Ini Indonesia Bung!

Ini Indonesia Bung!Hhmm.., tadi habis ngobrol ngalor ngidul sama seorang teman saya. sampai di akhir obrolan, dia bilang kebetulan lagi ada tamu mau jalan-jalan besok, dan dia kebingungan karena takut puasanya keganggu. Yah, maklum aja, tu Bule pastinya kan nggak puasa, jadinya teman saya takut kebingungan untuk mengkondisikan dengan atmosfir bulan puasa. Ya simple saya bilang aja, “Yang makan ya makan, yang minum ya minum, yang ngerokok ya ngerokok, yang puasa ya puasa. Tergantung niat kita aja..”.

Trus habis itu, teman saya bilang, “Jangan-jangan dia ngajak saya upacara kali besok ya Ndi? Kan 17an besok?!? Atau takutnya saya nanya pake bahasa Inggris tentang Indonesia lagi Ndi, trus gimana ya?”. Berhubung tadi sebentar lagi udah mau bedug maghrib dan waktunya buka puasa, saya jawab lagi dengan simple, “Kalo tu bule banyak tanya tentang Indonesia & lo nggak ngerti omongannya (bahasanya), daripada lo bingung mending jawab aja, This is Indonesia Man!! Many culture, many people say hello with their smile, and also many amazing place to visit at here..”. Nggak tahu juga sih, bener apa nggak tuh grammar-nya, tapi setidaknya saya yakin tu bule minimal ngangguk-ngangguk dah (karena ngerti, bingung, atau malahan nggak ngerti :mrgreen: ). Selesai kan.

Akhirnya, bedug pun terdengar, pembicaraan pun terputus dan saya segera pulang ke rumah, mencari segelas air putih, lalu menyantap salah satu minuman buka puasa yang sederhana.

Trus barusan nih, sampai tulisan ini saya bikin, saya teringat akan satu hal. Khususnya sih nggak jauh-jauh dari pembicaraan bersama teman saya tadi dan tentang kemerdekaan Indonesia yang pernah saya post disini. Apakah itu?!?

Indonesia itu indah, Indonesia itu gudangnya budaya, Indonesia memiliki orang-orang yang ramah, Indonesia punya banyak kuliner, Pokoknya di Indonesia itu apa aja ada deh!! Kalau ngomongin yang positif, ya itu dia contohnya. Tapi kalau ngomongnya negatif, nah lo.., pasti otak kita sudah aware dengan 7 huruf dimana hampir setiap topik yang selalu trend di Indonesia. Apa itu?!? Itu adalah KORUPSI, setelah itu diberikan sedikit bumbu politik.

Makanya, setiap ada berita tentang korupsi, pasti ada berbau politik. Dan uniknya, beritanya bagaikan rasa cinta yang datang dan pergi begitu saja. Ketika perasaan itu lagi datang, atau ketika lagi ada kasus yang booming, pasti akan ada lagi satu kasus baru, dan kasus pertama tadi menghilang karena terlalu sibuk ngurusin kasus yang baru. Trus besok-besoknya kasus yang lamanya timbul / di bahas lagi, trus ada lagi yang baru, dan hilang lagi, begitupun seterusnya.

Huufftt.., nggak kerasa udah kepanjangan ngoceh tentang Indonesia saya nih. Tapi bodo ah, toh saya yakin pasti masih ada orang-orang yang berhati mulia yang ingin mengabdi untuk Indonesia. Masih banyak generasi-generasi baru yang telah membawa harum Indonesia. Dan pastinya, banyak orang-orang yang mencoba tegar untuk survive hidup dalam kerasnya kehidupan dalam kemiskinan di negara kita tercinta ini. Apapun komentarnya, apapun profesinya, apapun statusnya, terserah dia mau apa, yang penting “Ini Indonesia Bung..”.

Trus berhubung pas dengan bulan Ramadhan, dari depan monitor jadul yang sering kedip-kedip sendiri di depan mata saya, Andy juga pengen say something,

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-66. Semoga Merah Putih tetap berkibar, tetap satu kesatuan, semakin positif, terus maju, dan tetaplah “Ini Indonesia Bung”. Hiduplah Indonesia Raya….

Mengheningkan cipta selesai..

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*