Cara memantau uptime server blog

Untuk menjaga kepercayaan search engine serta kenyamanan pengunjung blog, website, ataupun toko online yang anda miliki, performa uptime server hosting sudah menjadi hal yang utama. Sederhananya, bagaimana anda akan mendapatkan pengunjung jika ternyata blog anda sendiri sering down. Para pencari informasi yang akan mencarinya di website perusahaan anda akan kecewa jika ternyata website tiba-tiba tidak bisa di akses. Atau bagi anda yang mencari rezeki dengan berjualan online menggunakan toko online, rasa trust calon pembeli anda akan berkurang ketika mereka sedang menelusuri toko online anda satu persatu, namun ternyata aksesnya sangat lambat, bahkan sering down.

Hhmm, semua itu sering banget saya alami. Pelan-pelan, saya menjadikan hal tersebut menjadi sebuah prioritas yang harus terus diperhatikan. Apa lagi kalau bukan memantau uptime server blog yang telah dipercayakan pada salah satu penyedia hosting yang telah di pilih.

Bagaimana cara monitoring uptime server? Yaitu dengan memanfaatkan jasa DownNotifier.com

Sebenarnya bukan hanya DownNotifier yang menyediakan jasa pemantauan uptime server, masih banyak website lainnya yang meyediakan fasilitas serupa. Tapi menurut saya menggunakan DownNotifier cukup simple dan nggak ribet. Tanpa plugin, tanpa harus menyisipkan script, yang yang uniknya pihak mereka akan menginformasikan secara realtime ketika blog anda down melalui email. Dan ini bisa anda lakukan melalui email yang telah disinkronisasikan ke smartphone anda.

Kalau anda ingin mencobanya, silahkan daftar di disini. Silahkan isi url dan email yang akan digunakan untuk memberikan notifikasi jika blog anda down. Setelah itu aktifkan dengan mengklik link konfirmasi yang telah dikirimkan ke email anda. Selesai.

Pada saat website anda down, anda akan mendapatkan notifikasi melalui email seperti screenshot di bawah ini.

Notifikasi saat server down

Dan ketika website anda kembali up, anda akan mendapatkan diinformasikan kembali seperti di bawah ini.

Notifikasi saat server kembali up

Cukup mudah kan. Dengan melakukan pemantauan uptime server anda bisa mengetahui secara detail alasannya dan berapa lama website anda down.

About Andy Febrian 532 Articles

Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*