Apakah dia benar-benar cinta sama kamu?

Pasti kamu merasa seneng banget kalau kamu baru menjalin suatu hubungan dengan seseorang. Selain itu juga merupakan suatu kebanggaan jika kamu bisa menaklukkan hatinya hingga mendapatkan pujaan hati kamu, apalagi kalau kamu sudah berjuang mati-matian untuk menaklukkan hatinya. Tapi, satu hal yang perlu kamu ketahui, “Apakah dia benar-benar suka sama kamu?!”, atau “Apakah dia benar-benar mencintai kamu dengan tulus?!”. Semua itu akan lebih baik kalau kamu segera mengetahuinya sebelum kamu memberikan seluruh perasaan kamu sebelum kamu akhirnya mengetahui bahwa ternyata dia tidak mencintai kamu dengan tulus.

Ini kelihatannya memang sepele. Tapi bisa kamu buktikan dengan bertanya pada teman-teman kamu, mungkin ada beberapa (atau bahkan banyak) yang pernah mengalami hal seperti ini. Tapi bagi yang ingin menjalani suatu hubungan yang serius, alangkah baiknya jika kamu melakukan sejumlah test. So, kalau kamu mau nge-test apakah dia benar-benar mencintai kamu atau tidak? silahkan di lanjut.

>> Perhatikan cara dia menatap kamu

Tahukah kamu, bahwa mata bisa menggambarkan keadaan hati seseorang. Selain itu, sebagian orang ada yang bisa mengetahui apakah seseorang itu bohong atau tidak hanya melihat dari gerak mata seseorang. Kalau kamu ingin tahu apakah dia benar-benar suka sama kamu, maka dengan feeling kamu bisa mengerti dan mengetahui jawaban dari pertanyaan kamu itu.

>> Perhatikan tingkah lakunya

Tingkah laku, atau saya menyebutnya dengan gelagat. Maksudnya, kalau si dia benar-benar tulus menyayangi kamu, dengan senang hati si dia akan mendengarkan setiap saran/nasihat dari kamu. Bahkan, apapun mau dilakukannya hanya demi dan untuk kamu meskipun sebenarnya itu adalah hal yang tidak di sukainya. Tapi kalau gelagat-nya terlihat plin plan, suka tidak tepat janji, atau suka menyepelekan hubungan kamu. Sambil menjalani hubungan tersebut, tapi kamu harus hati-hati dan juga memerlukan sedikit waktu untuk menjawab keraguan kamu hingga kamu merasa yakin bahwa dia memang benar-benar mencintai kamu.

>> Perhatikan apakah dia merasa nyaman jika berada di sisi kamu

Siapapun menginginkan rasa nyaman. Baik itu cewek atau cowok, pasti selalu ingin mendapatkan perasaan nyaman. Nah, disini kamu bisa melihat apakah dia merasa nyaman, senang, atau bahagia ketika bersama kamu.

>> Selalu ada ketika kamu lagi susah

Disinilah kamu bisa menilai dan mengetahui tentang pengorbanan. Bukan hanya dengan si dia, bahkan dalam kondisi seperti ini kamu bisa menilai apakah seorang teman kamu layak untuk dikatakan sahabat sejati atau tidak. Jadi disini, kalau dia benar-benar tulus menyayangi dan mencintai kamu, maka dia akan selalu ada ketika kamu sedang senang ataupun susah.

>> Kamu adalah kebanggaannya

Maksud disini, apakah dia merasa bangga memperkenalkan kamu dengan teman-temannya? Memang ini tidak bisa menjadi tolak ukur yang ampuh. Tapi setidaknya, tapi setidaknya disini kamu bisa menilai apakah si dia merasa senang/bangga memperkenalkan kamu dengan teman dekatnya, dengan komunitasnya, atau juga dengan keluarganya. Karena logikanya, jika dia senang dan bangga melakukan itu, sebenarnya dia sedang berusaha untuk memberitahukan pada semua orang bahwa kamu adalah miliknya.

