Cara install plugin WordPress Mobile Edition

Teringat dengan pertanyaan salah satu teman saya kemarin, dia mengatakan bahwa ternyata blog saya lelet banget kalau di akses dari hp. Setelah sekian lama ini, ketika banyak blog/website yang sudah dipasangi plugin untuk membuat blog mobile, alias plugin untuk pengunjung yang mengakses blog dari handphone ataupun smartphone. Seketika itu juga, saya langsung bergegas untuk mengamati statistik blog sampah katro’ tempat saya ngoceh untuk berbagi dan bercerita ini. Ternyata, bisa dikatakan 30 persen pengunjung, setiap harinya adalah pengunjung yang menggunakan hp, terutama menggunakan web browser Opera Mini.

Oh my God, so.. Tanpa pikir panjang, saya pun langsung browsing tentang WordPress Mobile Device plugin. Setelah browsing-browsing, finally saya memutuskan untuk mencoba plugin WordPress Mobile Edition. Jika blog WordPress self-hosting anda belum dipasangi wordpress plugin for mobile device, mungkin anda bisa coba plugin yang satu ini.

Tapi, setelah saya coba menginstal Plugin WordPress Mobile Edition ini secara otomatis, saya mendapatkan peringatan seperti gambar di bawah :

Wordpress plugin mobile edition error

Maka dari itu, saya coba install secara manual. Berikut cara Instal Plugin WordPress Mobile Edition buatan Crowd Favorite :

1. Silahkan download pluginnya di sini.

2. Setelah di download, trus di ekstrak.

3. Setelah di ekstrak, akan terdapat 3 file berupa 1 folder dan 2 file. Yaitu, Carrington mobile 102, read me, dan wp-mobile. Upload file wp-mobile.php ke wp-content/plugin directory (plugin directory) ke blog anda menggunakan FTP.

4. Lalu upload juga folder carrington-mobile-1.0.2 ke dalam wp-content/themes directory (theme directory)

5. Langkah terakhir, silahkan diaktifkan plugin tersebut dari halaman plugin pada dashboard blog anda.

6. Finished.

Setelah saya coba-coba, yang biasanya ketika saya buka blog ini besar file-nya sekitar 180kb, sekarang paling besar sekitar 21kb dari setiap halaman blog saya ini setelah di pasang plugin. Selain itu, tampilan setiap halaman terkesan lebih simple, setiap artikel tampilannya full, meskipun di bagian bawah terdapat info pengembang plugin ini (jika di buka dari hp). Namun kesimpulannya, dengan memasang plugin tersebut saya telah berusaha untuk memberikan kenyamanan, kecepatan, serta kemurahan pengunjung, khususnya pengunjung yang mengakses blog ini menggunakan mobile device.

Jika anda baru punya blog, atau belum pasang plugin wordpress mobile, tunggu apa lagi. Jangan sampe telat sadar kaya’ saya. Karena sekaranglah saatnya 🙂

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

9 Comments on Cara install plugin WordPress Mobile Edition

  1. sebelumnya saya langsung upload semua pluginnya, tapi kenapa belum bisa aktif.. setelah cari tau, akhirnya ketemu blog ini.. makasih .. sukses slalu mas

  2. setelah saya coba klik link downloadnya malah muncul !This plugin hasn’t been updated in over 2 years. It may no longer be maintained or supported and may have compatibility issues when used with more recent versions of WordPress. apa nunggu di update wordpress ya ?

    @Jeli : Kaya’nya ini plugin udah disable mas, udah gak update & nggak bisa digunakan lagi. Coba search plugin lain, banyak kok alternatif untuk WordPress Plugin anti copas Mas.
    Semoga membantu 🙂

  3. Setelah aku UPLOUD ada muncul keterangan seperti ini : Installing Plugin from uploaded file: wp-mobile.php
    Unpacking the package…
    The package could not be installed. PCLZIP_ERR_BAD_FORMAT (-10) : Unable to find End of Central Dir Record signature

    @Mito : Mungkin ada script yang error di file directory kali Mas, seharusnya bisa kok. Plugin ini simple menurut saya instalnya, tinggal upload and done.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*