7 Manfaat yang tersembunyi di balik game Clash of Clans

Manfaat yang tersembunyi di balik game Clash of Clans
Image source : supercell.com

Clash of Clans merupakan salah satu game strategi yang sudah tidak asing lagi bagi pengguna Android. Bahkan saya yakin, Clash of Clans atau yang sering di sebut dengan COC ini memiliki pengguna aktif dari berbagai kalangan. Anak remaja, dewasa hingga yang berusia 40an. Atau tidak tertutup kemungkinan bahwa COC juga memiliki user yang umurnya sudah bisa dikatakan tua, bisa saja kan.

Di rilis oleh Supercell yang menjadi game developer sejak Agustus tahun 2012, menurut saya COC menjadi salah satu game yang fantastis. Terus terang, COC cuma satu-satunya game yang saya instal di hape android saya. Karena kadang-kadang kalau lagi bete, lagi rehat, atau lagi santai, saya sering mengisi waktu dengan COC-an. Tapi di balik permaianan ini, anda tidak menyadari bahwa sebenarnya ada beberapa manfaat yang tersimpan ketika anda menjadi COC addict. Apa saja itu? Penasaran kan? Coba di pikir-pikir lagi, saya yakin anda tahu tapi tidak ingin mengungkapkannya. Oleh sebab itu silahkan simak manfaat di balik game Clash of Clans yang tidak pernah anda sadari.

Manfaat terselubung bermain Clash of Clans

1. Melatih kesabaran

Poin ini sudah pastinya, apalagi jika anda bukanlah tipikal pemain yang nggak suka beli gems untuk mempercepat pembangunan segalanya. Ya, Clash of Clans yang di buat oleh SuperCell ini menurut saya cukup cerdas. Karena dalam beberapa pembangunan, seperti resources, army dan defenses membutuhkan waktu yang relatif lama. Inilah yang terkadang menjadi salah satu hal pemain cepat bosan bila tidak sabar.

2. Melatih strategi perang

Ketika kita berperang, baik itu hanya merampok ataupun perang antar klan, anda akan di tuntut untuk membuat strategi terbaik. Bila tidak, siap-siap saja anda menerima resiko kekalahan dan tekor ketika membuat troops. Bahkan bila anda tidak cukup perhitungan, bukannya impas, yang ada anda malah rugi. Karena hasil rampokan yang didapatkan tidak sesuai dengan biaya elixir / dark elixir saat membuat troops untuk merampok.

3. Belajar menerapkan skala prioritas

Wow, cukup fenomenal kan kalau saya membuat poin dengan kalimat di atas. Tapi menurut saya pribadi memang betul adanya seperti itu. Karena anda juga di tuntut harus membuat skala prioritas ketika ingin mengupgrade sesuatu. Contohnya, jika anda ingin up hero, maka pastinya anda harus mendapatkan dan mempertahankan dark elixir supaya bisa terealisasi upnya.

4. Belajar membangun formula pertahanan yang tepat

Manfaat ini sebenarnya saling berkaitan dengan poin ketiga di atas. Jika anda menerapkan skala prioritas ingin mengumpulkan elixir, maka pastinya anda harus membuat base perlindungan yang tepat untuk menjaga elixir storage anda tidak di rampok oleh lawan. Untuk mendapatkan formula base pertahanan yang tepat, biasanya saya akan melihat setiap reply dari defense log. Dari situ saya akan mengedit base atau posisi letak yang pas hingga saya merasa bahwa benteng saya cukup merepotkan lawan saat di serang.

5. Mendapatkan teman baru

Walaupun teman hanya sebatas chat dan satu klan, menurut saya itu juga teman namanya. Karena secara perlahan anda dapat melihat atau menilai seberapa besar pengaruh dalam hubungan emosional yang telah terjalin di dalam klan anda. Banyak teman, itu artinya banyak rejeki kan. Selagi anda masih beretika dalam chat, saya percaya bahwa anda akan berada di antara orang-orang yang belum pernah anda temui secara langsung, tetapi mereka memberikan dampak positif pada lingkungan / klan anda.

6. Belajar untuk tidak pelit

Tangan di atas akan lebih baik daripada tangan di bawah. Ya, begitu juga dalam COC. Karena anda akan menjadi cermin di dalam klan. Bila anda tidak pelit dan ikhlas dalam donate troops untuk teman satu klan yang request troops, maka secara tidak langsung anda akan merasakan hal yang sama. Begitupun sebaliknya. Tidak pelit dan suka donate adalah pembelajaran untuk bisa ringan tangan dan selalu membantu teman yang butuh pertolongan.

7. Melatih dan mengukur solidaritas kebersamaan

Ini menurut saya menjadi keunikan yang sangat krusial, terutama dalam klan. Karena kebersamaan dan kekompakan akan menciptakan sebuah klan yang kuat. Apalagi ketika anda sedang perang antar klan, maka setiap star sangatlah memberikan kontribusi untuk bisa menang war. Klan yang tidak solid biasanya cenderung akan sering kalah, sekalipun mereka dapat lawan yang sebenarnya jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan klannya. Saya rasa anda akan paham dengan maksud saya mengenai hal ini.

Bagaimana, mungkin manfaat bermain Clash of Clans yang tersembunyi di atas tidak anda sadari kan? Tetapi di balik sisi positifnya pastilah terselip hal negatif. Misalnya seperti jadi addict, menghabiskan kuota, buang-buang waktu, atau justru bikin hp cepat rusak. Jadi, sebaiknya bermainlah dengan bijak, sesuai kondisi dan keadaan. Jangan sampai bermain bermain game justru akan membuat anda tidak produktif.

Baca juga : 5 Karakter setan yang harus di contoh

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*