Kaya’nya cuma itu. Semoga kamu bisa menilai dan mengetahui jawaban “Apakah dia benar-benar mencintai kamu dalam hubungan kamu saat ini. By the way, kalau ada yang mau menambahkan, silahkan 🙂

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 521 Articles
Menyukai dunia web development, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

13 Comments on Apakah dia benar-benar cinta sama kamu?

  1. Hai kak,,, Baru masuk aku 🙂
    Aku pengen cerita nih kak, Aku punya mantan tpi sekelas dgn aku, udah stgah tahun putusnya, tapi kok sulit banget gitu lupain dia :'(
    aku udah coba lupain dia dgn srius dgn org lain, tpi gak prnah brhasil kak :'(
    hubungan aku juga skrg tuh udah gak bisa diblg tman lagi kak :'( di kelas, kami tuh udah gak prnah sama2 lgi. yah sprti prtma kali bertemulah kak.
    bnyak tman aku blg tuh kak, si R tuh masih syang jga sma aku, tpi shabatny R itu blg kllo R itu udah naksr cwek lain. 🙁
    Aku sih sbnarnya pengen balik kak, tpi diany gak prnah lgi mau ngasih snyal2 ke aku 🙁
    yah,, nahan sakit hati lah kak…

    nah yg mau aku tnyakan,
    apa sih tandany kalo mantan itu msih syang sma kta?
    trus cara mdah untk back tuh gi mana kak?

    @Yemima : Menurut saya nih, tanda mantan pacar masih ada feeling / perasaan ke kita adalah, masih suka curi-curi pandang, kalo ketemu kita ngerasa salah tingkah, mukanya keliatan bete kalo liat kita sama cow lain, trus yang terakhir adalah doi keliatan senang kalo ada / dekat sama kita. Tambahan, kalo banyak teman2 yang bilang doi kirim salam / sering nanya2 kita juga bisa jadi suatu tanda bahwa doi sayang sama kita.
    Coba aja liat tanda2 di atas, kira2 ada nggak.
    Semoga membantu ya 🙂

  2. hai kak..
    aku mau curhat neh…
    aku udah pacaran selama 1th. tapi selama setahun itu dy slalu maen kerumah mantannya,katanya sih dy n keluarga mantannya dekat bgt,jadi gak mw klu hub silaturahmi sm keluarga mantannya sampai putus,walaupun dy dh putus sm mantannya.
    oke,gak pa…
    tapi yg bikin aku kesal.. klu kami lg jalan,pasti dibatasi. gak boleh lewat sini lh,gak boleh lewat situ lh.. takut jumpa mantannya lh,takut berpas2n sama mantannya. takut mantannya marah n cemburu krn mantannya masih cinta sm pcrku. pacarku slalu bilang,dy gak mw mantannya itu sampai mengganggu hubungan kami,makanya dy melakukan itu.
    aku kesal dy lebih menjaga n mementingkan perasaan mantannya dibandingkan perasaan aku.
    tiap kali aku slalu bilang klu aku gak suka dengan sikapnya yg seperti itu.. tpi dy slalu aja membela mantannya dengan dalih demi masa depan kami…
    menurut kakak pacarku itu sebenarnya cinta gak sih sama aku..?
    apa yg harus aku lakukan untuk menghadapinya,rasanya aku capek bersabar terus selama setahun ini…

    @Tiwi : Susah juga sih ya menurut saya kalo berada di posisi kamu. Tapi intinya, menurut saya doi sih masih ada feeling sama mantannya. Soalnya kan ya kamu bisa menilai sendiri lah. Solusinya kalau saya jadi kamu, ya harus tegas walaupun rasanya mungkin susah. Bicarakan secara baik2 bahwa kamu nggak suka sama sikap doi yang seperti itu. Kemudian tanyakan apakah doi serius sama kamu? Kalau ya, usahakan kamu mendapatkan jawaban yang bisa membuat kamu percaya. Karena harusnya kan perasaan kamu yang lebih di jaga sama si doi, bukan perasaan mantannya.

