Dejavu, sebuah mimpi nyata?

Mungkin anda sering mengalami keadaan atau kejadian yang menurut anda sepertinya keadaan tersebut sudah pernah anda alami, bahkan terkadang kejadian tersebut sama persis seperti yang ada dalam fikiran alam sadar anda ketika itu. Jika ya, itu adalah Dejavu. Jika di artikan ke dalam bahasa Indonesianya, Dejavu adalah ‘pernah lihat’.  Sedangkan kata Dejavu itu sendiri diambil dari bahasa Perancis, dengan artian mengalami suatu pengalaman yang dirasakan namun pernah terjadi sebelumnya. Hal ini mungkin seringkali membuat anda heran, apalagi jika anda merasa kejadian yang sedang terjadi dalam kehidupan anda saat itu adalah bagaikan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan.

Dejavu vs mimpi. Mungkin ada hubungannya, namun saya pribadi tidak setuju jika Dejavu adalah sebuah mimpi. Karena sebagaimana dalam kepercayaan kita masing-masing, bahwa segala hal yang terjadi di hadapan (nyata) adalah sebuah kehidupan yang sedang berjalan. Namun uniknya, ternyata ada juga orang-orang yang mengangap Dejavu sebagai sebuah firasat. Percaya atau tidak, bagi saya “This is not absolute”.

Saya seringkali mengalami Dejavu, namun terkadang saya membantah bahwa hal tersebut bukanlah sebuah mimpi ataupun firasat. Tetapi Dejavu yang berulang-ulang justru membuat saya menjadi tertarik untuk kembali mengingat-ingat Dejavu, sehingga akhirnya, jika suatu saat terjadi hal yang sama, akhirnya saya menganggap bahwa kejadian tersebut adalah kejadian yang terjadi mirip seperti kejadian yang pernah saya lewati. Itu anggapan saya lho…

Berdasarkan penelitian, ternyata misteri Dejavu dialami oleh 70 persen manusia yang ada di bumi. Maka dari itu, fenomena tentang hal ini merupakan suatu hal yang wajar. Nggak ada hubungannya sama mimpi, reinkarnasi, firasat, kutukan, ataupun karma. Lalu, mengapa Dejavu bisa terjadi sehingga keadaan / kejadian tersebut benar-benar seperti mimpi yang nyata??

Dejavu terjadi karena adanya gelombang, dimana gelombang tersebut menciptakan tindakan yang dilakukan oleh manusia. Lalu gelombang tersebut di terjemahkan ke dalam bentuk impuls listrik yang dikirim ke dalam otak dan di baca. Namun dari hal itu, adakalanya dari otak kita memiliki sensivitas tinggi hingga gelombang gelombang yang di baca berupa amplitudo dan frekuensi tertentu, tergantung dari kualitas masing-masing manusia.

Tuh kalo penilaian secara ilmiahnya. Tambah bingung kan?!? Apalagi saya :mrgreen:

Jadi, jika anda seringkali mengalami Dejavu, itu adalah normal. Karena (sekali lagi saya katakan) saya pun terkadang seringkali mengalami Dejavu (meskipun frekuensi-nya tidak cukup sering), dan terkadang sering bertanya-tanya tentang hal tersebut. Bahkan terkadang, saya beranggapan itu adalah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan, atau terkadang berfikir bahwa itu adalah sebuah firasat. Tapi ternyata, setelah mencari-cari tentang Dejavu, itu adalah hal yang normal.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

19 Comments on Dejavu, sebuah mimpi nyata?

  1. klo aq gak se7 tuh… “DEJAVU,sebuah mimpi nyata…” saat ini aq lg mengalami itu,, “DEJAVU” dan itu hampir setiap saat.. dan klo aq lg ngalami itu,aq coba ingat2 kejadian apa lg setelah ini jantung q berdebar trus badan q terasa panas lemas.. ksh solusi dong teman.. bagaimana aq atasin ini. aq seperti orang sakit.. :'(

  2. klo sy tdk tau apakah yg sering sy alami itu deja vu ato yang lainnya.tp yg jls wkt itu ada guru sedang duduk di hadapan saya dn lainnya,sketika saya merasa hal itu pernah terjadi kmd di depan mata saya spt ada sebuah film layar tancap yg menggambarkn apa yg akan di lakukan oleh guru itu kmd stlh mliht hal itu sy pun kmbali mliht guru trsbt yg msh duduk sedari td,dn tdk brp lama guru itu melakukan hal yg sm spt apa yg sy lihat td.sktk itu sy mliht spt ada sinr puth yg sgt trg menabrak tubuh sy dn sy pun mrasa spt org yg trkena demam. selain itu sy pnh melihat suatu pristiwa dan saya merasa sy prnh mengalami pristiwa tsb stlh meliht kejadian itu tb2 sy melihat sinar putih yang sgt trg sekali menabrak tubh sy dan sy pun merasakn utk bbrp saat tubh trasa demam dn sy pun mncoba mmgang lengan sy seketika sy merasakan di bawah kulit sy spt ada yg bergerak2 spt air yang di panaskn smpe mndidih dan anda glembung2 yg brgrk2 scara cpt.hal trjadi berkali2 stiap thn.

