Bingung amankan THR? Ini caranya..

Bicara tentang lebaran, pasti identik dengan Tunjangan Hari Raya, atau sering di sebut dengan THR. Bagi kamu yang dapat THR, bersyukurlah. Karena setidaknya uang tersebut bisa dipergunakan untuk membantu biaya atau pengeluaran ketika lebaran nanti. Tapi, jika tidak disiasati dengan baik, THR pasti akan terasa kurang. Meskipun nominal dari THR berbeda-beda, tapi dengan manajemen yang baik, yakinlah bahwa ternyata uang tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal.

Sekedar berbagi info dari salah satu my lovely forum, berikut cara mensiasati THR agar efisien serta tidak langsung habis karena terbuai oleh angin konsumtif menjelang Hari Raya. Penasaran? Berikut tips mengamankan THR :

– Buatlah anggaran belanja

Angin untuk bersifat konsumtif menjelang lebaran adalah hal yang biasa. Mengingat melonjaknya kebutuhan untuk menyambut lebaran, secara otomatis pasti kamu ingin belanja. Jangan lupa untuk menyusun anggaran belanja dari jauh-jauh hari. Buat skala prioritas untuk menghindari belanja barang-barang yang rasanya tidak perlu. Tetaplah fokus terhadap pengeluaran wajib, seperti memberi tunjangan untuk orang-orang yang menurut kamu memerlukannya, membayar zakat, juga membeli makanan atau minuman. Posisikan baju baru dan barang lainnya di urutan yang ke sekian.

– Jangan terjebak tradisi

Jangan terjebak tradisi yang mengharuskan lebaran dengan baju baru. Jangan pula memaksakan diri untuk memberi angpau jika kamu tidak memiliki dana yang cukup. Intinya, sesuaikanlah aktivitas kamu dengan kondisi keuangan.

– Berfikir hemat dengan cara membuat sendiri

Kamu mungkin bisa saja memesan makanan / minuman yang super nikmat untuk hari lebaran agar terkesan praktis. Tetapi jika tidak memiliki cukup dana, tidak ada salahnya untuk mencoba memasa/membuat sendiri dengan resep-resep makanan yang harga bahannya terjangkau. Agar terlihat lebih seru, tidak ada salahnya mengajak keluarga atau teman untuk membuatnya bersama-sama atau sekedar saling bertukar menu.

– Tabung sebagian

Kalau rasanya memungkinkan, sisihkanlah 10 persen dana THR yang kamu dapatkan untuk di tabung. Semakin besar porsi untuk di tabung akan semakin baik. Percayalah, kamu akan merasa betapa nikmatnya tidak mempunyai hutang setelah Idul Fitri. Kalau ingin membeli barang, belilah yang bersifat investasi.

– Sisihkan untuk melunasi hutang

Kamu bisa juga manfaatkan sebagian THR untuk melunasi hutang. Memang rasanya akan sia-sia ketika melihat THR hilang begitu saja tanpa membeli barang apapun. Tapi ketika Idul Fitri berlalu, kamu juga akan merasakan kenikmatan hidup tanpa hutang.

Mengikuti tradisi rasanya adalah hal yang  wajar jika tidak bersifat memberatkan, namun bukan berarti kamu harus bersifat boros dan menghambur-hamburkan uang. Ingatlah kembali, bahwa di balik Ramadhan terselip sebuah makna yang mengajarkan kita untuk mengendalikan nafsu dan keinginan.

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*