Corat-coret setelah lulus, salahkah?

Berhubung sudah keluarnya informasi tentang Kelulusan Ujian Nasional, tiba-tiba saya jadi teringat tentang masa SMA. Yahh.. meskipun nggak indah-indah banget, tapi dari tadi saya ketemu sama banyak anak-anak SMA yang corat-coret bajunya demi merayakan kelulusan. Kalau saya lihat, sepertinya mereka sangat senang dan berbangga hati meskipun bajunya penuh dengan corat-coretan, malahan sampe rambut atau mukanya. Bisa dimengerti…, karena saya juga pernah melalui keadaan seperti itu [halah, sok dehhh]

Setelah di cek n ricek…, ternyata kebahagiaan tersendiri dalam corat-coret baju setelah kelulusan memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi siswa. Karena setelah saya menanyakan (secara pribadi) kepada teman-teman saya, mereka juga merasakan hal tersebut. ‘Bangga merayakan kelulusan dengan corat-coret’. Kesan seolah “Biarkan dunia tahu bahwa aku lulus…” menjadi sebuah ekspresi dari coretan-coretan di seluruh badan. Tidak salah memang jika budaya corat-coret baju menjadi sebuah hal yang sering kita temui setelah informasi kelulusan ujian nasional keluar.

Tapi yang jadi masalah, kadang-kadang budaya corat-coret setelah kelulusan menjadi sebuah fenomena yang kontroversial. Bahkan saya dengar kabar terbaru, “Siswa dilarang merayakan kelulusan dengan corat-coret”.

So.., siapa yang mau disalahkan. Siswa, atau budayanya?!? Yang penting.., asal hal tersebut tidak terlihat negatif/anarkis, menurut saya wajar jika mereka semua merayakan kemenangan dengan cara tersebut. Salah atau tidak.., tergantung pribadi masing-masing.

Sebelum ditutup nih berhubung perut udah keroncongan, andy mau ngucapin, “Selamat ya..” bagi kamu yang udah lulus. Perjalanan masih panjang, sekarang mungkin awal dari perjuangan kamu, karena harus nyambung kuliah, cari kerja, n… kawin dah (terserah mau kawin atau kuliah duluan, yang penting pendidikan adalah prioritas). Sedangkan bagi yang belum lulus, jangan so sad gitu dunk, anggap saja usaha kamu belum maksimal. Bagi yang mendapatkan kesempatan ujian ulang, jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Yakinlah kamu bisa dan sebenarnya memang patut untuk lulus!

Tetap berjuang ya kawan…

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*