Kamus bahasa gaul

Sesekali, pasti kamu pernah merasa bingung dalam mengartikan pembicaraan atau obrolan temen-temen kamu. “Eh, lelet banget sih, capcus dunk”, “Lola banget sih otak lo”, “Ngengeng lo mana?”, bla bla bla masih banyak lagi. Dan terkadang bahasa gaul yang diucapkan oleh temen-temen kita justru bisa bikin kita salah paham karena kita telah salah mengartikan kata, atau justru memang karena tidak mengerti sama sekali arti kata yang menjadi tanda tanya besar yang dikatakan teman kamu tersebut.

Sebenarnya judul postingan ‘kamus atau istilah bahasa gaul’ ini nggak ada sama sekali hubungannya dengan anak gaul, tapi maksud saya, karena bahasa gaul sekarang ini sepertinya sudah menjadi bahasa yang terus berkembang serta menjadi realita yang sering kita temui, maka dari itu nggak salah juga kalo kita setidaknya bisa tau/ngerti dikit-dikit lah. So, kamu bisa nggak salah paham, salah arti, atau ngangguk-ngangguk kebingungan waktu diajak ngobrol pake bahasa gaul, atau ketika kebetulan dapet sms yang menggunakan bahasa gaul.

Okelah kalo begono, meskipun bukan anak gaul tapi saya dapet sedikit referensi kamus bahasa gaul yang mungkin bermanfaat buat kamu.

Amigos : Agak minggir sedikit

Berger : Bergerak/pindah

Boam : Bodo amat

Capcus : Cepetan

CDMA : Capek Deh Males Ah

Cengil : Adil

Cikil : Licik

Ngemeng : Ngomong

Cipoa : Menipu/berbohong

Ababil : ABG labil

Coil : Cowok idaman lain

Curcol : Curhat colongan

Geje : Gak jelas

Titi DJ : Hati-hati di jalan

Hadijah : Hati-hati di jalan juga

IDL : Itu derita lo

Jarpul : Jarang pulang

Lemot : Lemah otak

Metal : Melow total

Modom : Istirahat/tidur

Lola : Loading lambat

Bagasi : Bagus

Baratayudha : Berantem

OTW : Lagi di jalan/dalam perjalanan

Nyabu : Nyarap bubur

Woles : Slow/santai

Ajib : Enak

Rempong : Ribet/susah

Node : Norak deh

Habsus : Habis

Bagi kamu yang tau/punya bahasa gaul lainnya, share dunk

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 521 Articles
Menyukai dunia web development, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

31 Comments on Kamus bahasa gaul

  1. Ada lg, bahasa Arema. sapa tau ke malang kgak ngarti bahasa di sana.

    Makan : Nakam
    Idrek : kerja
    Raijo/ ojir : uang
    kodew/ wanyik : cewek
    Ngalup : pulang
    Kadit ojir : kgak punya uang
    Rudit : tidur
    Uklam-uklam : Jalan jalan
    Ebes : Bapak
    Ebes kanal : bapak
    Ebes kodew : ibuk
    Kubi : ibuk
    Tèkes : limapuluh
    Sutar : Seratus
    Aud amil : dua lima
    ngaral : mahal
    Harum : murah
    Nayamul : lumayan
    Oyi : iya
    Ewul : laper
    Uya : cantik
    Ayambes : sembahyang
    Bicara : Aracip
    Kadit : tidak
    Kadit itreng : gak tau
    Ewag : pakai
    Ujab : baju
    Bedes : anak monyet
    Cingkok : anak monyet
    Oges : nasi
    Oges lecep : nasi pecel
    Lokop : pukul
    Tayar : pukul
    Amrin : pacar
    Tahes : sehat
    Tahil : lihat
    Tènyom : monyet
    Tèwur : ruwet, complicated
    Silup : Polisi
    Ojob : suami/istri atau pacar
    Ngetem ; hamil
    Ngoceb : bencong
    Osi : bisa
    Sam ; panggilan laki2
    Nolab : pelacur
    Nganal : laki2
    Ngenem : diam
    Ngongip/ ngingub ; bingung
    kelab : balik/ pulang
    koyes/ awu-awu : menipu
    kobam : mabuk
    Kolem : ikut
    Jess : Guys
    Jancok : makian kasar
    ewed : sendiri
    Aud : dua
    Arodam : madura
    Asaib : biasa
    Hewod : Dobleh, (bibir mbuka)
    Libom/ rontom : mobil
    Asedep : sepeda
    Asedep rotom : sepeda motor
    kunam : burung
    Licek : kecil
    Koen/ Ewok : kamu
    Embong ; jalan
    asrop : minum
    Ayem : melempem
    Ke-at : tai

