Cerdas memilih kartu seluler

Telekomunikasi pada saat ini adalah segalanya. Dengan adanya sistim telekomunikasi kita dapat mengetahui sebuah informasi serta mengetahui atau berbicara dengan orang lain tanpa mengenal batas dimana dan kapanpun kita berada. Perkembangan teknologi sekarang ini telah menjadikan media telekomunikasi bukan lagi menjadi barang yang mewah, handphone khususnya. Kita bisa melihat sekarang ini bahwa rata-rata setiap orang sudah memiliki handphone untuk mempermudah melakukan komunikasi serta mendapatkan informasi. Sedangkan operator yang ada, mungkin negara kita merupakan salah satu Negara yang cukup banyak terdapat operator seluler-nya, belum lagi dengan beberapa dari lini produk mereka, hal yang wajar jika kita sebagai konsumen merasa bingung untuk mendapatkan yang terbaik diantara semua itu. Semakin banyaknya pemain, kita merasa sangat bingung karena masing-masing kartu seluler memiliki penawaran yang menarik, terutama dalam hal tarif.

Ketika kita memilih suatu kartu seluler yang akan digunakan, pada kenyataannya seringkali keputusan itu hanya bersifat sementara, selain itu trend memiliki handphone lebih dari satu buah sekarang ini sering kita temukan. Kombinasi jaringan GSM & CDMA sepertinya menjadi sebuah solusi bagi orang-orang yang menggunakan cara tersebut. Pengen murah, pake CDMA, tapi jika menginginkan mobilitas, pake GSM.

Kita sering merasa bingung ketika menanyakan nomor handphone seseorang, karena mereka bertanya kembali, “Nomor yang GSM atau yang CDMA?!”, dan finally kita pun terpaksa mencatat kedua nomor tersebut. Bagi konsumen yang sensitif terhadap harga (termasuk saya), terkadang pemilihan sebuah kartu seluler cenderung karena emosional. Tergiur karena promosi dengan penawaran harga yang murah, yang justru berakibat membuat kita terperangkap ke dalam beberapa ketentuan yang berlaku. Dalam bisnis hal ini memang wajar, namun bagaimanapun kita sebagai konsumen membutuhkan transparansi dari ketentuan tersebut, selain itu kualitas juga merupakan sebuah hak yang pastinya diinginkan oleh setiap konsumen.

Untuk menghindari kebingungan seperti hal tersebut, mengingat kembali ‘kebutuhan’ cukup ampuh untuk menghilangkan kebingungan anda. Anda mungkin ingat tentang persepsi yang mungkin sudah sering kita dengar, ‘Harga murah biasanya kualitasnya akan sesuai dengan harganya, begitupun dengan Mahal’, namun dalam kategori produk tertentu hal itu tidak bersifat mutlak. Tapi jika anda memang membutuhkan kualitas agar dapat berkomunikasi yang lancar, mau tidak mau tarif bukanlah suatu alasan bagi anda untuk memilih kartu seluler yang akan digunakan. Biar sedikit agak mahal, tapi kan lancar…

Tapi, jika anda memprioritaskan masalah tarif, sebaiknya cek dan ricek kembali apakah tarif tersebut benar-benar sesuai dengan ketentuannya, jangan terpengaruh dengan tarif yang ditawarkan dan cobalah mencari informasi tentang persyaratannya. Daripada anda kecewa karena ternyata tarif yang dikenakan tidak sesuai informasi yang anda dapatkan, lebih baik kita sebagai konsumen yang bersikap aktif untuk mengetahui semua transparansi informasi yang dibutuhkan.


About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*