Ini Prosedur Step by Step Perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi)

Image source : polri.go.id

Untuk anda yang setiap harinya menggunakan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi utama, sudah pasti bahwa Surat Izin Mengemudi atau yang biasa di singkat dengan SIM menjadi sebuah syarat mutlak dan salat satu surat yang harus dimiliki. Karena dengan melengkapi surat-surat kendaraan termasuk SIM, anda akan lebih bebas dan leluasa ketika menempuh perjalanan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah tilang yang dilakukan oleh Polisi Lalu Lintas.

Berhubung saya belum lama ini baru saja memperpanjang SIM, saya akan sedikit berbagi informasi mengenai cara perpanjang SIM dengan mudah dan cepat. Sebenarnya bukan dengan mudah dan cepat, tetapi memang proses perpanjangan SIM ini cukup mudah dan tidaklah memakan waktu yang lama. Namun tergantung dari jumlah antrian yang akan melakukan perpanjangan SIM di lokasi anda.

Sebelumnya, karena domisili saya berada di Jakarta Timur, saya akan mengilustrasikan step by step memperpanjang SIM di Jakarta Timur atau lebih tepatnya yang lokasi Samsatnya berada di Tamini Square. Tanpa babibu, berikut langkah-langkah memperpanjang SIM yang hampir habis masa berlakunya.

1. Pastikan untuk melengkapi syarat utama untuk perpanjang SIM, yaitu KTP serta SIM anda yang masih berlaku. Kemudian silahkan kunjungi outlet Samsat. Kalau bingung jangan sungkan untuk bertanya pada security yang sedang sedang bertugas. Satu lagi, saran saya pastikan agar anda datang lebih pagi agar belum terlalu banyak orang yang mengantri sehingga proses perpanjangan bisa lebih cepat.

2. Langkah kedua adalah melakukan cek kesehatan. Seperti menimbang bobot tubuh, cek tekanan darah, cek buta warna, kemudian dilanjutkan dengan membayar uang administrasi sebesar 25rb Rupiah.

3. Next, segeralah meminta formulir pada loket yang tersedia dengan melampirkan foto copy KTP dan SIM yang masih berlaku. Lalu isi formulir tersebut dengan lengkap dan kembalikan pada petugas yang berjaga di loket SIM. Setelah itu, silahkan menunggu dipanggil untuk melakukan foto.

4. Ketika anda telah di panggil oleh petugas untuk melakukan foto, anda juga akan melakukan sidik jari dan tanda tangan sebagai salah satu prosedur keabsahan Surat Izin Mengemudi yang akan diterbitkan. Setelah itu, anda akan dikenakan biaya lagi sebesar 125rb untuk perpanjangan SIM C, atau sebesar 135rb untuk perpanjangan SIM A. Tak perlu menunggu lama, SIM anda akan langsung di terbitkan dan di cetak oleh petugas.

Itulah cara memperpanjang SIM di Jakarta Timur yang bisa saya share berdasarkan pengalaman saya belum lama ini. Bila anda berada di luar area Jakarta Timur, saya rasa prosedurnya tidak akan jauh berbeda. Namun masalah biaya bisa saja terdapat perbedaan, tergantung kebijakan masing-masing daerah.

Ok, sekali lagi saya mengingatkan dengan melengkapi surat-surat kendaraan bermotor anda telah meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya saat melewati razia sehingga terhindar dari terkena tilang.

Semoga membantu.

Baca juga : Cara perhitungan pajak progresif kendaraan bermotor

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*