Cara memilih asuransi kendaraan

Asuransi memang digunakan sebagai media untuk meminimalkan kerugian, tetapi kesadaran masyarakat terhadap asuransi akhir-akhir ini menjadi satu hal yang harus dipertimbangkan. Salah satu jenis asuransi dalam konteks kali ini contohnya adalah asuransi kendaraan. Banyak masyarakat yang merasa dilema ketika mereka akan memilih asuransi apa yang akan mereka gunakan.

Ketatnya persaingan asuransi saat ini, menyebabkan kebingungan bagi sebagian orang dalam memilih asuransi. Ditambah lagi saat ini hampir setiap perusahaan asuransi memiliki produk asuransi kendaraan. Oleh karena itu, pada dasarnya hanya nasabah yang akan menentukan asuransi kendaraan apa yang bagus atau yang layak untuk digunakan. Mengingat kondisi tersebut, saya mengumpulkan informasi dari beberapa sumber tentang kriteria asuransi untuk memberikan anda beberapa pertimbangan sebelum mengambil keputusan dalam memilih asuransi kendaraan.

1. Periksa jaringan perusahaan asuransi yang bersangkutan. Setiap perusahaan asuransi sekarang ini biasanya memiliki beberapa kantor cabang di berbagai daerah. Namun jangan lupa untuk mencari informasi kembali tentang bengkel rekanan yang ada di kota anda. Hal ini untuk mengansipasi seandainya ketika anda harus meng-klaim, anda tidak akan terlalu lama menunggu sampai proses perbaikan atau melaporkan kendaraan yang hilang.

2. Cari tahu lebih awal fasilitas yang didapatkan. Sebelum anda mengambil keputusan, ada baiknya lebih awal anda mencari informasi tentang fasilitas serta nilai tambah yang akan anda dapatkan terhadap asuransi tersebut. Layanan tambahan misalnya apakah ada mobil pengganti, telefon pengaduan (hot line service), mobil derek, jasa montir, dsb.

3. Paket asuransi yang ditawarkan. Seperti keleluasaan jaminan sampai seberapa banyak. Karena keluasan ini harus disesuaikan oleh harapan serta kemampuan nasabah.

4. Jangan tergiur terhadap premi murah. Persaingan yang semakin kompetitif terhadap produk asuransi sekarang ini bisa menjadi salah satu faktor perusahaan asuransi untuk melakukan banting harga, sehingga memberikan penawaran asuransi dengan premi yang murah. Sementara, anda belum tentu mendapatkan jaminan terhadap pelayanan yang sudah seharusnya anda peroleh.

5. Jangan lupa cek profil atau bonafiditas perusahaan. Selain sebagai faktor fundamental untuk mengambil keputusan, hal ini juga untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan ketika proses klaim. Anda tentunya tidak ingin ketika anda melakukan klaim, ternyata asuransi yang anda gunakan ternyata tidak memiliki bengkel rekanan.

Meskipun secara umum yang menjadi poin dasar untuk memilih asuransi adalah keuangan, jasa, serta beban (premi), namun setidaknya 5 kriteria asuransi di atas dapat membantu anda untuk menentukan asuransi yang akan anda pilih.

Lalu, asuransi kendaraan apa yang terbaik?

Dari salah satu asuransi kendaraan yang ada, salah satu perusahaan asuransi dengan tagline Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia mungkin bisa menjadi alternatif pilihan bagi anda. Dengan melakukan perbandingan mengenai informasi yang berhubungan, setidaknya anda telah berusaha untuk memenuhi ekspektasi anda terhadap asuransi kendaraan yang akan anda pilih.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

1 Comment on Cara memilih asuransi kendaraan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*