    @Egy : Wah, kalau yang Mas Agy ceritakan menurut saya itu adalah pengalaman supranatural itu Mas. Mungkin ada sesuatu hal di balik semua itu.

  3. Saya jg pernah mengalami beberapa dejavu, mimpi yg kmudian menjadi nyata. seingat saya awal mulai pada thn 1995an (stelah akil baligh, waktu smp) sampai terakhir 2 hr yg lalu (240913).
    Awalnya sih ga saya pikirin, tapi pengalaman dejavu makin banyak (rutin? ga tau jg y) bikin jadi penasaran.
    Beberapa dejavu hanya kejadian beberapa detik, mengenai tempat, suara, benda, dan orang.
    Tp yg sering dejavu peristiwa2, yg kalau saya pikirkan lg merupakan peristiwa penting bagi jalan hidup saya.
    Pernah dejavu melewati pintu gerbang tinggi berwarna hitam. Saya sadari kemudian gerbang itu adalah pintu gerbang sekolah sma saya. Saat itu saya sedang mendaftar k sekolah tsb dan saya belum pernah ke sma tsb sebelumnya.
    Pernah jg ketika setelah lulus sma dan akan memilih kuliah di universitas A atau di universitas B, ada dejavu tempat di daerah A. Tapi kemudian saya memilih kuliah d B, hasilnya bagus si tp 7 thn kuliah, nasib anak kos,setelah lulus nganggur 1th (mgkin beda bgt kalo saya kuliah di A).

    Sampai kemudian saya kerja ad dejavu2 lagi…
    Dan dejavu2 dahsyat lainnya…

    Saya pikir Masyaallah, Subhanallah, Walhamdulillah, Allahu Akbar…

    Semua adalah kuasa Allah dan menurut saya, Allah memberi dejavu ini agar saya ikuti, petunjuk yang bisa menjadi takdir hidup saya…
    Tapi saya tetap bebas menentukan bisa mengikuti atau tidak mengikuti dejavu tsb…

    so.. kalau menurut saya
    Jika terjadi dejavu berarti saya “on the right track” dan “will follow it”.
    Bisa dibilang saya sangat menanti dejavu terjadi..

  4. deja vu. satu kata misterius. bahkan ada yang bilang orang yang ngalamin deja vu berarti punya indra ke enam. ohahahaaa.. bener atau nggak, jangan sampe musyrik aja.

  5. bgamana pendapat temen temen smua ttg de javu yg sama dngn org yg ada di mimpi , jadi mimpi kita itu sama dngn kenyataan dan org tersebut juga mengalami hal itu

    jadi mimpi de javu kita itu sama dan itu mesty match anatar aq dan dia , klo di logika klo seorang itu de javu itu gak bakalan match anatar qta dan seseorang dan itu aq pernah tanyain ke temen ku , nah ktka aq mengalami mimpi de javu yg sama dngn seseorang itu tandanya apa ?

  6. min tlg yah jelasin apa yg saya alamin kuk aneh ktka kita mengalami mimpi yg sama dngn org tsb org yg tdk kita duga sblmnya

    @Harya : Bisa jadi itu sebuah firasat / pertanda Mas, soalnya kan berbarengan. Tapi kalo secara pastinya saya nggak tahu apa arti dari mimpi tersebut.
    Yang jelas jangan sampai kefikiran, serahkanlah segalanya kepadaNya. Karena hanya Dia yang tahu rahasia dari detik-detik kehidupan kita selanjutnya 🙂

  7. Gw prnah alami dejavu wktu gw kelas 6 SD..

    Wktu itu gw lgi nonton tv di rumah.Tiba2 pkiran gw ksong.. Dan gw selintas melihat ….

    Gw ad di sbuah ruangan yang dipenuhi dngan orang2 yg memakai baju putih dan clana biru / rok biru…
    Kami semua duduk berjejer di kursi … Dan ad seorang wanita di dpan kami memakai baju dan celana brwarna hitam..

