Cara menghilangkan Malware pada Blog

Ketika anda sedang membuka halaman tertentu, dan ternyata tampilannya adalah justru peringatan bahwa halaman tersebut terdapat Malware, pasti anda akan segera meninggalkan halaman tersebut. Itulah yang biasa dilakukan pengunjung saat mendapati malware ketika membuka suatu halaman. Bagi seorang pemilik blog atau webmaster hal tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja blog anda sendiri menjadi kurang maksimal. Kenapa? Karena adanya tampilan peringatan malware tersebut pengunjung hanya membuka halaman tersebut dan segera pergi.

Cara menghilangkan Malware di BlogMalware, atau singkatan dari Malicious dan software adalah perangkat lunak yang di buat untuk menyusup atau merusak sistim komputer. Jika anda menggunakan self hosting, solusi ketika kena malware dapat anda lakukan menggunakan feature virus scanner dari Cpanel, atau kalau sudah pusing dan tidak tahu harus bagaimana cara mengatasinya lagi anda bisa meminta bantuan customer service pihak hosting yang anda gunakan.

Hhhmm, tapi kali ini saya bukan berbicara mengenai cara menangani blog hosting yang kena Malware, tetapi adalah bagi yang blogging menggunakan Blogger. Karena Blog yang menggunakan Blogger minim sekali kemungkinannya terkena Malware kecuali adanya script yang anda tambahkan sendiri ke dalam blog tersebut. Dan yang paling rentan adalah kode html pihak ke-3 alias iklan.

Yup, saya bingung ketika melihat statistic salah satu blog saya dari Histats. Kenapa tiba-tiba pengunjung turun dan kalaupun ada bounce rate-nya tinggi. Awalnya saya mengira memang statistik mungkin lagi error, dan saya langsung menuju blog saya tersebut. Ckckck, ternyata Google Chrome yang menjadi web browser favorit yang saya gunakan menginformasikan bahwa blog saya tersebut terdapat Malware. Well, bingung juga. Setelah test halaman-halaman lainnya di blog tersebut masih saja sama. Akhirnya saya memeriksa penyebab blog terkena Malware.

Hasilnya, salah satu kode html iklan CPM yang saya ikuti yang menjadi sumber Malware pada blog saya. Meskipun di balik itu motivasi ngeblog buat cari duit, tapi tanpa basa basi saya langsung menghapus iklan tersebut dan akhirnya, clear! Meskipun baru beberapa hari kemarin kejadiannya, tapi setelah saya cabut kode html iklan berbasis CPM (Cost Per Mile) tersebut pengunjung jadi sedikit bertambah.

Kesimpulannya, cari uang dari blog sah-sah saja. Tapi satu hal yang tetap harus diperhatikan, Visitors is The King. Dan pelajaran yang bisa saya ambil dari sini adalah selektif dalam memilih metode memonetize blog, termasuk juga brokernya. Kalau tidak selektif takutnya justru blog anda seperti blog saya yang terdapat Malware-nya, padahal script iklan yang telah kita tambahkan di blog adalah permasalahannya.

Sekian sharing dari saya, dan terima kasih. Keep Blogging 🙂

About Andy Febrian 532 Articles

Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

3 Comments on Cara menghilangkan Malware pada Blog

  1. Blog saya sepertinya terindikasi malware, pasalnya traffic tiba-tiba terjun bebas. Setelah diperiksa ternyata Yandex Browser penyebabnya dan hanya terdeteksi di Bing aja, sdangkan di Google aman2 aja. Yg mau saya tanyakan bagaimana cara hapusnya mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*