Anda tidak mudik? Ini tipsnya agar lebaran tetap terasa indah

tips buat yang nggak pulang mudik

Ketika kita telah melewati pertengahan bulan Ramadhan, tidak sedikit yang mulai melakukan persiapan untuk mudik. Terutama bagi mereka yang keluarganya berjauhan di kampung halaman. Tentunya momen lebaran adalah menjadi saat yang paling tepat untuk berkumpul bersama keluarga dengan tujuan kembali ke fitri. Jarak yang menjadi halangan seakan sebuah seni ketika mudik, karena anda dapat merasakan keindahan yang tidak dapat terbeli, bahkan tidak dapat digambarkan dengan kata-kata saat kembali berada di tengah-tengah keluarga.

Hal di atas sebenarnya bukanlah menjadi sebuah kewajiban, karena ada kalanya anda tidak dapat pulang ke kampung halaman untuk melewati momen hari yang fitri bersama keluarga. Mungkin itu karena faktor finansial, tidak dapat tiket, ada pekerjaan, kondisi kesehatan, dan masih banyak faktor lainnya sehingga mudik bukanlah sebuah hal yang memungkinkan untuk dilakukan. Sedikit banyaknya saya bisa merasakan bagaimana rasa sedih, iba, dan kesepian, semuanya membaur menjadi satu di tengah-tengah hari bahagia. Oleh sebab itu, saya sedikit berbagi tips buat yang tidak mudik agar lebaran tetap terasa lebih indah.

Tips agar lebaran tetap terasa lebih indah meskipun tidak mudik

1. Jangan lupa untuk melaksanakan Sholat Ied

Setelah berpuasa, menunaikan sholat Idul Fitri menjadi salah satu hal yang paling nikmat sebelum anda menginjakkan kaki di hari yang fitri. Dalam hal ini sedikit banyaknya faktor psikologis anda akan menjadi lebih baik, menjadi lebih damai, dan telah berusaha untuk menyempurnakan ibadah dengan maksimal. Setelah anda melakukan sholat Idul Fitri, anda akan bertemu banyak orang yang saling bersalaman, anggaplah semua orang-orang yang bersalaman adalah saudara-saudara anda juga. Dengan begitu anda tetap merasakan euphoria Idul Fitri yang sangat indah meskipun tidak mudik.

2. Telepon keluarga dengan nada penuh canda

Bagaimanapun keadaan anda saat ini, dan seperti apapun kondisi anda saat ini, hubungi orang tua setelah anda melakukan sholat Ied. Anda bisa membayangkan bahwa anda sedang berada disana, berada di depan mereka, dan ucapkan kata maaf yang tulus sebagai wujud pelebur dosa dan kesalahan selama ini yang pernah anda perbuat.

Saya beranggapan, jika tidak menangis, maka permintaan maaf akan terasa kurang bermakna. Tetapi kondisi saat ini tetap bisa anda lakukan secara tulus yang penuh dengan canda tawa sebagai penghilang kesedihan. Ingat, dalam hal ini bukannya saya bermaksud tidak memaknai prosesi sungkem ya, tetapi lebih cenderung untuk menghindari anda terbawa perasaan lebih dalam lagi yang akhirnya membuat anda merasa sedih atau bersalah karena tidak bisa mudik. Yah, saya yakin anda mengerti hal ini.

3. Bersilaturahmi ke tetangga atau kerabat

Sesaat setelah sholat Ied semuanya akan menjadi riuh yang sangat luar biasa, jadi jangan abaikan momen tersebut. Kunjungi tetangga atau kerabat untuk menjalin silaturahmi sekaligus berlebaran, karena kebahagiaan yang ada disana akan menghipnotis anda sehingga terbawa dengan suasana kebahagiaan meskipun sebenarnya anda saat ini tidak berada di tengah-tengah keluarga.

Dengan bersilaturahmi secara tidak langsung akan mempererat hubungan anda dengan tetangga maupun kerabat. Selain itu, minimal anda bisa menikmati cemilan atau makanan enak edisi lebaran, gratis. Hehe.

4. Berkomunikasi dengan teman-teman

Biasanya, telepon seluler menjadi satu media yang menjalin komunikasi yang paling sibuk daripada jabatan tangan anda. Tidak ada salahnya anda membalas semua pesan yang masuk sebagai pertanda bahwa anda turut merayakan Idul Fitri dan memiliki iā€™tikad baik kepada teman-teman via telepon. Dengan berkomunikasi via telepon, sms, chatting, anda akan menyibukkan diri yang secara tidak langsung akan melupakan rasa sedih yang mungkin bersemayam di dalam hati saat ini.

5. Mengunjungi tempat menarik

Ini adalah tips yang cukup efektif bagi saya ketika saya melewati masa-masa ini saat kuliah. Tidak bisa pulang kampung dan jauh dari orang tua, saudara pun rasanya tidak banyak, maka teman-teman adalah penghibur sejati yang menemani saya saat tidak mudik.

Mengunjungi tempat menarik bisa menjadi obat jitu untuk merasakan kebahagiaan meskipun dengan kegiatan yang tidak seharusnya dikerjakan. Walaupun memang biasanya tempat-tempat menarik akan sangat ramai, tetapi justru itu yang kita cari. Keramaian akan membuat anda merasakan hal yang jauh berbeda bila dibandingkan anda tetap berada di rumah. Kemudian dengan situasi keramaian mungkin saja anda mendapatkan suasana baru atau inspirasi sambil menikmati indahnya lebaran.

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*