Kategori mobil yang harus di hindari di jalan tol

Jenis pengendara yang harus dihindari ketika di jalan tol
Ilustrasi : Jenis pengendara jalan tol

Jalan bebas hambatan. Mungkin pengertian tersebut merupakan penjelasan yang sangat sederhana dan mudah dipahami. Kondisi jalanan yang lurus, jalanannya mulus, dan pastinya dapat sampai tujuan dengan waktu yang relatif singkat. Yah, meskipun lewat jalan tol tidak selalu sesuai harapan (nggak macet), tapi jalan tol menjadi favorit pengguna kendaraan roda empat atau lebih untuk menuju ke suatu tempat dengan waktu yang relatif singkat.

Sebelumnya, ada beberapa fakta yang perlu anda ketahui mengenai jalan tol. Akan memacu kendaraan minimal 60km/jam, dan jalan tol sebenarnya sangat rawan kecelakaan. Banyak hal yang menyebabkan kecelakaan di jalan tol. Misalnya pecah ban, ngantuk, atau faktor teknis atau human error lainnya yang tidak bisa di duga tapi sebenarnya bisa di minimalkan.

Bagi anda yang sering bepergian lewat jalan tol, mungkin sedikit banyaknya anda mengetahui beberapa type pengendara yang harus di hindari. Tapi nggak ada salahnya di simak lagi mengenai type pengendara yang harus di hindari saat melintas di jalan tol.

1. Mobil yang mendapatkan prioritas tinggi

Ini mungkin sudah jelas ya, tapi kenyataan di jalan saya pernah menemukan mobil yang justru nggak mau ngalah sama mobil yang mendapatkan prioritas tinggi di jalanan. So, dengan kesadaran tingkat tinggi, jangan melupakan kendaraan yang satu ini. Seperti ambulance, mobil jenazah, mobil militer, Polantas, termasuk mobil pengawal.

2. Mobil yang melintas zig zag

Nggak jelas tujuan hidupnya, entah mau ke kiri atau mau ke kanan. Atau tipe pengedara ini terlihat bagaikan badan ular yang identik dengan arah kiri dan kanan. Saya yakin anda pasti pernah menemui pengendara yang seperti ini kan? Jika tipe pengendara zig-zag ini ada di depan kendaraan anda, segeralah untuk jaga jarak, atau memotongnya. Karena tipe pengendara seperti ini dapat membahayakan keselamatan anda karena cara berkendaranya yang cenderung ke kiri dan kanan. Bahkan, anda bisa saja menjadi latah atau ikut-ikutan bingung dan berujung menimbulkan kecelakaan dengan kendaraan lainnya yang ada di sisi kanan / kiri, atau tidak tertutup kemungkinan yang ada di belakang anda.

3. Mobil yang suka ngerem

Baru nge-gas sedikit, trus nge-rem. Saat percepatan baru mau naik ke 80km/jam, tiba-tiba ngerem. Habis nyalip kendaraan di depannya, trus nge-rem. Berbagai kelakuannya pokoknya suka nge-rem. Bahkan lampu rem-nya yang sering menyala seringkali menjadikan kita yang berada di posisi belakangnya menjadi super hati-hati. Dan dalam kondisi yang super hati-hati, tanpa kita sadari sebenarnya itu dapat membahayakan kita dan pengendara lainnya karena adanya rem mendadak. Jadi, jaga jarak, atau segera potong pengendara yang tipe seperti ini.

4. Mobil yang minta jalan / mau nyalip dengan cara maksa

Terus terang saya bingung mau gimana nulisnya. Tapi saya percaya anda bisa mengerti dan memahaminya (ke pd-an nih  ceritanya). Yup, tipe pengendara seperti ini memang sangat-sangat-sangat menjengkelkan. Minta jalan dengan cara menempel kendaraan kita, sementara sebenarnya celah untuk menyalip tidak memungkinkan. So, jika anda menemukan tipe pengendara seperti ini, segeralah mencari timing yang tepat untuk menurunkan gas dan memberinya jalan. Ingat, don’t let devil touch your mind, and heart too. Soalnya kalo emosi udah kepancing gara-gara tipe pengendara seperti ini, kemungkinan terjadi kecelakaan akan menjadi lebih besar. Mengalah untuk menang, dengan cara berikan tipe pengendara seperti ini jalan untuk bisa memotong anda..

5. Mobil goyang

Nah ini dia nih, bingung kan? dalam keadaan berjalan agak lambat dan keadaan jalan yang mulus mobilnya goyang-goyang. Atau bisa juga dalam kondisi berhenti / parkir di pinggir jalan tol atau rest area. Kalau anda kebetulan sedang melintas dan menemukan mobil bergoyang, segeralah untuk memotongnya. Karena sebenarnya ini juga bisa menyebabkan kecelakaan. Karena ketika anda mulai negatif thinking dalam perjalanan dan terjadi kesenjangan seksual kan bisa juga jadi bahaya :mrgreen:

Itu dia beberapa pengendara yang harus dihindari di jalan tol. Kalau ada yang mau menambahkan silahkan, dan.. semoga bermanfaat.

About Andy Febrian 532 Articles

Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*