    Wanita itu berbicara kpda ku..
    Tpi aku tidak bsa mndngar apa yg dia katakan..
    Lalu aku tiba2 mengangkat tnganku dan berbicara dengannya..

    Stahun kemudian aku skarang sudah smp klas 1 dan pda saat aku bljar aku sangat trkejut dngan yg aku alami…

    Tiba2 aku trsadar sesuatu…
    Aku sedang duduk di kelas brsama smua tman2 skelas ku yang memakai baju putih dan celana biru / rok biru..
    Lalu tiba2 guruku, bu Vivian yg pda saat itu memakai baju dan clana hitam brtanya pdaku…
    Lalu secara tidak sadar aku mengangkat tanganku…

    Tentu sja pda saat itu aku syok,trkejut,kebingungan pda saat aku mengangkat tanganku ..seolah aku brfikir “spertinya aku sudah mengalami kejadian ini”
    tman2ku melihat gw dngan herannya…

    Lalu stlah kjadian trsebut gw sring banget mengalami kjadian dejavu..

    Krna trus mengalami dejavu gw sring ktakutan…
    Bahkan gw sering mengubah jalan dejavu gw.. Misalnya:

    gw prnah dejavu teman skelas gw mngatakan..
    “yuk pergi ke kantin.. Aku yang bayar..”

    tba2 sbulan kmudian pda saat jam istrahat d skolah..
    Ad seorang tmen gw mngatakan..
    “yuk pergi ke kantin..”

    gw lngsung sdar klw gw menglami dejavu ..
    Krna gw msih tkut..
    Gw lngsung memotong pmbicaraannya.. Dan mngjak nya untuk tetap di kelas..

    Yang artinya gw sudah mengubah msa dpan gw dan msa dpan dia..

    Skrang gw sudah duduk di kelas 3 smk..
    Gw udah mulai trbiasa..
    Tpi yang sring gw takutkan pda saat gw dejavu..

    Gw sring brfikir untuk membiarkan dejavu gw brjalan sesuai yg dngn dia mau… Atau gw mngubah nya ke jalan lain…

    Kalau ad yg ngrti yg gw rasakan..
    Tolong beri gw solusi agar gw mrasa lbih baik..

    Trims.!

    @Deto : Seringkali dejavu kadang2 memang suka jadi pikiran, apalagi kalau kejadian yang kita alami bersifat menakutkan atau menyeramkan. Tapi menurut saya pribadi, di balik dejavu yang kamu alami, kamu sudah diberikan oleh Yang Kuasa suatu kelebihan. Meskipun kamu kadang2 nggak menyadarinya, tapi itu adalah sebuah kelebihan yang positif. Intinya jangan terlalu sering kefikiran mengenai sebuah ketakutan2 terhadap apa yang terjadi, karena segala hal yang ada selanjutnya adalah misteriNya.
    Semoga membantu 🙂

  8. Saya masih bingung dejavu itu sm seperti mimpi atau bukan. Tapi saya lebih yakin kalau dejavu itu sebuah mimpi.
    Saya pernah mimpi pacar saya jadi polisi, dan ternyata kejadian. Mimpi ini pada saat masih pendekatan, dan 3 tahun berikutnya baru terjadi.

    Kemudian saya mimpi dompet tetangga saya ketinggalan sehingga dia balik lagi untuk ngambil. Keesokannya selepas tetangga saya pulang kerja saya tanyakan dan ternyata benar.

    Lalu, saat ingin tidur saya selalu mematikan hp. Kemudian tidur. Dalam tidur saya, saya bermimpi pacar saya menelfon berkali2. Keesokan harinya saya aktifkan hp saya dan ngecek ternyata benar banyak panggilan masuk

    Itu hanya sebagian kecil. Saya jadi takut kalo saya bermimpi kejadian buruk yang menimpang orang dekat saya termasuk saya sendiri. Bisa dihilangkan tidak ya? Apa ada hubungannya dengan six sence? Saya dapatkan karena waktu kecil hampir meninggal.

