Ini 3 tips agar tidak sakit perut saat berbuka puasa

tips agar tidak sakit perut saat berbuka

Suara bedug adalah waktu yang pastinya di tunggu-tunggu bagi anda yang menjalankan ibadah puasa. Karena gema bedug itu adalah sebuah tanda bahwa sudah saatnya melepas rasa dahaga, baik itu haus dan lapar. Tapi mungkin anda memiliki sebuah pertanyaan yang cukup sederhana ketika sedang menikmati waktunya berbuka, entah itu saat sedang makan atau saat minum. “Kenapa ini ya tiba-tiba perut saya sakit berasa sembelit begini?!”.

Hal itu pada dasarnya menandakan bahwa perut anda sedang dalam kondisi kosong dan akibat minuman atau makanan yang masuk secara tiba-tiba ke dalam perut, maka secara spontan pencernaan akan bekerja dengan lebih ekstra bila dibandingkan dengan menit-menit sebelum berbuka. Kalau dalam bahasa saya, itu tandanya perut anda kaget. Bagaimana cara mengantisipasi sakit perut saat sedang menikmati hidangan buka puasa? Berikut ada beberapa tips yang sebenarnya cukup mudah untuk diterapkan.

Cara menyiasati agar buka puasa tidak sakit perut

1. Hindari berbuka dengan minuman dingin

Ketika suara bedug terdengar, sebaiknya anda jangan langsung minum yang dingin-dingin. Tapi berikan pencernaan anda sedikit penetrasi, misalnya dengan minuman manis ataupun cukup air putih yang hangat atau tidak dingin.

Baca juga : Cara antisipasi dehidrasi saat puasa

2. Nikmati seteguk demi seteguk

Saat berpuasa, yang namanya haus itu pasti. Tetapi, jangan sampai waktunya berbuka membuat anda langsung kalap dan nenggak air dalam jumlah banyak sekaligus. Coba nikmati seteguk demi seteguk, insya Allah di jamin perut anda tidak akan kaget. Selain itu, dengan minum secara perlahan anda akan dapat lebih menikmati esensi dari puasa yang telah anda lakukan sepanjang hari tadi.

3. Berikan jeda sejenak untuk melanjutkan ke makan berat

Pada saat kolak, kurma, ayam bakar, tempe & tahu goreng, teri goreng, sayur asam, sambal terasi, pisang, dan makanan lainnya terhidang dengan sempurna di meja yang berada di depan mata anda, cobalah untuk “Keep calm and kill your appetite”. Memang agak sudah terkadang rasanya, tapi dengan memberikan jeda selama beberapa menit, anda akan memberikan kesempatan kepada keseluruhan pencernaan anda untuk dapat mengolahnya secara lebih baik. Bila dirasa haus anda telah hilang, perut anda telah berasa terisi oleh air yang telah anda minum, silahkan lanjutkan dengan menyantap makanan yang bersifat ringan. Sebaiknya buah-buahan yang didahulukan (jika ada), baru melanjutkan ke makan berat / nasi.

Ya, itu dia tips supaya perut tidak kaget saat berbuka puasa ala saya. Meskipun hanya 3 dan terlihat cukup simple, tapi saya yakin hal di atas seringkali terlewatkan dalam mengaplikasikannya.

Oh iya, bila anda sama dengan saya, yaitu penderita maag, silahkan baca tips berbuka puasa untuk penderita maag.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*