Ciri-ciri dan Modus penipuan Jual Beli Online

Ciri-ciri dan Modus penipuan Jual Beli OnlinePertumbuhan yang sangat pesat dalam penggunaan internet tidak hanya memiliki manfaat positifnya saja, tetapi di balik manfaat yang bersifat positif tersebut juga tersimpan hal yang negatif. Seperti penipuan. Maraknya kasus penipuan online bukanlah hal yang baru. Tapi untuk memberantas penipuan online bukanlah sebuah perkara yang mudah. Jika buatkan statistik berupa data-data, saya yakin banyak sekali korban dari kasus penipuan secara online yang terjadi setiap harinya. Berniat membeli barang, ternyata justru tertipu. Itu adalah hal yang biasa dalam dunia online, tapi maraknya penipuan online saat ini kadang-kadang membuat saya geram. Karena sepertinya pihak yang berwenang juga tidak akan sanggup menindak lanjuti laporan dari kasus-kasus penipuan yang telah terjadi setiap harinya.

Jika sulit rasanya untuk memberantas para penipu, mungkin ada baiknya jika anda sedikit mengenal atau menganalisa secara logika sebelum melakukan transaksi. Tidak mudah emosi, tetap berfikir jernih, dan tidak bersikap buru-buru sebelum melakukan transfer. Jual beli online terjadi berdasarkan adanya kepercayaan, namun untuk mengembangkan seberapa percayakah anda terhadap si penjual. Sedikit tips, ada baiknya anda mengenal tanda penipu yang jualan di situs jual beli gratis. Seperti TokoBagus atau Berniaga. Mengingat 2 situs tersebut adalah situs jual beli terbesar di Indonesia, saya yakin tidak sedikit penipu yang memanfaatkan 2 situs tersebut sebagai mesin penghasil uang yang cukup powerful.

Berikut ciri-ciri penipu di situs jual beli :

1.Harga yang ditawarkan tidak wajar. Bahkan hingga mencapai harga di bawah harga pasaran

2. Gambar yang diberikan tidak detail

3. Deskripsi produk yang tertulis terlihat aneh, seperti hasil dari copy paste

4. Menjual produk yang sama di berbagai wilayah

5. Profil pengguna baru di buat tidak jauh berbeda dari iklannya yang diterbitkan

6. Saat di sms responnya sangat lama, bisa berjam-jam kemudian

Meskipun beberapa poin di atas tidak bersifat mutlak namun anda masih merasa tertarik dengan barang yang dijualnya, silahkan melakukan penelusuran lebih detail dengan menghubungi si penjual secara langsung. Karena ketika anda melakukan komunikasi secara langsung (telefon), setidaknya analisa danĀ feeling anda dapat berbicara dengan menilainya sendiri apakah dia penipu atau memang penjual terpercaya. Namun anda harus waspada bila adanya percakapan berikut,

– Meminta transfer uang dahulu, dengan alasan sebagai jasa pengiriman barang atau sebagai DP

– Mengaku-ngaku sedang ada di luar kota, dan ketika anda hubungi beberapa waktu kemudian ternyata ia masih saja beralasan sedang tidak di rumah

– Beralasan barang yang di jual sedang tidak di tangan

– Pembicaraannya terdengar bertele-tele dan tidak konsisten

Anda harus hati-hati ketika mengalami salah satu dari poin di atas. Sangat sulit memang untuk membuktikannya secara tepat, tetapi itulah beberapa cara atau Modus penjual online yang penipu saat dihubungi. Dengan modal pintar ngomong yang disertai rayuan mautnya, jika anda tidak bersikap kritis dan berfikir jernih, bisa-bisa uang anda justru melayang dan barang yang anda beli tidak juga datang.

Jangan cepat tergiur dengan produk yang murah, lakukan investigasi kecil sebelum melakukan keputusan adalah cara meminimalkan agar terhindar dari penipuan jual beli online.

Baca juga : Tips menghindari kejahatan Hipnotis

Picture source : Republika

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

2 Comments on Ciri-ciri dan Modus penipuan Jual Beli Online

  1. yang harus diperhatikan sebelum belanja online biasanya:
    1. review atau testimoni dari yang sudah membeli
    2. konfirmasi stok sebelum benar-benar membeli
    3. pilih cod kalau masih belum yakin

  2. Waspada situs abal-abal, apalagi jika melakukan penipuan di dunia maya. coba anda sharing dan berbagi informasi pengalaman atas penipuan yang terjadi dan alami selama ini ke situs laporpolisi.com, supaya masyarakat tahu siapa identitas penipu yang berbahaya tersebut, sehingga semua bisa antisipasi atas semua bentuk penipuan yang terjadi selama ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*