Cara menghilangkan Anti Copy Paste di blog

Bingung mau kasih judul apa nih, tapi bahasa sederhana ala saya di atas merupakan Tutorial cara menghilangkan anti copy paste dan klik kanan pada blog ini berhubung karena pengalaman saya tadi malam. Biasanya, setelah membuat blog agar tidak dapat di copy paste kita menjadi lupa bagaimana caranya agar blog tersebut bisa di copy paste lagi dan klik kanannya kembali berfungsi. Sebenarnya caranya sangat sederhana, yaitu  cukup melakukan penggantian template blog. Dengan mengganti template blog maka secara otomatis script html blog (blogspot) akan kembali ke settingan default. Tapi cara itu tentunya tidak akan anda lakukan jika anda merasa malas untuk mengganti template anda ke template baru. Karena saya yakin bahwa anda telah melakukan berbagai cara untuk untuk mempercantik atau meng-SEO-kan blog tersebut.

So, cara kedua untuk menonaktifkan anti copy paste adalah dengan menghilangkan kode atau script anti copy paste yang terpasang di blog anda. Jika anda lupa, berikut tutorial agar blog bisa di copy paste kembali, dan juga cara mengaktifkan klik kanan pada blog (jika sebelumnya anda juga membuat anti klik kanan pada blog).

1. Pertama-tama, pastinya silahkan login ke account blogspot anda.

2. Setelah itu, masuk ke menu design, edit html, trus jangan lupa di centang expand widget templates-nya dan pindahkan semua kode html blog anda ke notepad atau save / download template semua kode html blog anda untuk jaga-jaga jika ada kesalahan atau cara ini tidak berhasil.

3. Jika anda menggunakan anti klik kanan dengan menggunakan script yang diselipkan di page elements, pastikan untuk menghapus script tersebut. Jika anda tidak menggunakan cara ini, silahkan abaikan (poin ke-3 ini) dan langsung menuju ke poin ke-4.

4. Kembali edit html, centang Expand Widget Templates, lalu cari kode seperti yang ada di bawah ini. Tetapi jika kode di bawah tidak ada dalam template anda, terpaksa anda harus pelan-pelan, teliti dan sabar untuk menemukannya. Letaknya di bawah kode </head>. Cari pelan-pelan, anda akan menemukan kode yang mirip-mirip seperti kode di bawah, terutama yang saya berikan warna cokelat.

<script type=’text/javascript’>
//<![CDATA[
function clickIE() {if (document.all) {(message);return false;}}
function clickNS(e) {if (document.layers||(document.getElementById&&!document.all)) {
if (e.which==2||e.which==3) {(message);return false;}}}
if (document.layers)
{document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS;}
else{document.onmouseup=clickNS;document.oncontextmenu=clickIE;}
document.oncontextmenu=new Function(“return false”)
//]]>
</script>

5. Setelah ketemu, hapus semua kode tersebut dan save template. Selesai.

Silahkan di coba perubahannya, Insya Allah selection text dan klik kanan di blog anda sudah aktif lagi. Semoga membantu, keep blogging 🙂

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

17 Comments on Cara menghilangkan Anti Copy Paste di blog

  1. MAAF sekali telah mengganngu, namun saya sangat butuh bantuan sekali, gini kemarin saya coba buka situs tentang mencari siapa yang telah mengcopi paste, nama situsnya http://www.copyscape.com..
    di situ ada pilihan banner untuk mencegah kopi paste, lalu saya ambil kode htmlnya dan letakan di widged html…
    tapi keesokan harinya, saya sendiri ga bisa klik kanan/kopi paste blog saya sendiri…
    saya udah berusaha untuk menghapus widget yang ada banner mencegah kopi paste tadi… walaupun telah hapus, tapi untuk mengembalikan ke semula (agar bisa di copy paste) ternyata ga bisa….
    mohon bantuannya….

    @ Servas : Nahh lo, kok bisa begitu ya. Setau saya sih badge CopyScape nggak ada pengaruhnya sama copy paste di blog. Karena kalo dipasang setau saya seharusnya tetap bisa di copas Mas..

  2. gan kalo cara untuk menghilangkan anti copas di blog sendiri gimana ? ane pake anti copas tapi pengen dihilangkan gmna gan? -https://www.facebook.com/satya.gumelar

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*