    Semoga bisa mengerti & terbantu dengan ilustrasi di atas. Thanks sudah mampir ya sist 🙂

  3. Gw pengen tanya nech,,ada sang mantan tp dia putusan sm gw krna dia clbk sm mantan lama’a tp skrang dia udah putus,,,disaat dia sdih gw slalu ada buata dia,,,apa dia bsa blikan lg sm gw

    @Agus : Bisa jadi mas bro, apalagi kalo ente niatnya tulus. Sense doi pasti ngerasa bahwa ente bener2 sayang sama doi. Tapi jangan terlalu berharap, intinya kalau ente emang melakukan itu dengan ikhlas, insya Allah bakalan ada keajaiban.
    Semoga membantu

  4. ka aku mau curhat nih … Aku pacaran baru 3 bulan dan sekarang jalan 5 bulan kita tuh udah tunangan gitu ka .. emang sih terlalu cepat tapi komitmen aku sama dia tuh pengen seriusan ga mau maen2. nah ka aku ngerasa risi kesel
    sama tunangan aku ini tiap kita jalan bareng .. dia tuh jalan sama aku tuh kaya yang malu gitu , tiap kita jalan dia tuh suka ngejauh kalo ga ngejauh ya cuek cuekan.. terus sekalinya romantis dia tuh selalu komentar sama penampilan aku gitu
    nah yang aku mau tanyakan .. sebenernya dia tuh kenapa ya ka ko sikapnya kaya gitu ? sebenernya di sayang ga sih sama aku ? ko tiap jln bareng selalu kaya gitu?

  5. memang gerak tubuh itu dapat menyampaikan yang tidak dapat disampaikan dengan mulut. bisa banyak belajar dari ini untuk memahami seseorang

  6. ka. mau nanya. aku lagi deket sama cowok nih. yah kira-kira semingguan lah. kami udah ngomong cukup serius. maksudnya dia ga bisa kasi keputusan buat pacarin aku karena perbedaan umur kami yang jauh. 7 tahun bedanya. dia takut kalau kami uda pacaran pas ke orangtua itu ga setuju. soalnya dia uda beberapa kali gitu sama mantannya. nah, aku nih ga mau jadi orang yang di PHPin tapi menurut aku hubungan kami semacam hubungan tanpa status. kami saling suka, tapi kami ga bisa ambil keputusan apapun tentang hubungan kami. terus kalau chat gitu hampir aku yang cari dia terus. kadang dia cuma baca ga dibalas. kalau balas pun uda seling berjam-jam. aku sempat curhat sama sahabat aku. katanya sih mending aku gituin dia juga. akhirnya aku coba. ga bisa gimana dingin sama dia. uda terlalu sayang soalnya. aku bingung sama sikapnya yang begitu. kami sempat sekali dua kali jalan sih. nonton gitu.
    sebaiknya gimana ya kak?

    @Lysa : Menurut saya nih ya, keseriusan seseorang dalam menyayangi pasangannya akan terlihat ketika dalam caranya berkomunikasi, termasuk ketika chat. Berhubung sikapnya yang seperti itu, kemudian selain itu masih belum memberikan kepastian, sebaiknya kamu jangan terlalu berharap banyak sama doi. Ya meskipun bagi kamu sulit, tapi secara real-nya kamu kan bisa menilai sendiri bagaimana sikap doi sama kamu sekarang ini. Seperti gantung hubungan, tanpa kepastian, kurang respect, dan saya yakin ada hal lainnya yang mungkin belum kamu sadari.
    So, itu saran saya. Semoga kamu bisa mendapatkan yang lebih baik dari doi yah.

    Semoga membantu 🙂

  7. Hy Kak . .
    Aq Mw Cerita , Aq Lg Jalanin Hub Ama Cowok Aq Sdh Berjalan Tepat.A 6 Bulan . Kami Punya Komitmen Untuk Menikah Di Tahun Depan . Cm Dlam Satu Bulan Belakangan Ne Kami Sering Bertengkar Entah Dri Masalah Spele Menjadi Besar,terkadang Aq Yg Sllu Memulai Dya Sllu Mengalah . Malah Aq Merasa Jenuh Dan Ilfill Makin Kesini . Pertanyaan Aq Apa Msh Bsa Harmonis Hubungan Kami Jika Aq Merasa Jenuh,dan Apakah Bisa Berjalan Lancar Sampai Ke Pelaminan ? Apakah Harus Aq Akhiri Saja.Sdh Berkali2 Aq Putuskan Dya Namun Dya Sllu Menolak Malah Mw Bunuh Diri Di Dpn Aq

    @Stella : Menjalani hubungan yang berlandaskan hanya karena kasihan / keterpaksaan tidak akan harmonis. So, coba kamu pahami kembali apakah kamu rasanya harus melanjutkan ke jenjang yang selanjutnya sama si doi, atau mengakhirinya. Semoga membantu

