Cara mencari ide untuk bahan posting blog

Agar blog selalu diperhatikan dan di sayang sama om Google ataupun mesin pencari lainnya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah rajin update blog. Selain itu, blog yang selalu ter-update juga akan membuat pengunjung tidak bosan. Karena ketika anda telah mendapatkan pengunjung yang setia, mereka tentunya juga akan merindukan berita, informasi, apapun itu yang telah anda post di blog anda. Nah, yang jadi masalah adalah, bagaimana jika saya merasa kehilangan/kehabisan ide untuk bisa update serta segera diposting di blog ?? Jangan di bawa pusing to, karena kali ini saya akan ngoceh tentang cara mencari ide untuk bahan posting / update blog. Caranya..

– Mengingat tentang hal yang anda ketahui

Sebelumnya, mungkin saya harus mengingatkan saya kembali (juga anda), bahwa inilah salah satu nikmatnya ngeblog. Indahnya ‘berbagi’. Berbagi informasi, tips, pengalaman, opini, bahkan nggak masalah jika anda mem-publish di blog anda tentang satu hal/topik yang masih anda pertanyakan tentang jawabannya, misalnya seperti “Apakah menggunakan obat mata akan membatalkan puasa??”,  “GagaBux scam gak ya??“, dsb. Yup, pada intinya adalah, mengambil hal yang menarik seputar yang anda ketahui. Atau jika rasanya menarik dan unik, nggak ada salahnya juga jika anda bersedia untuk menceritakan kejadian yang baru/telah berlangsung dalam kehidupan anda (berbagi pengalaman).

– Browsing

Menurut saya search engine / mesin pencari adalah sang pemberi jawaban, selagi yang anda cari adalah hal-hal yang umum, you’ll get it! Bahkan, terkadang search engine juga memberikan informasi yang cukup detail. Dengan browsing, terkadang anda bisa mendapatkan sebuah ide untuk dijadikan bahan postingan.

– Blogwalking

Blogwalking, atau bahasa umumnya adalah berkunjung ke blog tetangga untuk mendapatkan informasi terbaru sekaligus silaturahmi. Meskipun frekuensi anda untuk blogwalking tidak banyak, tetapi jangan salah, karena terkadang blogwalking juga bisa memberikan ide bagus untuk cari ide lho.

Sip, kalau beberapa waktu lalu saya post tentang alasan blogger malas update blog, semoga ocehan saya tentang cara cari ide untuk update blog bisa bermanfaat untuk anda biar tetap semangat nge-blog meskipun earning belum juga mendekat (hehe..). Ups hampir lupa, dan satu lagi yang perlu diketahui disini adalah, ciptakan sebuah judul/draft tentang hal yang ingin anda tulis sebagai postingan, kemudian tinggal dikembangkan deh tuh. Mungkin itu sambil cari-cari informasi yang mendukung, serta memanfaatkan imajinasi anda.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

33 Comments on Cara mencari ide untuk bahan posting blog

  1. kadang saya ada bahan postingan tapi malas buat postinganya ,, mungkin karena udah tau kali ya jadi malas update posting ,, pdhal mungkin aja it berguna bwt yg blum tau, btw trimaksh udah share

  2. Yup.. Sepakat dengan tulisan diatas mas.. Apalagi soal semangat ngeblog dan ide beraitan erat dengan produktivitas blog itu sendiri. Kalo saya lebih mencari ide dengan sering silaturahim ke blogger senior sambil meminta pendapat tentang dunia blogging juga. Terimakasih atas infonya!

  3. Blogwalking menjadi salah satu aktivitas favorit saya ketika online. Sambil menambah wawasan ide menulis, juga sebagai ajang silaurahmi sesama pemilik blog. Menurut saya cukup efektif membangun interaksi keduanya.
    Terimakasih atas tipsnya.. Suka sekali dengan postingannya mas..

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Tips Ketika Ditilang Polisi Lalu Lintas | atjehpress

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*