Hindari copy paste dengan WP-Content Protector

Kamu pasti nggak suka kalau postingan yang sudah capek-capek kamu publish di blog kamu di copy paste sama orang kan? Kalo sumbernya dicantumkan sih nggak masalah, ditambah lagi postingan copas tersebut posisinya mengalahi kamu di search engine :hihi: So, waktu saya lagi browsing, saya menemukan plugin WordPress Content Protector.

Bagi kamu pengguna WordPress, mungkin kamu sudah ada yang tahu manfaat plugin ini. Tapi bagi yang belum tahu, kalau kamu ingin melindungi postingan di blog WordPress kamu, plugin WP-Content Protector bisa diandalkan untuk melindungi content di blog kamu dari tangan-tangan plagiator. Kenapa gitu?? Karena plugin yang satu ini bisa me-non aktifkan penyeleksian teks (blok) dan klik kanan di blog kita.

Saya nggak tahu, apakah plugin ini penting bagi kamu. Tapi WP-Content Protector plugin dari anurag ini menurut saya cukup menarik dan unik. Meskipun postingan saya nggak ada yang bermutu, tapi berhubung saya disini belajar untuk menghargai hasil karya (tulisan) saya sendiri, jadi saya menganggap plugin ini termasuk salah satu plugin yang wajib digunakan.

Untuk menginstalnya, silahkan aja kamu search dengan mengetikkan WP-Content Protector dari menu ‘Manage Plugin/get more plugin’ dari menu wordpress kamu. Atau kalo kamu mau upload langsung plugin ini melalui FTP, silahkan download WP-Content Protector. Setelah di download dan di upload, silahkan aktifkan plugin tersebut.

cara-setting-wp-content-protector-1Untuk membuat plugin ini benar-benar bekerja sesuai seperti yang kamu harapkan, kamu harus melakukan perubahan settingan plugin ini. Caranya, dari menu setting, pilih WP-Content Protector. Kemudian, kamu enable-kan right mouse click (non aktifkan klik kanan) dan text selection (non aktifkan seleksi tulisan). Kemudian, untuk menampilkan suatu peringatan dalam bentuk pop up ketika ada yang melakukan klik kanan, kamu bisa menuliskan peringatan sesuai dengan pesan yang kamu inginkan dalam pop up tersebut.

cara-setting-wp-content-protector-2Caranya, silahkan isi kolom yang terletak di bawah tulisan check to activate dengan peringatan yang kamu inginkan. Misalnya, jika kamu isi kolom tersebut dengan tulisan “Maaf, klik kanan anda rusak!!”, maka tulisan tersebut akan tampil dalam bentuk pop up ketika ada yang melakukan klik kanan di blog kamu.

Setelah selesai, jangan lupa ‘save settings’. Selesai deh..

cara-setting-wp-content-protector-3Untuk membuktikannya, silahkan kamu coba menyeleksi tulisan (blok) dan juga coba klik kanan di blog kamu yang telah terinstal WP-Content Protector plugin. Contohnya seperti gambar di samping (jika ada yang melakukan klik kanan).

Sekarang, para plagiator harus sedikit berusaha untuk meng-copy paste setiap tulisan yang ada di blog kamu 🙂


About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

6 Comments on Hindari copy paste dengan WP-Content Protector

  1. makasih infonya broo.. tp kok blog ini masih bisa di klik kanan ya?? :hihi:

    @ Tomi : Plugin ini sudah ditarik sama yang bikin Mas, jadi sudah nggak bisa di pake lagi.

  2. thanks infonya mas, tapi bagaimana buat yang ngecopasnya pake CRTL+A CTRL+C dari keyboard???? klo ane sich, mendingan biarin aja mereka copas yang jelas usahain aja blog kita punya PR tinggi!!!

  3. ko gak work di WP 3.4.1 y mas??

    @Mitaniz : Kaya’nya pluginnya udah gak support lagi sama developernya Sist. Udah gak berfungsi secara keseluruhan, coba gunakan plugin alternatif lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*