7 Alasan kenapa sebaiknya Anda tidak cemberut

Dampak negatif cemberut
Image source : clipartpanda.com

Cemberut atau bermuka masam sebenarnya hak setiap orang. Bagaimanapun itu kondisi dan keadaan yang sedang terjadi adalah faktor utama mengapa seseorang akan cemberut. Cobalah anda berkelana lagi pada waktu-waktu kemarin, ingat kembali apa saja hal-hal yang mungkin saat itu membuat anda cemberut. Mungkinkah itu karena kesal, marah, kecewa, sedih, dan lainnya. Cemberut menjadi sebuah manifestasi wajah yang tanpa disadari akan digambarkan dan diberikan pada semua orang, lebih tepatnya orang-orang yang berada di sekeliling anda.

Kita langsung saja pada pokok permasalahan mengenai hal ini. Yup, ini adalah beberapa poin yang menjadi alasan terbaik mengapa anda tidak boleh cemberut.

Dampak negatif cemberut yang akan terjadi saat itu juga

1. Menyebabkan mood tidak bagus

Pada saat mengalami masalah, mungkin respon wajah yang pertama kali terlihat adalah murung atau cemberut. Hal itu terjadi akibat terbawa perasaan, emosi, kemudian hasil dari pemikiran-pemikiran yang timbul dalam otak untuk menyelesaikan masalah yang terjadi saat itu. Bagi anda yang moody, sebenarnya bukan hanya mood anda yang menjadi tidak bagus, tetapi tanpa disadari bahwa ‘muka masam’ anda juga akan mempengaruhi orang lain yang berada di sekitar anda. Terutama orang-orang yang berkomunikasi atau berpapasan langsung dengan anda.

So, trust me! Ketika anda cemberut, sesungguhnya anda telah merubah dunia yang sedang anda jalani saat itu menjadi gelap gulita karena pengaruh dari wajah anda yang terlihat kurang bersahabat pada lingkungan sekitarnya.

Sebaiknya nanti baca juga artikel : Tips menghadapi rekan kerja yang suka cari muka

2. Terlihat kurang fresh dan bahagia

Air muka menjadi sangat penting pada saat anda berada di lingkungan yang banyak sekali orang-orang disana. Wajah yang terlihat cemberut, tidak tertutup kemungkinan orang-orang yang berada di sekitar anda menilai bahwa anda sedang kurang fresh. Selain itu, satu hal yang paling pedas jika anda seringkali terlihat cemberut adalah, bisa saja orang berpikir bahwa anda merasa kurang bahagia. Sebuah gambaran kehidupan yang penuh dengan lika liku dan masalah berkepanjangan.

Fresh dan bahagia memang menjadi dua hal yang sulit untuk diciptakan, terutama pada saat di timpa masalah. Baik itu masalah yang bersifat pribadi, masalah pekerjaan, masalah finansial, stress, kemudian masalah lainnya yang kebetulan datang secara bertubi-tubi pada saat itu.

Tetapi percayalah, bahwa Tuhan tidak akan memberikan ujian yang melebihi kapasitas dari hambaNya. Ingatlah bahwa cemberut hanya akan menciptakan persepsi wajah yang kurang fresh dan terlihat tidak bahagia.

3. Tidak optimis

Bukanlah sebuah hal yang mutlak jika menilai anda hanya karena cemberut. Tetapi tahukah anda, bahwa sebuah penelitian menunjukkan seseorang yang memberikan air muka dengan sedikit tersenyum saat mengalami masalah termasuk kategori orang-orang yang penuh dengan rasa optimis. Mencoba menjadikan suasana hati menjadi lebih baik dengan sedikit senyum secara otomatis akan mengaktifkan otot tertentu di wajah yang akan menyampaikan sinyal kepada otak bahwa anda sedang baik-baik saja dan akan keluar dari permasalahan yang sedang terjadi.

Tersenyumlah, meskipun senyuman yang sebenarnya terjadi tidak seindah apa yang sedang anda rasakan. Ingatlah bahwa orang-orang yang sedang berhadapan dengan anda juga memiliki hak untuk melihat senyum tulus dari anda.

4. Cepat tua

Tidak salah jika orang seringkali mengatakan jangan cemberut nanti cepat tua. Yap, itu sebenarnya bukanlah sebuah omongan belaka. Tetapi ungkapan tersebut adalah fakta. Karena ketika cemberut biasanya wajah akan mengernyitkan kulit-kulit yang berada di wajah, seperti dahi atau pipi.

Tahukah anda bahwa satu hal yang paling senang dialami bagi kulit di bagian wajah adalah ketika anda tersenyum. Karena pada saat itu hanya membutuhkan sedikit otot wajah yang bekerja, sedangkan ketika anda cemberut akan menjadikan dua hingga tiga kali lipat otot-otot di wajah yang bekerja. Kesimpulannya, cemberut akan membuat wajah terlihat cepat tua.

5. Terlihat tidak bersahabat

Jangan salahkan seseorang menilai anda sebagai sosok yang kurang friendly hanya karena saat itu secara tidak anda sadari sedang cemberut. Faktor pesikologis yang tercipta pada seseorang yang menemukan wajah anda sedang cemberut akan mendadak berubah, dan memberikan beragam penilaian yang bersifat spekulasi. Dan, salah satu diantaranya adalah anda bukanlah seorang yang friendly.

6. Menciptakan rasa kecewa

Cemberut bisa menciptakan gambaran wajah yang terlihat suram, seram, atau garang. Bagi sebagian orang, terutama mereka yang memiliki watak melankolis dan cenderung seringkali menggunakan perasaannya, cemberut yang anda perlihatkan padanya bisa berujung pada kekecewaan. Bahkan bisa juga berujung pada kemarahan.

Selain menambah pahala, ternyata sedikit senyuman saat berhadapan dengan seseorang juga bisa menciptakan rasa simpatik, serta kedekatan emosional.

Baca juga : Tips meraih simpatik seseorang

7. Tidak bersyukur

Jika anda menemukan wajah seseorang yang memang terlihat seperti cemberut, mungkin hal tersebut bisa dimaklumi. Karena Tuhan menciptakan beragam bentuk wajah yang sebenarnya semua itu adalah indah. Tetapi ketika anda menemukan seseorang yang seringkali cemberut, wajar saja bila anda terlihat tidak bersyukur. Nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan.

Masih diberikan kesehatan, diberikan kesempatan bernafas, masih bisa menikmati pagi yang indah, masih bisa menikmati sunset yang bersahaja, masih dapat merasakan damainya malam yang diterangi oleh bulan dan bintang. Dan masih banyak lagi.

Menurut saya, dengan sedikit tersenyum saat di timpa ujian adalah sebuah perwujudan rasa syukur yang luar biasa. Seberat apapun itu, karena saya yakin bahwa ujian demi ujian kehidupan yang dialami akan menjadi pendewasaan bagi kita sebelum berada di akhir yang indah.

Itulah beberapa dampak negatif cemberut yang bisa berakibat fatal bagi diri anda maupun orang lain yang berada di sekitar anda. Atau anda punya penilaian lainnya, silahkan tambahkan dan berbagi disini.

Share and Enjoy

About Andy Febrian 529 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*