    @Anayy : Wow, bisa jadi itu adalah anugerah yang diberikanNya spesial buat kamu. Setahu saya, selagi itu tidak mengganggu / positif, kayanya nggak masalah. Tapi kalo menurut kamu mengganggu, coba silahkan konsultasi dengan orang yang lebih berkompeten di bidang ini. Pesan saya, detik2 selanjutnya, besok, dan nanti adalah misteriNya. Jadi, jangan sampai semua itu mempengaruhi kehidupan kamu bro. Serahkanlah segalanya sama Yang Kuasa 🙂

  9. mimpi saya selalu jadi kenyataan jika saya tidak memikirkan sesuatu yang ada di mimpi saya. suatu hari saya pernah mimpi saya dan ibu saya kecelakaan padahal saya tidak memikirkan kecelakaan. ternyata mimpi saya benar-benar terjadi. pertanyaan saya, apakah kondisi ini bisa dihilangkan? karena saya selalu mimpi yang buruk-buruk dan mimpi saya itu selalu menjadi kenyataan. dan saya tidak bisa menghindari kejadian dalam mimpi saya itu. terima kasih sebelumnya

  10. Saya sih ga percaya ada istilah dejavu,.karena saya sering kali mendapat penglihatan dalam mimpi,.misalnya: malam saya mimpi si A meninggal maka dia pasti meninggal dalam waktu dekat atau misalnya tentang apa yang terjadi dikeluarga saya biasanya saya diberi tahu Tuhan, kejadian2 masa depan,.kadang saya bandel dan tidak taat akan tetapi walaupun begitu, apa yang dirancangkaNNYA pasti terjadi,…walau kadang2 ga enak,..karena kita sudah tau apa yang terjadi kelak,..mulai dari pekerjaan, jodoh, dan tantangan kita kedepan dan nasib orang2 yang kita sayangi,..tetapi bagi saya apapun itu,…tetap andalkan Tuhan,..!!!!

  11. Setiap kali saya merasa DEJAVU, saya itu merasakan yg namanya saya berada di Ke Tinggian yg amat tinggi, dan enggan tuk lihat ke arah bawah, dan jantung merasa berdebar2 tidak terkontrol, saya merasa takut, saya seperti orang sakit, dan setiap kali saya ketempat asing , atau setiap kali saya ketempat yg maksiat, saya selalu merasakan DEJAVU, mohon bantu nih admin, gimana solusi nya.

  12. tolong bagi info donk.. sering dari kecil sampai besar mimpi itu selalu jadi nyata.. apa yang saya mimpi dimana saya berdiri bahkan apa yang membuat saya ada distu semua di ingat watu mimpi.. dan setelah 1 jam saya lupa memimpikan apa.. tapi setelah menjadi kenyataan saya baru sadar bahwa pernah memimpikan hal yang sama. bahkan bukan 1 atau 2 kali. sering kali saya bermipmpi seperti itu.

    @Glenn : Ya seperti itulah dejavu Mas, baru sadar setelah kejadian 🙂

  13. Seinget sy . sy sering bgt ngalamin dejavu . tapi entah knp setelah sy mengalaminy keesokan hriny sy lupa kejadian apa yg terjadi saat sy mengalami dejavu . tp hal yang membuat sy bngung dan penasaran knp stiap kli sy bermimpi knp mimpi trsebut slalu trjdi seperti kenyataan . Seperti :
    Hal ini slalu terjadi jika sy lgi mengobrol brsm tman sy mislkn sdng membicarakn maslah ini …. Bla … Bla .. Dan sy blang ” oh aku juga prnh ngalamin ” dan sy menceritaknny . gk lama kemudian sy teringat bukankah itu mimpi yak ? Eh tapi kok ? Kaya prnh terjadi …. ! Eh mimpi apa bukan yak ? Saya slalu bngung jika sy mengalami itu . tp itu slalu trjdi ! Ada yg tau knp gak ?

    @Mutiara : Saya juga begitu sist, setahu saya hal tersebut masih termasuk ke dalam dejavu 🙂

  14. Saya setiap mimpi mengalami dejavu sebenarnya apa yang terjadi dalam diri saya karna saya mengalami dejavu yg panjang.. dan semua itu terus menjadi kenyataan.. suatu ketika saya pun pernah bermimpi ke daerah dan saya tau kemana jalan dan bertemu siapa padahal saya belum pernah kesitu secara nyata.. sampe saya tau kapan teman saya menikah..sampe dimimpi orang itu berucap apa saya tau sebelum menjadi nyata.. dan kalau pun sudah mendekati kenyataan kepala belakang saya terus seakan berputar mengingat kejadian mimpi tersebut.. saya bingung untuk konsultasi sama siapa tuk dejavu ini..

3 Trackbacks & Pingbacks

  1. Tips sederhana untuk mempertajam daya ingat | andifebrian.com
  2. Tips melatih anak berpuasa di bulan Ramadhan | andifebrian.com
  3. Sleep Paralysis - Misteri dari mimpi buruk dan tindihan ketika tidur | andifebrian.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*