5 Tips sederhana dan jitu untuk menjadi diri sendiri

Tips jitu untuk menjadi diri sendiri
Image source : buzzkenya.com

Menjadi diri sendiri adalah sebuah kebahagiaan yang tidak dapat dihargai dengan nilai apapun. Bahkan, banyak kata bijak yang memberikan sebuah nasihat kepada anda untuk tetap menjadi diri sendiri. Tetapi dalam kehidupan sehari-hari, realita yang dialami menyebabkan kita sulit untuk menemukan siapa dan bagaimanakah kita sebenarnya. Terkadang, akhirnya kita justru seperti memakai sebuah topeng dan jubah kebesaran yang sebenarnya bukanlah milik kita, bukanlah seperti apa adanya kita, dan yang ironisnya adalah membuat kita merasa tersiksa karena semua itu.

Waktumu terbatas, jadi jangan sia-siakan dengan menjalani hidup menjadi orang lain.
– Steve Jobs –

Salah satu kalimat di atas adalah satu dari ratusan pesan bijak yang bisa diresapi mengenai diri sendiri. Begitu banyak hal yang bisa di petik ketika anda tetap berada di jalur yang seharusnya dijalani, tanpa menghabiskan waktu untuk menikmati bagaimana rasanya untuk menjadi berbeda dan disenangi. Untuk itu, silahkan simak tips berikut mengenai beberapa cara hebat dan sederhana untuk diaplikasikan bagaimana caranya untuk menjadi diri sendiri.

Tips sederhana dan efektif agar menjadi diri sendiri

1. Gambarkan anda dengan kalimat yang singkat, padat dan tegas

Mungkin anda pernah mendengar sebuah perbincangan saat berkumpul bersama teman, “Eh, si A gitu banget ya, gak asik..”, atau mungkin, “Si B mana nih, gak seru kalau gak ada dia. Asik sih orangnya, bisa di ajak kemana aja..”. Dua contoh tersebut memang hanyalah sebuah contoh, tetapi secara tidak langsung anda akan di ajak untuk menggambarkan diri anda sendiri melalui pikiran anda saat mengalami hal seperti dalam perbincangan tersebut. Karakter dan sifat positif akan memberikan pengaruh yang sangat luar biasa, termasuk dalam hal pergaulan.

Jika anda berada pada posisi orang lain, apakah anda pernah bertanya mengenai diri anda di mata mereka? Untuk memberikan pegangan yang kuat, tips untuk menjadi diri sendiri yang paling memberikan pengaruh adalah gambaran anda terhadap diri sendiri. Berikanlah sebuah gambaran yang cukup jelas kepada pikiran anda bahwa anda adalah anda. Ada yang mengatakan hal ini terkesan arogan, tetapi bila anda berhasil menetapkannya, anda akan tetap berada di track diri anda sendiri.

2. Menerima kelebihan dan kekurangan diri

Terombang-ambing dengan ketidakpastian, sehingga terkadang anda telah menjadi orang lain dalam kondisi tertentu. Ya, itu menurut saya sah-sah saja. Karena adakalanya kita dituntut untuk dapat beradaptasi dalam kondisi tertentu. Namun jangan sampai anda melupakan kapasitas anda sebenarnya, jangan pernah anda dituntut untuk menjadi sosok yang bukanlah diri anda.

Allah pasti memberikan kelebihan di balik kekurangan kita. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, anda akan tersugesti untuk belajar menjadi yang terbaik dengan cara anda sendiri, dan dengan menjadi diri anda sendiri.

3. Jangan membanding-bandingkan dengan orang lain

Ini menjadi fase yang mudah namun seringkali anda terjebak di dalamnya. Ketika di bangku sekolah SMA hingga kuliah, terus terang, saya seringkali melakukan hal ini. Yang bodohnya, saya terbawa arus hingga akhirnya menjadi orang lain. Seperti dalam hal lifestyle, pola pikir, mengatur keuangan, hingga cara bergaul. Terkadang saya akui, ini cukup berhasil. Tetapi perlahan saya menyadari bahwa ada sebuah tekanan dalam bathin, yaitu saya berdiri bukan karena menjadi diri sendiri. Hingga pada akhirnya di suatu titik balik saya merasa memiliki banyak hal yang sepertinya bagaikan bumi dan langit. Hal tersebut saya yakin sebagian besar diantara kita pasti mengalaminya. Membanding-bandingkan diri dengan orang lain hingga akhirnya tidak menjadi diri sendiri.

Berhentilah membandingkan anda dengan si A, si B, si C, dan semuanya. Anda adalah anda, karena anda dapat melakukan cara yang sama dengan metode anda sendiri. Tidak perlu menjadi orang lain jika anda yakin bisa mengeksplorasikan mimpi apa yang ada dalam pikiran anda sendiri.

Baca juga artikel mengenai : Cara meraih simpatik seseorang

4. Temukan tingkat kenyamanan tertinggi

Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan bagaimana caranya agar anda menjadi yang terbaik, tetapi cobalah untuk temukan cara bagaimana melakukan segala hal dengan baik. Dengan begitu, anda akan menemukan tingkat kenyamanan untuk mengakui dan menjadi diri sendiri. Lakukan perlahan dan perlahan, percayalah anda akan menemukan kenyamanan setingkat demi setingkat yang sesuai dengan bagaimana diri anda sendiri (ingat poin 1).

5. Introspeksi diri

Jangan pernah lengah untuk terus mengintrospeksi diri. Karena dengan melakukan introspeksi, anda dapat mengetahui apa yang dirasa benar dan salah dari waktu ke waktu. Kemudian dengan selalu mengintrospeksi diri, anda dapat belajar menjadi pribadi yang lebih baik lagi hingga benar-benar dapat menemukan jati diri anda sebenarnya (siapa anda? Dan itulah anda!).

Baca juga : Tips menjadi pribadi yang menyenangkan

Share and Enjoy

About Andy Febrian 529 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*