  2. lau ; lu
    astel;asu teles
    sokap;siapa
    borju;orang kaya
    wb; warung bude
    boti;judi
    sibah;bagus
    tijel tidak jelass

  3. Ada neh,
    Yg udh byssa mh.
    Bakil : balik/pulang
    C0z: krn.
    Cbb:c0riy bru bls
    Desi: derita sndri
    Modol:be’ol
    Sth: sbgyn tekr hlng
    Narsis:n0de

    Hha bassi thu mh.! 😛

  4. Oiya nih adalagi…
    Ubis: Udah bisa
    BTW: Kalo bole tau
    Ubi: Uda biasa
    Nampang: Nama panggilan
    Bebol: Nama panggilan syg cowo
    Bebul: Nama panggilan syg cewe

    @Deira : Okay, makasih tambahannya 🙂

  5. ada lg! nie bhasA gaul kal-bar. .

    awak_ kamu
    lingau_ bdoh2
    ape_ apa
    lawar_ cntik,cakep
    Peka_ tuli
    berak_ BAB
    kemeh_ kencing
    kiwa’e_ sial

  6. bahasa Malangan bukan bahasa gaul… bahasa Malangan sudah ada sejak jaman penjajahan…. dan skrg mnjadi ciri khas Malang….

  7. Ni yg laenx

    Nope = no
    Yep = yes
    OTW = on the way (msih di jalan)
    GWS = Get well soon (cpat sembuh yah)
    WYATB = wish you all the best (smoga yg trbaik untukmu)
    Dunno = don’t know (tdak tahu)
    Lope = love

  8. Ini gua tambahin

    SKSD : Solatlah kau sebelum disolatkan
    BOMAT : Bodoh Amat
    NOKIA : Nikah ogah kawin iya aja
    CDMA : Cinta di mantan masih ada
    JONES : Jomblo ngenes
    TBC : Tekanan batin cinta 😀
    AKB48 : Andika Kangen Band nikah 4 kali, move on 8 kali wakakakaka

    Ngaco semua bro 😀

    Sekian dan terima kasih

  9. Coa teu: tidak tahu
    Cikpo: bagaimana
    Api: siapa
    Ko: kamu
    Uku: saya
    Iloa: bodoh
    Alep: cantik
    Kanyei: kanji
    Has: suka

  10. Nih gue kasih bahasa gaul.

    Lau: elu
    Doski: dia
    Sob: panggilan untuk sahabat
    Jintur: ijin tidur
    Bacut: pergi
    Sokap: siapa
    Brokap: berapa
    Saik: asik
    Sokin: sini
    Brayy: panggilan untuk temen
    Takis: sikat
    Siteng: tengsin/ketahuan
    Kolup: lupa
    Raib: ilang
    Di Mob: di marahin
    Di lobi: di rayu
    Rakab: bakar
    Comel: cerewet
    Modus: modal dusta
    Rokes: rusuh
    Kepay: pake
    Kemek: makan
    Kobam: mabok
    Mager: males gerak
    GU: gila urusan
    Gokil: gila
    PW: posisi wenak
    Bail: ambil
    Bokul: beli
    Rempong: ribet
    Kobun: hamil

  11. gw tambahin ni :
    CLBK : CEBOK LAMA BERSIH KAGAK..
    ORGIL :ORANG GILAK
    EMBER : BANYAK BICARA
    ANONYMOUS : KAGAK JELAS
    RANUM : CANTIK
    NOKIA : NO KOMEN YAH
    SIANTAR : YAH BENTAR
    SALON : SALAH LONCAT
    ANGGUR : AYAM GURIH

  12. ni gue tambaiinn

    yoileks:iya
    potem:tempo/cepat
    kimek:makan
    dasu:sudah
    wadu buri:dua ribu
    lanjex:jalan
    gigit:pukul

  13. gua tambahinn

    bebucal : ta*ik
    kamseupay : kampungan sekali, udik dan payah
    c u : see you
    mbb : ma.af baru bales
    iu : itu
    nasdem : panas adem/ panas dingin
    fc : fotocopy
    fd : flashdisk

  14. ele= bodoh
    bili=beli
    kamyu=kamu
    ngos-ngos=capek
    paniang=bosan
    kagamugu=kamu
    sagayaga=saya
    kegemaganaga=kemana
    pugulagang=pulang
    magaakan=kamakn
    niginugum=minum
    jajok=benci,marah
    kodah=kotor
    kalera=memaki
    kafudur=menyuruh mati
    kafadam=menyuruh mati
    ilala=kaget
    lameh=sesak nafas
    masih banyak yang lain deh

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*