Kebahagiaan

Bicara masalah kebahagiaan memang tidak ada habisnya, apalagi jika kita membicarakannya berdasarkan dari sisi yang berbeda-beda. Tetapi masalah kebahagiaan ini, sepertinya sebuah masalah yang terkadang cukup sering menjadi keluhan bagi sebagian individu. Selalu mengeluh tentang keadaan dirinya yang menganggap tidak bahagia. Selalu menganggap dirinya jauh dari sebuah kata kebahagiaan. Wajar jika banyak orang yang pergi keliling tidak tahu arah hanya untuk mencari sebuah kebahagiaan. Berbeda halnya dengan orang yang berbicara tentang arti sebuah kebahagiaan dalam rumah tangga, mungkin bisa juga dikaitkan bahwa kebahagiaan justru datang dengan rasa kebersamaan yang tercipta di dalam suasana keluarga tersebut.

Lain hal lagi jika kita membicarakan makna singkat dari sebuah kebahagiaan yang didapatkan dari dalam sebuah rumah tangga, dimana ada yang beranggapan bahwa kebahagiaan akan tercipta jika benar-benar saling melengkapi. Karena dengan saling melengkapi akan tercipta sebuah suasana yang nyaman, tetapi bukan berarti yang impoten beranggapan seperti itu dapat dikatakan mutlak untuk mendapatkan sebuah kebahagiaan. Betapa bingungnya jika harus membicarakan hal tersebut dengan persepsi yang berbeda-beda.

Bahagia atau tidak bahagia adalah sebuah pilihan. Jika kita mensyukuri dan menerima keadaan atau kenyatan yang ada sekarang ini dalam diri kita, kita pasti merasakan sebuah kebahagiaan. Karena seperti apapun persoalan atau keadaan yang kita hadapi, masih banyak orang yang memiliki keadaan jauh lebih buruk dari kondisi kita saat ini. Bahkan, dengan sebuah kekuatan fikiranpun kita bisa mendapatkan sebuah kebahagiaan. Kalau anda menganggap bahagia dengan keadaan diri anda sekarang ini, anda pasti bahagia. Tetapi ketika anda berfikir sebaliknya, justru akan lebih memperparah keadaan anda, termasuk keadaan psikologis anda.

Untuk mendapatkan sebuah kebahagiaan bukanlah hal yang sulit, setiap orang (bahkan semua mahkluk hidup) pasti menginginkan kebahagiaan. Pikiran anda akan mempengaruhi keadaan diri dan suasana hati anda. Cobalah berfikir positif dari setiap kejadian maupun keadaan yang anda rasakan, karena dengan rasa bersyukur dan ikhlas, kita akan lebih mudah menerima kenyataan.

So, kebahagiaan adalah sebuah pilihan. Jika anda menganggap diri anda tidak bahagia, maka anda tidak akan merasakan kebahagiaan. Tetapi, jika anda merasa bahwa anda bahagia, anda akan merasakan nikmatnya kebahagiaan… 🙂


About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

3 Comments on Kebahagiaan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*