Alasan dia remove Facebook kamu

Bagi Facebookers, kadang-kadang tanpa disadari sudah menghabiskan waktu cukup lama hanya untuk melihat status teman-teman. Walaupun ada juga yang menghabiskan waktunya untuk bermain games di Facebook, tapi masih banyak yang menganggap bahwa comment di Facebook itu penting. Dengan maksud, “Biar kelihatan eksis gitu loh..!”. Tapi satu hal mungkin belum kamu sadari, pernahkan kamu memperhatikan berapa jumlah temanmu? Atau mungkin ada yang merasa heran, “Kenapa ya, kok si dia tiba-tiba nggak ada di FB aku?”. Jangan bingung, karena itu artinya dia telah menghapus FB kamu dari pertemanannya.

Saling berbagi dan menjalin hubungan melalui Media Sosial memang mengasyikkan, karena hanya dengan menggunakan jari-jari kita dapat saling bersilaturahmi bersama teman atau saudara. Tapi jika tidak bijaksana dalam menggunakannya, kamu pasti akan merasakan dampaknya. Hal negatif lain yang sangat fatal bukanlah sekedar di remove dari pertemanan saja, tetapi image kamu juga akan buruk yang mengakibatkan temanmu menghapus FB kamu.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut hal-hal yang menyebabkan Facebook kita di hapus si dia :

– Terlalu sering update status

Mungkin di FBmu ada beberapa yang termasuk kategori seperti ini. Setiap menit, atau jam, ada-ada aja status yang di bikin. Meskipun di Facebook sendiri feature utamanya memang untuk update status, tapi jangan salah, karena teralu sering update status justru bisa membuat teman-teman FBmu jadi bosan. Apalagi status yang diupdate mengenai hal-hal yang rasanya nggak penting. Misalnya kenalan sama cewek tajir lah, update status “Lagi bengong di WC..” lah, tentang Smartphone mahal yang baru saja di beli, update yang bersifat Curcol alias curhat colongan, atau upload gambar yang berbau SARA, seringkali menjelekkan seseorang,  dsb. Intinya, cobalah menahan diri agar tidak terkesan antagonis sekaligus perfeksionis alias lebay.

– Menggunakan kata-kata kasar

Menurut saya bukan hanya di FB saja kita tidak boleh berkata kotor / kasar, pada dunia nyata pun juga begitu. Namun faktanya, lebih baik berkata kasar di dunia nyata ketimbang di FB. Karena tidak semua temanmu di Facebook memahami bagaimana dan apa maksud update statusmu saat itu. So, hindari kata-kata yang bersifat tidak sopan serta saling menghargai meskipun hanya dalam dunia maya.

– Penggunaan tanda / simbol yang membingungkan

Salah satu simbol yang harus diperhatikan sebelum di gunakan adalah ‘!’ (tanda seru). Dalam sebuah komunikasi verbal, simbol tanda seru biasanya diartikan dengan sebuah penegasan, perintah, atau bentuk kekesalan. Namun banyak yang menyalah artikan dengan menggunakan tanda seru setiap kali update status. Atau mungkin menggunakan simbol-simbol atau bahasa singkatan lainnya yang nggak jelas dan hanya membuat bingung teman-temanmu. Sesekali it’s ok, tapi kalau sampai beberapa kali, jangan heran kalau dia remove kamu sebagai teman di Fbnya.

– Sering nge-tag

Nge-tag atau menandai memang cukup akurat dalam jualan online via Facebook, karena secara global apa yang telah kamu publish akan terlihat oleh seluruh teman-teman yang telah kamu tag. Tapi ingat, tidak semua temanmu menyukai hal tersebut. Bahkan faktanya, beberapa kali saya membaca status teman saya yang bernada mengancam seperti “Yang nge-tag gw awas yah, ntar gw remove luh!”. Buat yang demen promosi atau jualan, sebaiknya pertimbangkan frekuensi penggunaan tag saat berpromosi.

– Faktor X pada dunia nyata

Berdasarkan penelitian, 27 persen yang terjadi pada dunia nyata berpengaruh terhadap aktivitas di dunia maya. Jadi, bisa saja dia remove kamu karena kesal, tersinggung, dendam atau marah. Hingga akhirnya hal itu menyebabkan dia remove kamu dari Fbnya.

– Dia merasa tidak mengenal kamu

“Lebih baik sedikit teman tapi mengenali semuanya, daripada banyak teman tapi nggak kenal”, bisa jadi itu slogan yang digunakan temanmu. Atau mungkin dia ingin filter kembali list teman-teman di FBnya, sehingga dia cek satu per satu dan menghapus teman yang rasanya tidak di kenal. So, kalau kamu tidak menggunakan nama yang menurutnya tidak di kenal di tamba pula profil picture yang aneh, jangan salahkan dia kalau remove FBmu.

Nggak kerasa udah ngoceh panjang banget. Sekalipun faktor di atas tidak bersifat mutlak, tapi semoga bisa menjadikan kita lebih bijaksana dalam menggunakan Facebook atau sosial media lainnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*