Antara ngeblog & monetisasi blog

Mungkin banyak para blogger yang dilemma dengan keadaan sekarang ini, kalau dulu adsense adalah sebuah bisnis yang bagus dan selalu dipelajari triknya untuk memaksimalkan earning, tetapi sekarang perlahan popularitas adsense semakin hilang turun. Untuk sekarang ini, justru bisnis review menjadi kiblat dalam menghasilkan dollar, seperti Smorty, Blogvertise, dan SponsoredReviews. Belum lagi karena rasa penasaran saya masih belum hilang dan puas, selain program review ketiga itu saya mencoba mendaftarkan salah satu blog saya pada program payperpost, ternyata diapprove oleh mereka. Setelah diapprove, saya langsung diberikan dua buah pekerjaan oleh payperpost. Pekerjaan mereview (bagi yang sudah ikut program review) yang kita lakukan mungkin membawa kita terjun untuk mempelajari dan terus mengamati setiap program yang diikuti, meskipun saya pribadi terkadang tidak mengetahui trik-trik dari setiap program tersebut.

Memang kalau dilihat dari sistim yang ditawarkan oleh bisnis tersebut sangat menarik, setiap blogger hanya melakukan review dari setiap task/tugas yang diberikan oleh advertiser. Dengan hanya mereview dan menterjemahkannya ke dalam bahasa inggris, anda akan mendapatkan dollar jika review anda diterima oleh mereka. Dibalik itu, sisi negative yang menjadi hal yang ditakutkan oleh kita adalah menurunnya pagerank blog kita di mata google, karena kita telah banyak mengetahui bahwa google benci sama PPR (paid Per Review). Itulah sebuah kontroversial yang ada sekarang ini, tetapi hal tersebut tetap tidak mengurangi peminat program review yang ada. Jika kita bisa mendapatkan earning dari bisnis tersebut kenapa tidak mencobanya, bisnis apapun itu pasti memiliki resiko tersendiri. Yang penting, kembali pada tujuan kita masing-masing, and don’t stop to struggle… 😉

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

5 Comments on Antara ngeblog & monetisasi blog

  1. Prediksi saya, bisnis paid review akan lebih merajalela tahun ini ketimbang PPC dan bentuk advertising lainnya. Hanya saja, saya yakin, mbah google dan rekan2 searching engine lainnya, juga pasti akan menyiapkan taktik khusus untuk meng-counter massifitas link popularity sebuah web atau blog yang diikutikan pada program ini. Just take care!

    Undangan:
    Ikutan yuk di forum blogging dan paid review hanya di Penakita.Com

  2. mas andi saya ijin untuk memposting ulang tulisan anda ini di blog saya. tulisan anda ini jadi entry point saya untuk memahami lebih lanjut konsep earning di internet. thks banyak.

  3. Mas mau nanya.
    Pagerank berpengaruh gak ya dengan diapprove atau tidaknya blog kita ?

    @HBstephanus : Tergantung. Anda mau ikutan program apa? Kalao CPC, CPM, atau CPA, nggak ada pengaruh. Tapi kalau mau monetisasi dengan program jual link atau PTR, pagerank itu mutlak diperlukan untuk bisa di approve.
    Semoga membantu 🙂

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. monetisasi - belajar sambil melakukan | andifebrian.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*