Cara antisipasi bad mood

Cara usir bad moodMerasa kurang bahagia, gelisah, merasa kurang senang, semua yang berujung pada bad mood pada dasarnya hanya akan menambah beban semakin bertambah. Perasaan negatif tersebut secara tidak langsung akan membuat anda menjadi sosok yang tertutup, atau tidak tertutup kemungkinan dijauhi oleh orang-orang di sekeliling anda.

Ada berbagai cara yang sebenarnya cukup efektif untuk membuat diri anda menjadi lebih bahagia, atau setidaknya membuat keadaan / perasaan anda menjadi lebih baik. Keadaan atau kondisi perasaan biasanya memang cenderung bersikap fluktuatif, hanya karena hal sepele yang bersifat negatif dapat merubah sikap anda menjadi terbawa suasana. Maka dari itu ada beberapa hal yang saya dapat dari berbagai sumber mengenai cara mengusir bad mood yang mungkin bisa anda terapkan.

1. Tersenyum

Coba lihat sekeliling anda, rasakan betapa banyak hal-hal yang sebenarnya seharusnya membuat anda tersenyum. Kenapa anda harus menyembunyikan senyum ketika mentari pagi tersenyum kepada anda? Atau mengapa anda justru membuang muka di saat seharusnya anda harus tersenyum kepada orang-orang yang menyapa anda dengan senyuman? Ya, senyuman memang hal yang sangat simple, namun bagi saya pribadi, hal ini yang sebenarnya seringkali terlupakan oleh banyak orang, sehingga tidak jarang mereka justru tertutup auranya sendiri karena susah tersenyum. So, cobalah untuk tersenyum, maka dunia akan tersenyum pada anda.

2. Berfikir, dan berkata positif

Dalam situasi tertentu, berikif positif memang terasa sulit. Namun jika di lihat dari kenyataanya, toh banyak sekali peluang di balik suatu kejadian. Maka, cobalah untuk memikirkan peluang-peluang lainnya ke arah yang lebih positif jika anda dihadapkan oleh hal-hal yang membuat anda menjadi negatif thinking. Selain itu, cobalah untuk menjaga perkataan. Tidak ada salahnya memberikan pujian kecil terhadap sahabat, teman, keluarga, atau siapapun yang ada di sekeliling anda yang menurut anda pantas untuk mendapatkan sebuah pujian. Dengan mengungkapkan kata-kata positif sedikit banyaknya anda akan terbawa kepada arah yang lebih baik dari sebelumnya sekalipun keadaan anda sebenarnya (mungkin) sedang berada pada perangkap bad mood. Berfikir positif, berkata positif, dan rasakan betapa indahnya hari-hari yang anda jalani.

3. Berhenti mengeluh

Sekecil apapun keluhan anda, percayalah itu HANYA akan membuat dunia terasa semakin sempit. Percaya atau tidak, tapi saya yakin bahwa anda sebenarnya sering membuktikannya. Ingatlah bahwa ada hal baik di balik kejadian yang menyebabkan anda harus mengeluh. Cobalah untuk menerimanya dengan ikhlas, menjalaninya, dengan sebuah centilan kecil untuk introspeksi diri. Karena seperti kalimat bijak yang mungkin pernah anda dengar, bahwa ada sisi baik dari setiap kejadian dan selalu ada hal-hal baik yang harus disyukuri setiap harinya.

4. Menemui teman atau keluarga

Orang terdekat merupakan salah satu pengusir bad mood yang cukup ampuh, apalagi jika anda menganggap orang tersebut sebagai pribadi yang menyenangkan. Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk menemuinya, siapa tahu anda akan mendapatkan solusi terhadap hal-hal yang menurut anda menjadi beban fikiran. Atau siapa tahu, anda akan menemukan good mood ketika anda telah bertemu dengannya. Mungkin itu keluarga, sahabat, teman, atau siapapun dia, percayalah bahwa akan menawarkan kegembiraan yang akan mengusir bad mood anda.

5. Cukup istirahat dan bangun lebih awal

Porsi tidur yang cukup akan berpengaruh terhadap konsentrasi dan kesehatan. Dengan menjaga waktu istirahat yang cukup, anda sebenarnya telah menjaga kondisi tubuh anda menjadi lebih bugar. Selain itu, cobalah untuk bangun pagi lebih awal. Karena melakukan sesuatu dengan buru-buru saat pagi hari akan menciptakan bad mood yang akan mempengaruhi diri anda dalam menjalani detik-detik selanjutnya pada hari itu. Usahakan untuk bangun sedikit lebih pagi agar anda bisa lebih santai dalam melakukan kegiatan ataupun aktivitas yang telah anda rencanakan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*