Cara recovery data media storage

Media storage biasanya menjadi alternatif pilihan sebagai tempat media penyimpanan data. Seperti Flask disk, Memory Card, Hard Disk, Hard Disk eksternal, dsb. Media penyimpanan tersebut biasanya digunakan sebagai eksternal storage dimana ketika kapasitas internal storage tidak dapat menampung data-data yang anda miliki. Namun bagaimana jika tiba-tiba media storage yang anda miliki coruppt atau rusak? Apalagi jika data-data yang menurut anda penting, atau anda memang benar-benar membutuhkannya saat itu?

Biasanya dalam kondisi tersebut respon anda adalah berusaha untuk memastikan kondisi media storage yang anda miliki dalam keadaan rusak atau tidak agar anda dapat menyelamatkan semua data yang ada, atau justru bersikap pasrah dan merelakan semua data anda hilang.

Bagi anda yang ingin mencoba menyelamatkan data-datanya, solusinya adalah anda harus melakukan recovery data pada media storage. Mungkin banyak software untuk recovery data yang bisa anda manfaatkan, misalnya seperti menggunakan software Pandora, Recuva, Power Data Recovery, Run Time, dan masih banyak lagi. Tapi salah satu software untuk recovery data yang ingin saya bahas kali ini adalah Recuva.

Kalau masih penasaran apakah data-data yang ada simpan pada media storage anda bisa terselamatkan atau tidak, nggak ada salahnya anda mencoba melakukan recovery data menggunakan recuva. So, berikut cara recovery data menggunakan recuva :

1. First, silahkan anda download software Recuva dan instal.

2. Setelah itu, jalankan software Recuva.

3. Ketika anda ingin melakukan recovery, silahkan pastikan data / file apa yang ingin anda recovery. Silahkan pilih ‘Other’ lalu klik Next.

Cara recovery data/disk menggunakan recuva

4. Setelah itu tentukan ‘spesific location’ media storage anda, lalu klik ‘Next’ > ‘Start’. Kemudian silahkan menunggu hingga proses recovery data selesai.

Cara recovery data/disk menggunakan Recuva II

Perlu diketahui, proses lamanya recovery data menggunakan Recuva tergantung ukuran data yang ingin anda perbaiki. Semakin besar kapasitas penyimpanan storage anda, prosesnya akan semakin lama. Dan satu lagi yang harus di garis bawahi, proses recovery data ini tidak menjamin semua data-data anda pada media storage akan kembali secara keseluruhannya. Tapi yang penting, siapa tahu data yang anda butuhkan ternyata bisa terselamatkan. Namanya juga usaha.

Well, selamat merecovery. Semoga data yang anda butuhkan bisa terselamatkan 🙂

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*