Akibat isu tsunami, Kota Padang sepi

Gempa yang menjadi suatu fenomena alam ini ternyata membuat warga Kota Padang merasa tidak tenang. Apalagi menyusul setelah terjadinya gempa yang terjadi tanggal 25 Okt malam yang mengakibatkan terjadinya tsunami di Pagai Utara & Pagai Selatan – Mentawai. Tsunami di Mentawai yang terjadi mengakibatkan tinggi gelombang naik berkisar 1,2 hingga 3 m, namun setidaknya 200 rumah hanyut, 112 orang tewas, serta 150 orang hilang belum diketemukan.

Dampak dari gempa di Padang yang berpusat di Mentawai dan tsunami yang terjadi disana, ternyata juga berdampak di Padang. Karena pemantauan saya hari ini, tingkat keramaian di Kota Padang menurun cukup signifikan. Setelah saya tadi siang keliling Kota Padang, saya melihat perbedaan yang jauh berbeda dari hari-hari kemarin. Dimana yang biasanya pada jam-jam tertentu di setiap titik jalan terlihat padat dan ramai, namun hari ini justru terlihat sepi. Dan berdasarkan informasi dari teman-teman, hal tersebut diakibatkan banyak warga yang mengungsi ke tempat yang daerahnya lebih tinggi, atau bahkan ke luar kota. Kemudian selain itu, isu-isu yang beredar di masyarakat bahwa akan adanya tsunami di Padang menambah kegelisahan warga yang akhirnya memilih untuk mengungsi ke daerah tertentu yang menurutnya cukup aman. Seperti daerah Belimbing, Lubuk Minturun, atau daerah yang berada di luar Kota Padang.

Wew, melihat kondisi seperti saat ini, sepertinya hal ini membuat Kota Padang semakin kurang kondusif. Apalagi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap isu tsunami cukup tinggi.

Semoga saja semua ini hanyalah sebuah isu. Meskipun saya juga mendapatkan satu informasi setelah gempa di padang kemarin yang masih diragukan kebenarannya, yaitu bahwa hingga 14 hari ke depan, Kota Padang berada pada kondisi siaga 🙁

Ibu-Ibu, Bapak-Bapak, Uda, Uni, turun dan kembali lagi ke rumah donk.. Jangan biarkan Kota Padang sepi bagaikan tak bertuan. Takut boleh, tapi jangan sampai rasa ketakutan kita terhadap semua itu mengalahkan ‘rasa takut kita kepada Allah..’. Yang terpenting, selalu siaga untuk meminimalkan resiko seandainya hal-hal yang tidak diinginkan benar-benar terjadi 🙂

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

1 Comment on Akibat isu tsunami, Kota Padang sepi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*