  8. kak, mau nanya nih..
    aku punya gebetan yang sekelas dengan aku, kami cukup dekat dan hampir jadi pacar setelah kira kira 2 bulan ternyata teman baikku diam diam ngejar gebetanku juga padahal dia sudah punya pacar dan teman saya berkeras kepala agar aku menjauhi gebetanku dengan berbagai ancaman.. gebetanku juga jadinya canggung dengan aku karena takut mengganggu pertemanan kami, jadinya aku harus bagaimana kak? ditambah lagi sekarang teman saya sudah putus dengan pacarnya

  9. Kak, mau curhat ne ,,
    Gene , aku punya mantan namanya Grace ….:D gua sebutin aja dehh..
    Gene , ceritanya aku masih suka sama nya …Udh putus selama 1 1/2 tahun
    terus masalahh nya , Ntah kenapa dia jadi aneh sifatnya , Aku sms , gak di bale

  10. aku mau pndpat and solusi dri ka’.
    aku puny cow,hub kmi udh 2thn,awal pcran aku prnh sia2’n dia,tpi skrang aku udh cynk bnget sma dia,udh gk ulngi yg dlu..smnjk kjdian itu,dia udh gk prcy sma cynk aku ke dia smpai skrng..dri yg ka’ blng di ats,smuanya ada di dia,tapi ktka kmi lgi brtngkar,dia psti cuek,jtek,mrah nya lma and gk ada nghubngi,bhkan gk kliatn cynk nya dia.wlpun aku udh mntk maaf,dia ttp mrah,tapi aku brsha sbar,dia cmbruan bnget,egois jga..skrng aku lgi brtngkar sma dia,krna aku mrsa sdkit jnuh dgn sfat nya dia yg dkit2 mrah krna cmbru,kmi jga lgi LDR skrng,aku cba buat gk nghubngi dia,tpi mlah dia tmbh mrah..mngkn jga dia mrah krna gk prcy sma cynk aku,gmna bkin dia prcy ka’?
    gmna ka’ dia itu sbnrnya,bnrn cynk aku atau gmna ?
    gmna juga aku hrus hdpi dia?

  11. kak, mau curhat nih. ingin tau apakah dia sayang dan cinta sama aku ga? soalnya sebentar lagi menikah, dan pernikahan kami itu dilandasi oleh perjodohan. aku tidak masalah d jodohkan asalkan dia baik, perhatian, tanggung jawab dan tulus, tapi aku ga tau perasaan dia kayak gimana ke aku sedangkan dia punya mantan namanya dewi yang hubungannya itu 5 tahun lebih lama dibanding denganku yang baru kenal 2 bulan. 2 bulan ini selalu banyak masalah, kadang dia egois sekali. dua cuek sekali, sms aja harus aku yang duluan. sempet sih ga sms dulu karena pengen ngetes dia, tapi dua hari aku nunggu kok ga sms sih. apa dia belum ada rasa yah? terus dia juga marah gitu kalau aku ngecek hp dia, tapi d bilang aku suka suudzonan gt. kadang hampir 2 kali mau batal menikah gara-gara hal sepele doang. dan aku sudah berusaha mempertahanin dia kok dianya kayak yg kelihatan ga mempertahanin. bilangnya “udah lah aku capek banget sama tingkah km yang kekanak-kanakan dan suka suudzonan wae”, pdhal aku masih bimbang, apa dia bener bakal bahagiain aku pas sudah menikah. aku takut kalau sudah menikah bukannya bahagai tp menderita karena keegoisan dia dan sikapnya yang cuek banget. manggil sayang aja kagak pernah, boro-boro manggil sayang, sms untuk ngasih perhatianpun kagak pernah. jd seolah-olah yang di salahkan ini aku pdhl sebenarnya sikap dia yang membuatku ga tahan. aku takut dia belum move on sama mantannya. apa iya hubungan 5 tahun sulit move on dan jd cuek sama orang yang sebentar lg akan menjadi pasangan hidupnya?

