Cara posting blog dari Smartphone

Salah satu kendala bagi seorang blogger ketika ingin mengupdate blog adalah harus memiliki koneksi internet dan PC atau laptop. Tapi kehadiran handphone/smartphone yang sudah hampir dimiliki oleh setiap kalangan saat ini seakan memberikan sebuah solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Karena selain update blog dari PC, kamu juga bisa update blog lewat handphone, BlackBerry, atau smartphone lainnya yang kamu miliki.

Kalau hal ini memberikan sebuah solusi dan kemudahan, kenapa tidak memanfaatkannya. Maka dari itu, buat para newbie yang sama seperti saya, berikut saya post tentang tutorial update blog dari email. Sebelum masuk ke tutorialnya, pada dasarnya cara ini bukanlah langsung melalui halaman dashboard blog kita, tetapi menggunakan email sebagai medianya.

Tanpa panjang lebar, ini dia cara posting blogspot menggunakan smartphone :

1. First, kita harus melakukan settingan blog. Silahkan login ke account blogger dari PC, laptop, atau tablet kamu.

2. Pilih menu Settings > Mobile and email. Trus pada menu posting using SMS/MMS klik ‘add mobile devices’.

3. Setelah itu kamu akan melihat tampilan kode unik verifikasi. Silahkan kamu kirim kode tersebut melalui sms atau email. Kalau menggunakan sms dengan mengirimkan ke nomor yang tertera di halaman (ke 256447), tidak ada respon. Maka saya sarankan kamu verifikasinya menggunakan email saja. Gunakan email yang kamu gunakan untuk login blogger kamu, dan kirim kode tersebut ke go@blogger.com. Subject-nya terserah mau isi apa. Tapi kalau saya, pada bagian subject saya isi dengan ‘Mobile device verification code’.

Selesai deh,,,

Setelah verifikasi berhasil, silahkan deh kamu update blog kamu lewat handphone, BlackBerry, atau smartphone yang kamu gunakan. Caranya update-nya tinggal sent email ke go@blogger.com, subject email kamu isi dengan judul blog, kemudian isi emailnya silahkan isi dengan artikel / tulisan sebagai bahan posting blog. Trus sent deh emailnya.

Taadddaaa… Silahkan cek deh blog kamu, pasti postingan kamu sudah dipublish.

Tapi satu hal nih, jeleknya kalau kita posting blog dengan cara ini adalah, pada bagian footer postingan kamu akan terdapat signature dari provider yang kamu gunakan, sama seperti ketika kamu kirim email lewat smartphone. Dan signature tersebut pastinya berbeda-beda, tergantung dari operator seluler apa yang kamu gunakan. Untuk lebih detailnya, saya berikan contoh gambarnya seperti di bawah ini.

Lalu, gimana cara menghapus signature pada bagian footer postingan kita tersebut? Solusinya, silahkan edit post dan hilangkan signature tersebut. Maka secara otomatis signature dari operator yang kita gunakan tersebut akan hilang. Tapi ingat, editnya jangan lewat smartphone kamu, tapi harus melalui PC/laptop ya.

Semoga bermafaat, tetap semangat ngeblog yah 🙂

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

1 Comment on Cara posting blog dari Smartphone

  1. cuma menambahkan saja, utk menghapus signature provider itu mudah,cukup rubah setingan signature pada smartphone anda. jd tidak perlu susah payah mengubah lg melalui pc/laptop anda.
    sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*