Cerita Siput dan Katak

Alkisah, ada seekor siput yang selalu memandang sinis terhadap katak. Tatapan sinis siput seakan penuh makna yang menjadi tanda tanya besar bagi katak. Hingga suatu hari, katak pun merasa risih dan kesabarannya telah habis. Ketika secara kebetulan mereka berdua bertemu kembali dalam perjalanannya, katak menanyakan hal tersebut kepada siput.

Katak : “Hey tuan siput, apakah saya telah melakukan kesalahan yang sangat besar, sehingga anda terihat sangat membenci saya?”

Dengan tatapan yang sinis, siput menjawab pertanyaan si katak. “Kamu enak, menjadi katak memiliki empat kaki, bisa melompat kesana kemari. Kamu lihat saya?!? Kemanapun pergi selalu membawa cangkang buruk yang berat ini merangkak dengan sangat pelan di tanah. Karena itu, saya merasa sangat sedih melihat diri saya”.

Kisah Motivasi : Perbincangan antara Siput dan KatakSetelah terdiam sejenak, katak menjawab, “Di balik setiap kehidupan tersimpan penderitaannya masing-masing. Hanya saja sepertinya saya lihat kamu melihat kegembiraannya saja pada kaum saya. Tetapi kamu tidak melihat bagaimana penderitaan kami sebagai katak”.

Siput pun terdiam seketika. Dalam keheningan tersebut, tiba-tiba ada seekor elang besar yang terbang ke arah mereka. Kemudian siput dengan cepat memasukkan tubuhnya untuk bersembunyi dalam cangkangnya. Sedangkan katak, telah diterkam dan menjadi santapan sang elang.

Melihat kondisi tersebut, siput akhirnya merasa bersalah terhadap katak. Ia baru tersadar, bahwa ternyata cangkang buruk dan berat yang dimilikinya merupakan suatu kelebihan baginya.

Inilah kehidupan. Tidak perlu membanding-bandingkan kehidupan kita dengan orang lain. Karena sesungguhnya rasa iri kita terhadap orang lain akan membawa lebih banyak penderitaan.

Suatu kebahagiaan bukanlah harta sebagai tolak ukurnya. Rejeki tidak selalu berupa uang, emas, rumah mewah, atau kendaraan mewah. Karena hakekat dari kebahagiaan bukanlah untuk bersyukur, namun bersyukurlah yang akan menjanjikan kita berbahagia.

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*