    @Rita Esha : Sulit bagi saya untuk menebak mengenai karakter dan bawaan doi selama berhubungan sama kamu. Pernikahan harus dilandasi dengan perhitungan dan kepastian hati yang benar-benar matang. Karena bukan sekedar hidup satu atap dengan pasangan, tetapi menyatukan dua perbedaan dari berbagai hal, termasuk salah satunya adalah sifat (yang mungkin tidak kamu sukai).

    Menurut saya, kalau masih ragu-ragu, biarkan aja hati kamu sendiri yang memastikan kapan waktu yang tepat untuk mengambil keputusan tersebut.

    Maaf tidak bisa banyak kasih masukan, takut salah paham nantinya. Semoga membantu ya 🙂

  12. Permisi kak saya mau curhat… !!!
    Saya pacaran dah setahun lebih dan saya bener bener sayang sama dia, tapi dia sering bohongi saya, suatu hari dia pernah nelfon cowo, kalo saya nanya “ghi fonan ma kk” itu ktanya, trus lama klama’an ktahuan klw yg dia telfon atau di tmui itu bkan kknya, trnyata selingkuhannya. Trus aku putusin, eh,, dia minum racun, hampir mati, trus dia ngmng klo dia mau balikan, trus ya aku terima lagi, karna aku masih sayang dan tkt kalo dia lebih nekat,,,!! Trus hubungan kita lanjut lagi, tapi gax semudah itu aku nglupain ksalhannya, seiring berjalannya waktu, saya bisa lupain semuanya, gax 100% sih,,, tapi dia sadar bahwa dia telah bersalah, dan dia mau nglakuin apapun demi aku, akhirnya saya test, hal yang gak bisa dia lakuin, tapi ternyata dia sanggup nglakuinnya demi saya,, hingga saat ini sudah setahun lebih hubungan ku dengan dia berjalan, akhirnya dia minta aku tuk ngelamar/tunangan, tpi umur saya masih 20 sdangkan dia baru 18, ya saya jawab “insyaallah klw saya siap dan ada modal” tpi dia terus maksa…??
    Yang jadi pertanyaan nya,
    Hingga saat ini saya belum bisa nglupain kesalahan dia yang dulu”,,?? Satu lagi kak
    Aapakah gak kemuda’an sayanya buat tunangan,???
    Makasih banyak ka sebelumnya…

    @Afip : Itulah mengapa sebuah kepercayaan tidak boleh disia-siakan, karena ketika sudah ternoda, maka akan susah untuk mengembalikan seperti semula lagi. Tapi dalam kondisi ini, biasanya rasa cinta dan sayang mampu mengalahkan dan menerima hal apapun baik serta buruknya, termasuk karena kamu sudah pernah dibohongi sama doi. Jadi, kalau kamu sudah memberikan test dan kesempatan untuk memberikan kepercayaan pada doi, sudah seharusnya kamu membuang atau melupakan pengalaman dari kejadian tersebut. Meskipun rasanya susah, tapi begitulah lika likunya dalam berhubungan. Karena tidak ada di dunia ini yang sempuna, apalagi manusia.
    Bicara masalah tunangan, itu relatif. Karena kedewasaan seseorang bukanlah di nilai dari umur, tetapi bagaimana cara seseorang dapat menyelesaikan masalah dan setiap tindakan yang harus dilakukan. Tunangan juga tidak menjamin kok doi bakalan jadi istri kamu, karena sebuah pengikat yang benar-benar resmi dan sakral adalah sebuah pernikahan. Saran saya, coba berikan penjelasan dan gambaran yang rasanya mudah dipahami sama doi, berikan dia pengertian bahwa rasanya usia masih belum berada pada keadaan yang siap. Jalani saja hubungan kamu seperti air yang mengalir, toh kalau jodoh tidak akan kemana. Menurut saya pribadi, di usia 20 tahun masih sangat muda, idealnya adalah minimal 24 tahun bagi laki-laki. Tapi itu cuma pandangan saya lho ya, jadi jangan merasa bahwa itu adalah mutlak. Karena kalau kamu merasa sudah siap, ya mau nikah sah-sah saja, asalkan ingat, jadikan pernikahan ini hanya sekali seumur hidup (jika Tuhan mengizinkan). Karena akan banyak ujian yang akan dihadapi pada masa-masa setelah pernikahan nanti.

    Trims ya Afip sudah mau sharing disini, semoga membantu.
    Jangan lupa berkunjung kembali kesini ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*