5 Tips untuk menghindari komentar buruk di blog

5 Tips untuk menghindari komentar buruk di blog

Berkomentar menjadi hak setiap orang, bukan hanya di dunia nyata, karena dunia maya pun saat ini banyak sekali menjadi bualan serta kritik positif bagi mereka merasa benci atau peduli terhadap satu informasi yang didapatkannya. Begitupun dalam dunia blogging. Karena sebaik apapun artikel yang anda buat, pasti ada saja yang berkomentar negatif, tidak bertanggung jawab, kesal, dimana pada intinya mereka terlihat seperti tidak suka dengan artikel yang telah di posting.

Hal ini adalah sebuah ujian yang harus dihadapi bagi blogger. Menghadapi komentar yang bersifat pahit dan terkesan tidak mendasar bisa menjadi hal yang membuat anda down untuk tetap eksis ngeblog. Walaupun biasanya si pemberi komentar bersifat hit and run, tetapi kata-kata pedas yang telah diketikkan melalui halaman komentar terkadang sangat menyayat hati. Yup, menurut saya inilah sebuah seni dan tantangan tersendiri dalam dunia blogging.

Untuk menghadapi hal ini, berikut saya sampaikan beberapa tips untuk menyiasati komentar yang negatif pada blog.

Cara mengatasi agar tidak mendapatkan komentar buruk pada blog

1. Positif thinking!

Seperti apapun usaha anda untuk berusaha membuat para pembaca menyukai artikel yang telah di posting di blog sangatlah tidak mungkin. Tetapi yang paling memungkinkan adalah bagaimana untuk berusaha membuat artikel yang menarik dan bermanfaat bagi para pembaca.

Ketika anda telah melakukan hal tersebut, maka hal yang pertama kali harus dilakukan ketika anda menemukan seorang keyboard warrior alias yang berkomentar buruk pada salah satu postingan anda adalah tetap positif thinking. Anggap saja mungkin si pemberi komentar sedang labil, ada masalah, iseng, sedang stres, dan masih banyak faktor lainnya yang menyebabkan dia berkomentar seperti itu.

Dengan berfikir positif, anda telah mencegah kreativitas di otak anda untuk terus bisa menulis dan mengupdate konten di blog. Kemudian yang terpenting adalah, secara tidak langsung mental anda pun akan semakin terasah. Stay positif and keep posting..!

Baca juga : Tips ngeblog agar tetap semangat

2. Aktifkan fitur moderasi komentar

Jangan sampai abaikan hal ini. Jika anda mengizinkan orang lain berkomentar di blog anda, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur moderasi komentar. Karena hal ini akan memungkinkan bagi anda untuk cek dan ricek setiap komentar baru yang ada. Saya tidak akan menjelaskan bagaimana caranya untuk mengaktifkan fitur moderasi pada blog, silahkan googling untuk mendapatkan caranya. Setiap blog biasanya pasti memiliki fitur moderasi komentar. Jadi pada saat mendapatkan komentar bersifat negatif anda dapat mempertimbangkannya, apakah di publish, atau remove.

3. Gunakan fitur anti spam

Bagi anda pengguna WordPress, plugin yang satu ini menjadi plugin wajib yang harus di instal. Walaupun sebagian besar komentar negatif tidak terdeteksi oleh plugin spam, namun setidaknya dapat membantu anda dari komentar-komentar yang berasal dari bot maupun yang bersifat tidak relevan.

Baca juga : Tips agar lebih fokus ngeblog

4. Membuat artikel yang bermanfaat

Dengan membuat artikel yang menarik dan bermanfaat, anda sebenarnya telah membantu banyak orang yang menemukan artikel tersebut. Terutama bagi mereka yang kebetulan sedang mencari satu hal yang berhubungan dengan artikel anda. Dengan artikel yang menarik bahkan anda akan mendapatkan komentar positif, bahkan hadiah dari pengunjung yang merasa terbantu dengan artikel anda dengan membagikan artikel anda melalui tombol share ke social media.

5. Memberikan informasi yang update

Artikel lama kadang-kadang sudah tidak relevan jika diterapkan saat ini. Jika anda membuat artikel mengenai tutorial, bisa saja apa yang telah anda buat sudah tidak lagi berlaku atau berjalan dengan baik saat ini. Jika hal ini terjadi, mungkin anda bisa memberikan update yang di tulis dalam postingan mengenai hal ini, atau bisa juga menghapus artikel tersebut.

Cara menghindari komentar buruk pada blog di atas semoga bermanfaat. Bila anda memiliki cara lainnya, silahkan share juga disini.

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

1 Comment on 5 Tips untuk menghindari komentar buruk di blog

  1. Kalau Komentar yang bersifat HATE SPEECH sih sebenarnya, jarang kalau dalam website generik, seperti blog blog kita ini, yang paling sering Justru SPAM jadi saya lebih suka trik kedua “Aktifkan fitur moderasi komentar”, yah bagaimana lagi berhubung Tool anti spam nya juga tak mampu menghadapinya. he.. he…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*