Cara membuktikan uang asli atau palsu

Uang rupiahUang adalah alat tukar atau standar pengukur nilai dalam kesatuan hitungan yang sah dalam/untuk proses transaksi. Meskipun banyak cara untuk melakukan pembayaran yang sah, namun pastinya anda seringkali melakukan pembayaran dengan uang. Di balik kesulitan dalam mendapatkan uang (halah..), ternyata ada pihak-pihak yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cara yang tidak fair. Seperti yang seringkali anda lihat di televisi, media massa ataupun elektronik.

Jika anda tidak ingin dirugikan karena mendapatkan uang palsu, ada baiknya saya kembali mengingatkan agar anda selalu hati-hati dalam menerima uang, terutama jika jumlahnya banyak. Karena dalam jumlah yang banyak, seringkali terjadi hal-hal yang menyebabkan kerugian. Seperti hal yang pernah menimpa saya tahun lalu, diantara jumlah yang saya terima, ternyata terdapat beberapa helai uang palsu. Ouwhh.., forget it!! (jadi sakit hati kalau ingatnya).

Intinya, jika anda tidak ingin mendapatkan kerugian karena ternyata uang yang ada terima terdapat uang palsu, jangan lupa untuk teliti kembali. Jika anda ingin lebih detail lagi untuk cara mengetahui uang asli atau palsu, simak cara berikut :

– Uang 1000 (seribu rupiah).

Untuk membuktikan uang seribu yang palsu, lipat menjadi 2 bagian (vertikal atau horizontal), tekan kuat-kuat, kemudian buka lipatannya. Jika pedang Kapitan Patimura-nya bengkok, itu adalah uang palsu!

– Uang 5000 (lima ribu rupiah).

Cara membuktikannya cukup mudah, ambillah sisir rambut, lalu gesekkan dengan gigi sisir dengan perlahan. Jika jenggotnya Imam Bonjol rontok, itu adalah uang palsu!

– Uang 10000 (sepuluh ribu rupiah)

Lipat sama rata secara vertikal, kemudian setelah kiranya lipatan tersebut sama rata, gesekkan dengan menekan bagian lipatannya kuat-kuat. Jika kumis-nya Sultan Mahmud Badaruddin copot, maka itu adalah uang palsu!

– Uang 20, 50, atau 100rb (berapapun nominalnya).

Letakkan persis diantara depan pagar rumah anda (kalau bisa frekuensi lokasinya banyak dilewati orang), jika uang tersebut hilang secara tiba-tiba, berarti uang itu tidak palsu, alias uang asli!

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*