6 Aplikasi Android yang harus di instal saat mudik lebaran

Aplikasi Android yang harus diinstal saat mudik lebaran
Image source : crucialminutiae.com

Lebaran sebentar lagi, tidak terasa bila anda harus mempersiapkan segala hal agar perjalanan mudik anda nyaman dan menyenangkan. Selain masalah tiket dan finansial, sebaiknya anda tidak melupakan salah satu strategi yang dapat mengusir rasa bosan saat perjalanan mudik, yaitu smartphone.

Sebagian besar pengguna smartphone yang berbasis Android pastinya akan menginstal aplikasi yang bermanfaat sesuai kebutuhan. Mulai dari aplikasi berkategori produktivitas, utility, game, hingga yang bersifat tambahan lainnya untuk menghindari rasa bosan selama diperjalanan. Sebelum berangkat mudik, berikut terdapat beberapa aplikasi Android yang mungkin anda butuhkan saat berada di perjalanan.

Aplikasi Android yang dibutuhkan saat perjalanan mudik

1. Aplikasi reservasi tiket

Salah satu hal yang memberikan kemudahan dalam menggunakan Android adalah ketersediaan beragam aplikasi yang akan memberikan kita kemudahan. Bila anda telah merencanakan untuk mudik, maka aplikasi untuk reservasi atau pemesanan tiket menjadi aplikasi wajib yang harus terinstal di Android anda. Manfaatnya selain dapat mempermudah anda untuk melakukan pemesanan, anda juga akan mendapatkan beberapa kemudahan yang lebih baik bila dilakukan melalui browser. Untuk salah satu aplikasi yang bisa anda instal adalah Traveloka.

2. Aplikasi Maps

Peta dalam keadaan tertentu sangat dibutuhkan dalam kondisi mendesak. Sebagian besar OS Android sudah memiliki aplikasi maps ini, namun bila anda telah melakukan rooting pada Android anda dan melakukan uninstall, sebaiknya tidak ada salahnya anda kembali menginstalnya di Android anda. Kondisi jalan yang macet biasanya harus menuntut anda untuk menemukan jalan alternatif yang tepat, dan aplikasi maps juga dapat sekaligus menjadi navigasi yang tepat untuk anda. Untuk salah satu aplikasi yang bisa anda instal adalah Google Maps atau Waze.

3. Aplikasi penghemat battery

Android secara notabene-nya menguras daya yang cukup besar, apalagi jika anda menggunakan berbagai aplikasi yang tidak di hibernate. Kemudian selain itu, di tambah juga dengan aktivitas anda yang tidak bisa terlepas untuk selalu mengoperasikan Android setiap saat. Jadi, walaupun mungkin anda memiliki powerbank, tetapi aplikasi penghemat battery juga menjadi salah satu aplikasi yang cukup penting saat perjalanan mudik anda. Untuk salah satu aplikasi yang bisa anda instal adalah DU Battery Saver.

4. Aplikasi pemutar musik

Mendengarkan musik bagi saya adalah menjadi salah satu penghilang rasa bosan atau bete ketika dalam perjalanan. Setiap bawaan perangkat Android pastinya akan memiliki aplikasi bawaan pemutar musik, tetapi bila anda ingin yang serba instan, mudah download lagu dan kualitas suaranya juga lebih bagus, maka anda harus menambahkan aplikasi pemutar musik agar anda bisa mendengarkan lagu-lagu kesayangan anda selama diperjalanan. Untuk salah satu aplikasi yang bisa anda instal adalah Joox.

5. Aplikasi pemantau arus jalan

Bila anda menggunakan jalur darat saat mudik, biasanya hal penting yang harus selalu di update adalah mengenai informasi lalu lintas. Karena sudah menjadi hal yang tabu bila kemacetan dimana-mana, terutama ketika anda berada di jalan utama yang menjadi akses utama untuk menuju ke satu kota. Maka dari itu, rasanya aplikasi pemantau arus lalu lintas menjadi salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk diinstal pada Android anda. Untuk aplikasi yang bisa anda instal adalah National Traffic Management Center / NTMC TV.

6. Aplikasi Sosial Media

Rasanya aplikasi yang terakhir ini saya tidak perlu mengingatkannya, karena saya yakin beberapa aplikasi sosial media telah terpasang di handheld anda. Selain dapat berbagi foto anda selama diperjalanan, tetapi dari sisi positifnya, anda juga dapat berbagi mengenai informasi keadaan yang ada disekitar anda. Seperti info traffic lalu lintas, info kecelakaan, dsb. Berbagi itu indah walaupun anda hanya menyampaikan sebuah informasi, karena anda tidak akan pernah mengetahui bahwa bagi beberapa orang (atau mungkin banyak orang), terkadang informasi yang anda sampaikan adalah informasi yang bermanfaat bagi mereka.

Itulah 6 aplikasi Android untuk mudik yang bermanfaat sebagai pengusir bosan saat dalam perjalanan. Jangan lupa untuk selalu waspada, dan semoga selamat sampai tujuan.

Share and Enjoy

About Andy Febrian 529 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*