Cara pasang plugin WP-CopyProtect

Menanggapi analisa saya beberapa hari ini dari google analytics, sepertinya terdapat pengunjung yang datang ke blog ini dengan maksud mencari info tentang cara pasang plugin WP-CopyProtect. Meskipun plugin tersebut menurut saya sah-sah saja di pasang untuk menghindari copy paste, namun pada dasarnya para plagiat masih saja bisa meng-copy paste artikel blog anda. Caranya gimana?! Search di Google banyak kali ya..

Tapi, bagi anda yang merasa kebingungan untuk pasang plugin WP-CopyProtect, saya akan berikan panduannya step by step.

– First, jika ingin secara langsung melalui dashboard wordpress anda dari menu plugin > add new > search plugin. Jika tidak ketemu, silahkan download plugin WP-CopyProtect disini.

– Setelah selesai di download, upload plugin tersebut ke dalam directory (baik secara manual ataupun otomatis). Tapi agar lebih mudah dan simple, bisa juga dari dashboard > plugin > add new > kemudian upload plugin tersebut yang telah anda download. Setelah berhasil, jangan lupa untuk mengaktifkan pluginnya.

– Kemudian anda tinggal setting kinerja plugin tersebut. Ya mungkin anda ingin non aktif-kan klik kanan, atau hanya sekedar mengaktifkan text selection-nya.

Caranya, pilih menu setting dari dashboard, lalu klik menu WP-CopyProtect. Silahkan anda tentukan sendiri settingan yang anda inginkan.

Seperti pada gambar dan apa yang saya katakan di atas, jika anda hanya ingin men-disable text selection, silahkan aktifkan dengan memberikan cek/centeng pada menu ‘disable text selection’. Kemudian jika anda ingin menonaktifkan klik kanan, pilih ‘disable right click’ pada menu disable right mouse click. Pilih ‘disable right mouse click no message’ jika anda hanya ingin menonaktifkan klik kanan. Atau pilih ‘disable right click and show message’ dan tuliskan pesan yang anda inginkan jika anda ingin memberikan peringatan jika ada yang melakukan klik kanan. Trus, save..! Kelar deh.

Mmm, sebenarnya artikel WP-CopyProtect (wordpress plugin untuk menghindari copy paste) ini sudah pernah saya tulis beberapa waktu lalu. Tapi semoga artikel yang terbaru kali ini memberikan penjelasan yang cukup jelas tentang bagaimana cara pasang plugin anti copy paste di blog wordpress. Semoga membantu 🙂

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

7 Comments on Cara pasang plugin WP-CopyProtect

  1. Di dashboard saya tidak ada pilihan plugin. Apakah harus menggunakan wordpress premium (upgrade wordpress) baru pilihan “plugin” tersedia? terima kasih…

    @Ajfek : Saya nggak tahu juga pastinya Mas, soalnya saya nggak pernah pake blog free WordPress Mas. Mungkin tersedianya khusus yg WordPress self hosting aja Mas.
    Semoga membantu 🙂

  2. Plugin ini diperlukan juga karena dengan memasang script anticopas secanggih apapun tetap artikel blog bisa di copas tapi jika menggunakan plugin ini + keterangan akan lebih baik.
    Makasih artikelnya sob, salam kenal…

  3. Kenapa sekarang saya tidak bisa copy paste / copy image gambar dari web ke ms word 2007? biasanya dulu bisa dan gambarnya juga tidak terproteksi..
    apakah ini karena ada plugin tertentu yang disable?
    mohon bantuannya, terimakasih..

    @Anna : Biasanya kalau ada web tertentu yang memang tidak bisa di copas gambarnya, itu tandanya web tersebut tidak menyertakan link dari sumber gambar tersebut. Maka dari itu gambarnya tidak bisa di buka, tapi sebenarnya masih bisa di save kok.
    Semoga membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*