Indonesia pernah menjadi peserta Piala Dunia

Timnas Hindia BelandaWalaupun ketika itu Republik Indonesia masih bernama Hindia Belanda, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) mengakui bahwa Indonesia termasuk salah satu peserta Piala Dunia tahun 1938. Dalam keikutsertaannya tahun 1938, Hindia Belanda (Indonesia) hanya menjalankan satu pertandingan, yaitu saat berhadapan dengan Hungaria. Dan pada pertandingan tersebut, Indonesia kalah telak 0 – 6 yang ketika itu tim nasional Indonesia diperkuat oleh pemain-pemain lokal serta campuran keturunan Tionghoa dan Belanda.

Para pemain yang ikut serta dalam Tim Nasional Hindia Belanda (Indonesia) diantaranya adalah penjaga gawang Mong Heng, Sutan Anwar, Achmad Nawir. Saat tampil di Piala Dunia, lagu yang berkumandang bukanlah lagu Indonesia Raya, melainkan lagu kebangsaan Belanda.

Piala Dunia tahun 1938 yang diadakan di Perancis hingga kini masih menjadi Piala Dunia terakhir bagi Indonesia. Piala Dunia 2014 Brazil telah menjelang, dimana Indonesia nantinya akan bertemu dengan Turkmenistan di babak kedua kualifikasi. Dan jika Indonesia berhasil melewati Turkmenistan, bukan berarti pekerjaan mudah bagi Boas Solossa dkk untuk melangkah ke Brasil. Karena Tim Nasional harus melewati putaran ketiga dan keempat yang memakai sistim grup. Hanya peringkat pertama dan kedua group (final zona Asia) yang langsung dapat lolos ke Brasil. Sedangkan peringkat ketiga terbaik mendapatkan kesempatan melakoni laga Playoff melawan juara zona Oseania.

*Source from : Republika

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*