Cari kerja itu tidak gampang

Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan itu bukanlah hal yang mudah. Meskipun perkembangan dalam dunia usaha maupun perusahaan yang ada di Indonesia sekarang ini terus bertambah, namun bukan berarti hal tersebut dapat menjadi salah satu senjata ampuh yang bisa mengurangi pengangguran. Semakin berkembangnya perusahaan-perusahaan yang ada sekarang ini justru menimbulkan persaingan yang semakin ketat, terutama pada setiap sumberdaya manusia itu sendiri.

Dibalik fenomena ini, sepertinya masyarakat masih memiliki anggapan bahwa pendidikan bisa memberikan jaminan terhadap masa depan kita. Pendidikan masih menjadi salah satu faktor yang bisa memberikan keterjaminan kita terhadap cerahnya masa depan. Pendidikan memang sangat penting, tetapi bukan berarti pendidikan yang didapatkan dari sekolah, kuliah atau les bisa dikatakan mutlak dapat menjamin terhadap masa depan dengan harapan akan memiliki pekerjaan.

Tingginya tingkat pendidikan belum tentu menjamin keberhasilan terhadap masa depan. Karena jika berbicara keberhasilan di masa depan, hal itu tergantung dari masing-masing individu. Bagaimana setiap individu untuk merubah dan merencanakan apa yang akan dilakukan untuk masa depannya, dan tentunya memiliki pola pikir yang optimis dan positif. Meskipun seseorang merupakan tamatan sarjana, mereka belum tentu akan mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Karena pada kenyataannya bisa kita lihat bahwa banyak terdapat sarjana yang masih menganggur, dan efek dari hal tersebut sedikit banyaknya akan berpengaruh terhadap mental para calon sarjana selanjutnya. Mereka akan melakukan perbandingan terhadap kenyataan yang banyak terjadi, bahwa “Ternyata cari kerja itu susah ya”, atau, “Gila, kerja apaan ya saya besok?!”. Selain itu mungkin saja perkembangan dunia kerja terhadap perkembangan pencaker alias pencari kerja tidak seimbang, atau bisa kita sebut besar pasak daripada tiang… 🙁

Hal ini, mengingatkan kita bahwa ternyata persaingan semakin ketat, termasuk dalam dunia kerja. Orang-orang yang memiliki skill atau kemampuan secara spesifik, setidaknya akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan. Tapi, bukan berarti orang yang memiliki pendidikan rendah tidak akan memiliki pekerjaan serta keberhasilan di masa depan. Banyak orang yang memiliki tingkat pendidikan tidak terlalu tinggi, misalnya hanya seorang tamatan SMP atau SMA, tetapi mereka justru berhasil dengan mendirikan bisnis atau usaha yang mereka rintis.

Karena memang kondisi sekarang ini sulit untuk mencari kerja, but… don’t stop to try, try, and try…, kalo bisa banyakin aja masukin lamaran kerjanya… 😀 Atau alternatif lain yang bisa anda lakukan adalah dengan merencanakan dan memulai menjadi seorang entrepreneurship, jika tidak punya modal yang besar, mulailah dari hal yang kecil. Karena meskipun anda memulai dengan usaha kecil, apalagi jika dikelola secara professional, tidak tertutup kemungkinan usaha anda akan berkembang nantinya.


About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

3 Comments on Cari kerja itu tidak gampang

  1. Bener tuh Mas, menjadi entrepeneur memang tidak mudah selalu banyak halangan dan rintangan yang siap menghadang….
    Jadi jangan berputus asa jika kita mendapati hal itu, tetap semangat dan selalu berpikir positif itu kuncinya…. 🙂

  2. Setuju ! Pada dasarnya pendidikan itu merupakan ilmu standart yang harus kita miliki. Karena dengan pendidikan, sumber daya manusia dan pola pikir kita jadi berkembang. Mengenai susahnya lapangan pekerjaan memang sangat terasa. Wong saya sendiri sampai sekarang masih nganggur hehehe… Yang jelas semua tergantung dari manusianya. Dengan kemauan dan kerja keras, gw rasa gak ada yang gak mungkin. betoel ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*