Hari ini semua SMS Premium di stop

Anda pastinya masih ingat banyaknya kasus sedot pulsa yang terjadi beberapa hari terakhir ini, banyak konsumen yang dirugikan kasus sedot pulsa ini. Selain disebabkan memang karena modus penipuan yang berkedok sms, namun SMS Premium juga menjadi penyebab utama yang membuat pulsa para pengguna jasa telekomunikasi seluler selalu berkurang.

Karena banyaknya pengaduan tentang praktek sedot pulsa yang dilakukan oleh Content Provider nakal, Menkominfo Tifatul Sembiring menyatakan bahwa mulai hari selasa (18/10/2011) pukul 00.00, semua bentuk sms premium akan di unreg secara otomatis oleh seluruh operator. Informasi yang saya dapat dari Kompas, keputusan ini untuk menyikapi banyaknya pengguna yang merasa dirugikan.

Salah satu contoh modus pencurian pulsa menurut Tifatul antara lain, pulsa prabayar yang baru saja di isi Rp.50.000, setelah di cek ternyata isinya hanya Rp.36.000. usut punya usut menurut Customer Service Operator, bahwa pemotongan itu langsung termasuk dengan paket ring back tone yang ada dalam SIM Card tersebut. Padahal pengguna merasa tidak pernah memintanya. Atau semacam promosi yang awalnya gratis, namun pengguna lupa hingga mereka memotong pulsanya dan cara-cara yang tidak fair, papar Tifatul.

Selain proses deaktivasi/unreg tersebut, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) juga meminta seluruh operator untuk menghentikan semua penawaran sms broadcast, pop screen, atau voice broadcast sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Menurut Tifatul, kebijakan ini tidak akan mematikan industri kreatif Content Provider yang ada termasuk bisnis RBT. Karena begitu di unreg secara massal, maka semua CP dan operator dipersilahkan langsung menawarkan Reg kembali. Bagi anda yang memang masih berminat, silahkan lakukan pendaftaran kembali agar tidak ada yang tertipu.

BRTI juga mewajibkan seluruh operator merekapitulasi data pulsa pengguna yang telah terpotong, dan wajib melakukan pengembalian pulsa yang di potong secara ilegal kepada pengguna. Operator harus melaporkan hal tersebut kepada BRTI pada Rabu (19/10/2011).

About Andy Febrian 532 Articles

Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

1 Comment on Hari ini semua SMS Premium di stop

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*