Hermann Rorschach menghiasi Google Doodle

Hermann Rorschach’s 129th Birthday Hari ini (08/11/2013), anda akan menemukan Hermann Rorschach’s 129th Birthday jika anda membuka halaman Google. Itulah sebuah bentuk dedikasi perusahaan raksasa yang mesin pencarinya menjadi favorit di seluruh dunia. Google Doodle selalu menjadikan sebuah peringatan terlihat istimewa dengan tampilan yang atraktif pada halamannya.

Siapa Hermann Rorschach? Rorschach adalah seorang psikiater dan psikoanalis yang dilahirkan di Zurich, Swiss pada 8 November 1884. Rorschach yang terkenal dengan tes bercak Rorschach ini bermaksud untuk mengetahui  alam bawah sadar terhadap kepribadian seseorang yang akan diproyeksikan ke dalam karakter dan emosional yang pada dasarnya menggunakan konsep dengan aliran Freud. Dimana berdasarkan teori Freud itu sendiri, bahwa kehidupan jiwa memiliki tiga tingkatan kesadaran. Yaitu kesadaran (conscious), pra sadar (pre conscious), dan tak sadar (unconsious). Jadi secara sederhananya, tes bercak Rorschach ini digunakan untuk mendeteksi yang menjadi dasar gangguan berfikir, terutama dalam kasus dimana seorang pasien enggan untuk menggambarkan bagaimana proses pemikiran mereka secara terbuka.

Selama 10 tahun Rorschach telah bekerja di Rumah Sakit, dan terus melakukan penelitian dengan menggunakan metode bercak tinta yang telah menjadi bidang pilihannya sejak dia lulus dari sekolah kedokteran.

Dalam sebuah survey nasional di Amerika Serikat, tes Rorschach yang diciptakan pada tahun 1921 ini menjadi salah satu tes yang paling populer untuk melakukan tes psikologis terhadap seseorang yang sedang menjalani tes rawat jalan kesehatan mental. Namun sayangnya, setelah satu tahun setelah dia menulis bukunya, Rorschach meninggal dunia karena infeksi pada selaput rongga perut (peritonitis).

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*