Cara menghindari kejahatan saat mudik

Hari kemenangan sudah di depan mata. Sudah menjadi tradisi bahwa pulang kampung menjadi pilihan bagi sebagian umat muslim untuk bisa saling bermaaf-maafan bersama sanak saudara. Namun sebelum anda melakukan mudik, ada baiknya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebaiknya, anda tidak lupa untuk memperhatikan hal-hal sepele yang biasanya terlupakan, namun memiliki dampak negatif yang luar biasa. Karena pada musim mudik lebaran, biasanya oknum yang tidak bertanggung jawab justru akan memanfaatkan momen ini.

Selain agar bugar saat mudik lebaran, anda diharapkan juga untuk tidak melupakan kenyamanan agar terhindar dari kejahatan saat mudik. So, berikut Tips Mudik versi Polda Metro Jaya :

– Jangan mudik sendirian, khususnya jika anda melakukan perjalanan mudik menggunakan transportasi umum. Ajaklah keluarga, saudara, atau teman.

– Hindari menggunakan perhiasan yang mencolok, atau barang-barang berharga. Karena tidak tertutup kemungkinan anda menjadi perhatian dan sasaran bagi orang-orang yang berniat jahat.

– Siapkan rencana dengan matang. Sebaiknya, anda melakukan persiapan sebelum anda melakukan keberangkatan perjalanan mudik. Seperti sejumlah uang, tas, oleh-oleh, serta rencana perjalanan. Dengan melakukan perencanaan, anda tidak akan terlihat kebingungan saat tiba di terminal, stasiun, pelabuhan, atau bandara.

– Menunggu di tempat aman. Ketika anda hendak melakukan perjalanan mudik, anda tidak dapat menduga hal-hal apa yang akan terjadi. Misalnya, anda datang terlalu cepat / terlambat, tidak bertemu dengan teman yang telah berjanjian, mengalami penundaan keberangkatan, dan hal-hal lainnya. Saat anda merasa bingung dalam kondisi tersebut, sebaiknya anda memastikan untuk menunggu di tempat yang aman. Mungkin, anda dapat menunggu di sekitar area pos polisi atau posko mudik yang telah disediakan.

Semoga tips mudik menggunakan transportasi umum di atas bermanfaat. Selamat mudik, semoga sampai dengan selamat pulang dan pergi 🙂

Baca juga : Tips mudik menggunakan mobil

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*