7 Tips cerdas dan bijak bermain Pokemon GO

Tips cerdas dan bijak bermain pokemon go

Pokemon GO dengan namanya yang terkenal memberikan banyak sekali cerita, baik itu bersifat positif maupun negatif. Mulai dari cerita lucu pemburu pokemon yang rela berjalan kaki menuju jalan-jalan sempit, merelakan sewa ojek online, di tuduh ingin mencuri, menemukan hal-hal aneh yang tidak masuk akal, dan saya yakin masih banyak cerita lucu dan unik lainnya para pemain Pokemon GO demi mendapatkan Pokestop.

Beragam realita ini terjadi begitu cepat, bahkan tidak membutuhkan waktu lama. Dalam hitungan hari game Pokemon menjadi salah satu trending topic yang terlihat seperti bom atom. Mulai dari berbagai media dan obrolan ringan bersama teman-teman seakan menjadi blow up tersendiri bagi game ini sehingga banyak yang penasaran ingin mencoba ikutan berburu berbagai karakter Pokemon di balik Pokestop yang tersebar di berbagai lokasi.

Jika anda merasa khawatir terbawa arus karena game Pokemon GO ke arah yang negatif, sebaiknya simak beberapa tips cerdas bermain Pokemon Go di bawah ini.

Tips cerdas dan bijaksana ketika bermain Pokemon GO

1. Bermain ketika waktu luang

Segala hal dapat bersifat baik dan buruk, tetapi sudah menjadi hukum alam bahwa bermain game yang berlebihan justru akan menciptakan satu efek negatif yang bisa saja berakibat fatal. Oleh sebab itu, anda tidak perlu selalu PokeMinded alias selalu berpikir atau teringat apakah ada Pokestop di sekitar anda saat ini.

Memanfaatkan waktu luang secara tidak langsung akan membuat anda bergerak, dan artinya, anda telah membantu tubuh untuk melancarkan peredaran darah. Berjalan kesana kesini akan membuat tubuh berkeringat karena melakukan olah raga ringan saat waktu luang.

2. Selalu waspada

Pada saat berburu pastikan anda tidak lengah pada kondisi dan lingkungan di sekitar anda. Karena tanpa anda sadari, keseriusan anda saat mencari Pokestop bisa menciptakan peluang untuk melakukan kejahatan oleh orang-orang yang ada di sekitar anda. Apalagi sekarang-sekarang ini, nama Pokemon GO sudah menjadi perbincangan publik yang sudah tidak asing lagi. Jangan sampai gerak-gerik anda saat hunting menjadikan seseorang berniat jahat pada anda.

3. Tidak perlu memaksakan diri

Hindari mencari Pokestop di lokasi sepi, gelap, atau terlihat seram. Saya yakin selain di tempat keramaian, tetapi anda juga bisa memperhatikan cukup banyak Pokestop yang berada di tempat sepi. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya jangan pernah memaksakan diri untuk mencoba bermain Pokemon di tempat sepi, gelap, atau di tempat-tempat yang rasanya tidak memungkinkan.

4. Hindari bermain sambil berkendara

Inilah salah satu hal yang bisa menjadi hal negatif dari permainan augmented reality ini, dimana anda bisa selalu terhubung dengan GPS dan mengetahui lokasi Pokestop yang berada di sekitar anda. Untuk menghindari kecelakaan, sebaiknya hindari bermain sambil berkendara. Karena selain akan mengelabuhi tingkat fokus atau konsentrasi anda berkendara, hal-hal fatal lainnya bisa saja terjadi dan menimpa anda dengan resiko yang lebih buruk lagi.

5. Bermain bersama teman-teman

Entah sudah beberapa kali saya bertemu dengan orang-orang yang berjalan dan tertawa bersama-sama di satu lokasi, tidak lain dan tidak bukan sebenarnya disana terdapat Pokestop. Menurut saya, hal tersebut jika dilakukan dengan tertib justru akan lebih aman bila dibandingkan dengan memainkannya sendirian. Selain dapat saling memperhatikan keadaan sekitarnya, orang yang berniat jahat juga akan berpikir dua kali untuk melakukan sesuatu pada anda.

Jika anda ingin berburu, sebaiknya disarankan untuk bersama-sama, jangan sendiri. Bahkan hal ini juga telah disarankan oleh Niantic yang merupakan game developer Pokemon GO.

Baca juga artikel : 10 Fakta menarik mengenai Pokemon GO

6. Menjaga sikap dan etika

Hal ini tidak boleh anda abaikan, terutama bila anda menemui Pokestop di tempat-tempat yang bersifat sakral atau suci. Misalnya seperti di tempat ibadah. Kalaupun anda ingin melakukannya, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi serta lingkungan saat itu. Karena jangan sampai orang lain menilai anda sebagai seorang yang tidak peduli dengan tata krama. So, keep be wise yah.

7. Ciptakan image positif saat bermain

Poin ini menjadi satu hal yang kemudian timbul di benak saya. Entah apakah anda ingin menerapkannya atau tidak, pastinya secara perlahan setiap orang akan memiliki pemikiran masing-masing. Intinya, anda tidak perlu terlihat sebagai seorang yang terkesan addicted saat bermain, tapi bermain dengan fun. Terus terang saya sendiri cukup bingung untuk menjelaskannya, tetapi mungkin saya akan memberikan sebuah gambaran pada anda.

Bermain dengan muka serius vs bermain dengan muka santai, tersenyum saat berhasil mendapatkan Pokemon vs menarik tangan anda dan berkata “yes”, berjalan sambil pegang hp dengan fokus untuk menemukan titik Pokestop vs berjalan dengan waspada sambil memperhatikan lingkungan sekitar.

Tiga contoh di atas semoga bisa menjadi sebuah clue yang bisa memberikan anda gaya tersendiri saat bermain Pokemon GO. Intinya, kembali caranya ke masing-masing.

Semoga tips cerdas bermain Pokemon Go di atas bermanfaat. Ingat, yang terpenting adalah bermainlah dengan bijak, jangan sampai game yang diciptakan sebagai ajang hiburan justru menjadi hal yang berakibat menakutkan dan menyeramkan.

Baca juga : Manfaat positif bermain Clash of Clans

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*