama pernah saya publish disini, atau jualan link, misalnya di TLA atau LinkWorth.

Happy blogging 😉

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

3 Comments on Kelebihan menggunakan Blogspot

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*