Cara edit video dan menambahkan teks / subtitle dari Android

Cara edit video di android

Android memiliki banyak aplikasi yang bisa didapatkan dengan bebas melalui Google Play. Setiap aplikasi yang ada pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk dalam hal aplikasi untuk edit foto di Android. Tapi jika anda ingin menambahkan teks atau subtitle pada video original yang memang anda rekam sendiri, bukan hal yang mustahil untuk melakukan editing melalui perangkat Android yang anda miliki.

Aplikasi VideoShow. Yup, anda hanya membutuhkan aplikasi tersebut agar bisa menambahkan teks pada video anda. Apa kegunaan subtitle pada video sih sebenarnya? Menurut saya cukup penting, karena dengan teks yang bertuliskan nama anda, setidaknya itu akan memberikan nilai plus tersendiri pada video tersebut.

Bila anda seorang Youtuber, sedikit banyaknya saya yakin anda akan mengerti mengenai hal ini. Bila anda seorang blogger, saya juga yakin anda tahu manfaatnya. Kemudian bila anda adalah seorang Vlogger dapat memberikan kelebihan tersendiri bagi video tersebut. Pada intinya, proses editing dengan menambahkan subtitle bertujuan untuk daya tarik atau keaslian mengenai video tersebut. Apalagi jika anda menambahkan credit link dengan alamat blog, social media, atau brand anda, sudah pasti ini akan menjadi nilai plus kan. Sekarang kita kembali ke topik.

Yang terutama adalah, anda harus sudah menginstal aplikasi VideoShow-nya ya. Jika belum, silahkan download dan instal dulu. Cari di Google Play dengan keyword VideoShow, atau agar lebih mudah bisa dari sini.

Cara edit video dari Android menggunakan aplikasi VideoShow

1. Buka aplikasi VideoShow, kemudian pilih video edit, silahkan pilih video yang akan anda edit.

2. Setelah anda masuk ke halaman Video Editor, pilih menu Pro Edit, lalu pilih Subtitle dan klik tanda plus / tambah yang terdapat pada bagian bawah di menu Subtitle.

3. Silahkan anda isikan tulisan sesuai dengan yang anda inginkan. Anda bisa menyesuaikan ukuran font serta posisinya dengan cara drag and drop.

4. Setelah anda merasa semuanya sudah sempurna, silahkan save video yang telah di edit dengan cara mengklik tombol panah yang berada di posisi sudut atas sebelah kanan. Save to gallery, kemudian pada halaman Export Video silahkan pilih ‘Fast Mode’ atau ‘HD Mode’.

5. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi VideoShow selesai melakukan exporting. Biasanya proses exporting ini akan memakan waktu 10-15 menit, akan bergantung kepada kapasitas RAM Android anda serta durasi video yang di edit.

Bambam.., sekarang video anda telah selesai di edit menggunakan tulisan atau subtitle dan siap untuk di posting di Youtube.

Cukup mudah dan praktis kan. Jadi selanjutnya kalau ingin melakukan edit video melalui Android, silahkan lakukan cara yang sama seperti di atas. Oh iya, bukan hanya menambahkan teks, tetapi VideoShow juga memiliki fitur yang memungkinkan anda untuk melakukan cut, compress, dan melakukan convert video menjadi mp3. Silahkan bereksplorasi.

Baca juga : Cara instal TeamViewer di Android

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*