Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Pemilihan GPS Motor

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Pemilihan GPS MotorAlat GPS Super Spring saat ini tersedia dalam berbagai jenis, ukuran, model dan tujuan penggunaan. GPS mobil merupakan salah satu jenis alat GPS yang sudah sangat umum dan dikenal oleh masyarakat banyak. Namun, alat GPS ternyata tidak hanya tersedia untuk kendaraan beroda empat saja, melainkan juga tersedia untuk kendaraan beroda dua alias motor.

Fungsi utama dari GPS motor itu sendiri tidak jauh berbeda dengan GPS pada mobil. Perbedaan utama antara kedua jenis alat GPS ini terletak pada aspek desain dan aspek ketahanannya. GPS yang dipergunakan pada sebuah motor memang diharuskan untuk memiliki daya tahan yang lebih kuat bila dibandingkan dengan GPS mobil, karena alat ini harus mampu menahan getaran yang lebih kuat dan juga karena alat ini akan terpapar berbagai elemen yang ada di udara terbuka tanpa ada atap mobil yang menaunginya. Tidak heran bila banyak produsen GPS yang memproduksi GPS untuk motor akan melengkapinya dengan pelapis yang tahan air.

Tidak hanya itu saja, desain dari GPS motor super spring juga pada umumnya memiliki ukuran layar sentuh yang lebih besar yang akan memudahkan para pengendara sepeda motor yang mengenakan sarung tangan untuk bisa mengoperasikannya. Dalam pemilihan alat ini, ada beberapa hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan yaitu:

  • Tipe GPS yang akan dipergunakan. Ada beberapa tipe alat GPS yang bisa dipergunakan oleh para pengendara motor mulai dari GPS khusus motor yang khusus didesain untuk dipasang pada motor. Lalu ada juga GPS portable yang khusus didesain untuk dipergunakan di luar ruangan. Tipe ini bisa dibawa kemana-kemana sehingga tidak hanya terbatas pada penggunaan diatas motor. Tipe yang selanjutnya adalah tipe hybrid yang menggabungkan antara fungsi alat GPS portable sebagai penunjuk arah dan juga PDA yang bisa dipergunakan untuk bekerja ataupun untuk bermain game.
  • Tingkat ketahanan dari alat GPS tersebut. Tingkat ketahanan alat GPS adalah salah satu fitur utama yang harus ada pada sebuah GPS motor. Hal ini sangat diperlukan untuk memastikan bahwa alat tersebut akan tetap berfungsi dengan sempurna sejauh apapun motor tersebut dikendarai, seberat apapun medan yang dilalui, dan mampu melewati berbagai situasi dan kondisi cuaca.
  • Kemudahan dalam melakukan update. Ingatlah bahwa kondisi jalan akan terus menerus berubah dan sangatlah penting untuk memiliki alat GPS yang bisa melakukan update atau pembaharuan data dengan mudah dan cepat. Setiap produsen memasang sistem update yang berbeda-beda. Beberapa produsen mengharuskan alat GPS mereka untuk dihubungkan ke komputer untuk bisa melakukan update sementara beberapa produsen lainnya telah menyediakan fitur koneksi internet di alat mereka yang akan memudahkan dalam proses update.
  • Kemampuan atau daya tahan baterai. Pilihan terbaik adalah GPS motor yang mampu bertahan lama, sehingga tidak perlu melakukan penggantian baterai atau mengisi tenaga baterai terlalu sering. Beberapa alat GPS menggunakan baterai sekali pakai sementara beberapa alat yang lainnya menggunakan baterai dengan sistem isi ulang.
  • Hal ini tentu saja menjadi salah satu faktor paling penting. Namun, perlu diperhatikan bahwa faktor budget tidak boleh menjadi faktor penentu utama. Sangat disarankan untuk memilih alat GPS yang memiliki semua fitur yang ada dengan harga yang sesuai budget. Jangan memilih alat GPS dengan harga yang lebih murah namun tidak memiliki fitur yang dibutuhkan, karena hal ini akan membawa kerugian tersendiri bagi sang pemakai dimasa yang akan datang.
  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 529 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*