Cara aktifkan Blogspot template for Mobile

Mengingat kenyamanan dan kecepatan untuk pengunjung yang mengakses blog melalui handphone, maka merubah tampilan blog versi mobile menjadi suatu kewajiban. Tapi yang jadi permasalahan adalah, bahwa blog gratisan dengan platform Blogger atau lebih di kenal dengan blogspot belum mendukung untuk merubah templatenya ke dalam versi mobile. Wajar jika blog yang menggunakan blogspot terasa lambat ketika di akses lewat hp, apalagi kalau koneksi internetnya lelet, tambah parah deh. Dan hal tersebut merupakan faktor utama (bagi saya) ketika browsing atau blogwalking ke blog-blog tetangga yang menggunakan blogspot.

Tapi ntar dulu, itu adalah kemarin! Karena sejak launching tampilan baru Blogger tanggal 1 Agustus kemarin, ternyata masalah ini sudah ada solusinya. Pada Blogger new interface atau tampilan baru Blogger saat ini sudah tersedia feature Blogspot Template for Mobile.

Cara mengaktifkan tampilan blogspot untuk versi Mobile adalah,

Pertama-tama, bagi anda yang belum merubah account Blogger-nya ke tampilan baru, silahkan di rubah dulu ke Blogspot New Interface dengan mengkliktry the updated Blogger interface’ (posisinya di sebelah kanan atas). Setelah itu klik template, klik setting (gambar yang saya beri tanda merah), trus pilih “Yes,show mobile template on mobile devices”. Untuk memilih tampilan yang pas, silahkan anda pilih sendiri. Karena untuk tampilannya kan pasti berbeda-beda seleranya. Kalau rasanya sudah ok, klik SAVE. Selesai..

Merubah Blogspot ke versi handphone Merubah Blogspot ke versi handphone

Sederhana kan.., yang pastinya tidak serumit WordPress Mobile Edition untuk versi blog WordPress. Karena setelah di coba, untuk merubah Blogspot ke versi handphone lebih gampang. Selain itu juga ini menjadi salah satu kelebihan tampilan baru Blogger selain feature statistic blog yang lebih mudah untuk di monitor. Tinggal klik, klik, klik, selesai deh 🙂

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

3 Comments on Cara aktifkan Blogspot template for Mobile

  1. Bos.. Uda pernah nyoba, tapi koq tetep ga bisa ya?? Taunya uda aktif gmana?? Krn setelah diubah, gambar tampilan mobilenya tetep tertulos disabled. Thx..

    @ Andika : Kalo udah aktif bakalan tertulis enable di settingan mobile template-nya. Mungkin ente bukan pake template bawaan Blogger kali ya? Kalo iya, bisa jadi karena itu. Soalnya semua blog ane pada pake template bawaan Blogger & bisa aktif semua kok template for mobile-nya.
    Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*