Cara setting redirect domain

Redirect dikenal dengan istilah mengarahkan atau mengalihkan. Jadi pengertian redirect domain adalah mengarahkan satu domain ke domain lainnya. One example, misalnya anda memiliki sebuah domain 111.com, dan kemudian anda menginginkan domain tersebut mengarah ke domain anda lainnya ke 112.com, jadi ketika orang yang mengakses domain anda (111.com), maka secara otomatis akan beralih ke 112.com. Agar proses tersebut berjalan, anda harus melakukan konfigurasi pengalihan domain.

Berikut 2 cara untuk mengarahkan satu domain ke domain lain, atau lebih singkatnya cara setting redirect domain.

1. Redirect domain dari Cpanel hosting.

– Silahkan login ke Cpanel (hosting) anda, kemudian pilih Redirects pada kolom area DomainsCara redirect domain pic 1

– Pada kolom Type, silahkan anda pilih permanent atau temporary. Jika pengarahan domain yang anda inginkan hanya bersifat sementara, silahkan pilih temporary. Tetapi kalau bersifat permanen, pilih yang permanent. Lalu pada kolom baris ke dua, pilih domain yang ingin anda arahkan. Kemudian pada kolom ketiga (redirects to), silahkan anda isi nama domain tujuan.

Cara redirect domain pic II

– Klik tombol Add. Selesai..

2. Redirect domain dari Cpanel domain :

Cara kedua untuk mengalihkan satu domain ke domain lainnya ini, sebelumnya yang harus dipastikan adalah anda harus memiliki satu domain yang full access. Kemudian satu lagi, jika domain tujuan anda sudah memiliki hosting, akan lebih simple untuk mengalihkan domain anda dengan cara kedua ini.

– Silahkan login ke Cpanel domain anda.

– Pilih menu Domain Forwarding, lalu klik Manage domain forwarding.

Cara redirect domain pic III– Pada halaman Domain forward service, isi kolom destination dengan domain tujuan anda.

Cara redirect domain pic IV– Klik tombol Save, dan selesai.

Nb : Jika pengalihan domain masih belum bekerja, silahkan tunggu beberapa saat hingga proses resolve domain sempurna.

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

24 Comments on Cara setting redirect domain

  1. Mas, Kalau yang redirect permanen, kalau suatu saat saya tidak memperpanjang domain tsb apakah search angine akan langsung mengindex domain tujuan?

    Kasusnya begini:
    domain saya yang sudah jalan http://www.letung.net dan sudah ada di page yg bagus di google utk keyword “bali silver jewelry”, kemudian saya coba daftar domain baru http://www.letungsilver.com iseng iseng saya upload index saya yang di letung.net…eh google malah ngindex yg baru yang belum ada halaman. solusinya gemana ya mas?? saya jadi bingung nih.. Thanks. Wayan.

    @ Wayan : Kalo menurut saya, mendingan domain yang pertama kali jalan aja yang di pertahankan Mas. Nggak tau deh benar apa nggak ya, soalnya search engine kan sudah meng-crawl duluan dari keseluruhan arsip (secara keseluruhan) domain utama. Jadi solusinya, mendingan dipertahankan domain yang pertama aja Mas.
    Setuju atau tidak, itu menurut saya lho. Maklum kalo udah ngomongin SEO, masih agak oot saya Mas.
    Semoga membantu 🙂

  2. Mas, bisa nggak dua domain dalam satu hosting? Gimana caranya?

    Soalnya saya punya domain, contohnya ZEN.com. Terus mau buat lagi contohnya For.com. (yang for.com ini datanya dari for.wordpress.com)
    gimana caranya ya?

    @ Forsantri : Doa domain dalam satu hosting (ataupun account hosting) bisa kok Mas. Kan tinggal di share aja hostingannya dari cPanel hostingnya.

  3. GAN Mau tanya kalau ingin Redirect domain wwww.domain.com ke ww1.domain.com bagaimana ya caranya.. makasih sebelumnya.
    Salam.

    @Faedah : Nggak ngerti ane maksudnya gan. Ngerubah permalink awalan www / www1 ane belum pernah coba soalnya 🙂

  4. kalo saya mau pake domain saya untuk redirect dari googledrive ini gimana pak?

    @Dunam : Kurang tau pasti saya bisa apa nggak, coba setting dari parkdomain di Control Panel. Masukin alamat GogDrive-nya. Soalnya setau saya NS domain kan harus di rubah / samain dengan NS domain tujuan.

  5. Salam kenal gan, kalau suatu domain di redirect ke domain lain, efeknya dari sisi SEO apa ya buat domain yang di redirect maupun domain target redirection itu?

    Reply : Secara pastinya ane kurang tahu juga, maklum nggak pernah memperdalam ilmu SEO.
    Tapi menurut saya sih dengan redirect bisa sebagai cara agar domain yang di direct dapet fake PR (jika domain utama memang sudah punya PR) :mrgreen:

  6. Gan mau tanya, klu redirect gni, untuk GA aman ga?

    @Motor Klasik : Kalau domain inti / yang sudah ke banned yang digunakan tetap nggak aman gan, solusinya ya harus pakai domain baru. Karena kalau dipaksakan kasihan akun GA agan nanti yang justru kena banned 🙂

  7. mas, apakah dengan menggunakan cara diatas semua postingan dari domain lama akan otomatis terdirect ke domain baru?

    @Muh.imran : Tidak mas, karena sistim redirect yang saya infokan hanyalah untuk direct domain ke salah satu alamat / domain lainnya yang ingin di tuju. Jadi pada inginya bukan migrasi lho ya.
    Semoga membantu 🙂

  8. pak fitur fiturnya eror pak rata rata fitur di kelik yang meneju hanya redirection saja, kemungkinan eror tolong di cek pak

    @Ernas : Saya kurang paham dengan maksud bapak, di bagian mana errornya?
    Coba pastikan kembali, apakah Bapak sudah menambahkan redirect melalui Control Panel? Trus apakah bapak sudah setting Name Server domainnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*