Kelebihan & kekurangan ikut kontes SEO

Kekurangan kelebihan kontes SEOSEO, apa itu SEO? Rasanya saya tidak perlu membahas apa itu SEO. Yang pasti SEO itu bukan sejenis makanan, minuman, buah-buahan, apalagi satu cara untuk mengobati patah hati. Tetapi bagaimanapun itu, SEO atau Search Engine Optimization menurut saya cukup penting untuk menjadikan suatu hal yang kita sampaikan di blog dapat ditemukan oleh mereka yang membutuhkan informasi dari apa yang telah kita sampaikan.

Telah melewati beberapa hari sejak ngoceh on the blog ini jajal ikut kontes SEO, rasanya blog ini semakin terbengkalai. Semangat beberapa hari yang lalu perlahan sudah mulai memudar, khayalan beberapa hari yang lalu mulai menghilang, hingga otak pun stres mikirin how to be a winner. Daripada bingung-bingung mikirin kontes, setelah beberapa hari melancong ke berbagai forum dan bertapa, dalam otak saya terfikir tentang kelebihan dan kekurangan suatu jika diikut sertakan untuk kontes SEO.

Nggak pake basa basi, berikut Kelebihannya :

1. Memperkuat SERP blog. Ini mungkin sudah menjadi hal umum, karena secara tidak langsung jika blog anda ikut kontes SEO, maka SERP (Search Engine Results Page) akan menjadi lebih baik. Terutama pada postingan atau artikel yang digunakan sebagai elemen dari prosedur kontes SEO. Optimasi onpage, nebar backlink sana sini, dengan cara yang benar atau salah, pastinya posisi SERP akan lebih baik.

2. Menjadi rajin. Rajin duduk di depan komputer untuk optimisasi serta rajin berdoa, kalau nggak rajin, jangan harap deh bisa nangkring di pejwan :mrgreen:

3. Mempererat silaturahmi. Bingung kan maksudnya? Nah ini dia nih, kalau biasanya malas meninggalkan jejak atau comment ketika lagi blogwalking, tapi ketika lagi semangat-semangatnya untuk mengoptimisasikan halaman demi kontes SEO, maka tumben-tumbenan kita meninggalkan jejak dengan maksud mendapatkan backlink.

4. Melatih mental agar menjadi lebih kuat. Ketika mengikuti sebuah kontes SEO, pasti anda akan menyadari bahwa betapa banyak para master yang ikut serta. Dan tahukah anda, apakah itu master? Silahkan ditelaah sendiri deh apa maksud saya.

5. Menerapkan sambil evaluasi ilmu yang didapat. Ini dia salah satu faktor utama saya njajal ikut kontes SEO, mencoba untuk menerapkan sambil mengevaluasi sampai mana sih kekuatan atau hasil dari hal-hal atau cara-cara yang telah saya lakukan.

Kekurangan ikut kontes SEO :

1. Blog menjadi terbengkalai. Seperti yang telah saya katakan di atas, karena sibuk sambil mimpi untuk menjadi pemenang, sehingga blog lainnya yang anda miliki menjadi terbengkalai.

2. Menjadi lupa waktu. Rasanya tadi baru duduk di depan komputer, tapi ketika kita tenggelam dalam kesibukan kesana kemari, ternyata nggak sadar sudah seharusnya time to rest.

3. Stres. Rasanya kita sudah optimasi dan bekerja keras, tapi kok kagak nongol-nongol ya?!? Intinya, semakin dioptimalkan, maka halaman yang diharapkan justru semakin tenggelam dari peredaran search engine. Gimana nggak setress tuh?! Makanya, jangan terlalu over optimasi, atau salah pilih cara. Jahh, jadi sok-sok pinter dah saya, padahal mungkin hal ini nih kesalah besar saya.

4. Menjadi seorang Spammer. Maksud spammer dapam topik ini, seorang yang seringkali memberikan suatu informasi berupa link hanya untuk mendapatkan backlink atau pengunjung, dengan harapan mendapatkan posisi strategis di search engine. Maklum, saya nggak punya banyak blog untuk bisa mendapatkan backlink, jadi hanya mengandalkan onpage sambil nyari-nyari backlink di tempat-tempat yang rasanya tepat aja.

Hhmm, itu dia kelebihan kekurangan ikut kontes SEO. Segala hal tentang kelebihan serta kekurangan di atas adalah menurut saya lho ya. Jadi maksudnya, bukan berarti berlaku atau sama dengan semua blogger yang ikutan kontes SEO seperti di atas. Karena pada dasarnya, semua ini adalah hal yang saya alami disini pengalaman dari Adira asuransi kendaraan terbaik Indonesia. Bagaimanapun itu, akhir kata, positif negatif kontes SEO kembali ke diri masing-masing. Karena seperti ungkapan yang mungkin seringkali anda dengar, bahwa setiap hal pasti memiliki sisi positif dan negatifnya.

Kalau anda sekarang kebetulan lagi ikut kontes juga, selamat berjuang 🙂

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

9 Comments on Kelebihan & kekurangan ikut kontes SEO

  1. ane masih newbie gan,, malahan di bawah newbie,,
    gan blog ane kok gak laku laku ya gan,, kira – kira apanya yang kurang ya??? selama ini pengunjung yang datang cuma ane doang,, heh

    @Gary : Makanya,, nggak boleh frustasi donk gan :mrgreen:
    Keep posting, kalo bisa yang bersifat unik. Biarkanlah google yang memberikan penilaian seiring dengan bertambahnya jumlah postingan blog agan.
    Keep blogging, semoga membantu ya gan 🙂

  2. Mantap infonya, semoga dapat menjadi renungan bagi para pengguna internet yang ingin ikutan kontes/lomba seo, dengan demikian efek domino dari kelebihan & kekurangan bila mengikuti kontes seo dapat diminimalisir. terima kasih dan salam

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*