5 Jawaban mengapa sebaiknya harus mengandalkan diri sendiri

5 Jawaban mengapa sebaiknya harus mengandalkan diri sendiri
Image source : wisdomhealingcenter.com

Dalam setiap aktivitas maupun perjalanan kehidupan pastinya anda pernah mengalami masa-masa sulit. Mungkin itu deadline yang sangat berat bila dalam masalah pekerjaan, kemudian mengalami masa-masa sulit, mungkin itu ketika anda dalam berada masalah finansial dalam kehidupan. Mencari solusi terbaik bagaimana caranya agar dapat menyelesaikan setiap masalah demi masalah adalah sebuah tantangan tersendiri yang mau tidak mau harus dilakukan.

Menyikapi hal di atas, saya akan sedikit berbagi mengenai peran penting orang lain dan hubungannya terhadap beragam masalah yang sedang dihadapi. Saya yakin, adakalanya anda akan membutuhkan pertolongan orang lain. Dimana itu artinya anda adalah sedang memposisikan diri anda dengan mengandalkan orang lain. Bila orang yang diandalkan tidak dapat membantu, maka itu artinya anda akan mengalami kesulitan yang luar biasa. Maka dari itu, dari kondisi di atas akan memberikan gambaran mengapa dalam kondisi tertentu sebaiknya anda lebih cenderung mengandalkan diri sendiri daripada orang lain.

5 Alasan mengapa sebaiknya anda mengandalkan diri sendiri

1. Membuat orang lain menjadi repot

Manusia memang diciptakan sebagai makhluk sosial dan tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Tetapi dengan mengajarkan diri sendiri sebagai single fighter atau mengatasi masalah yang rasanya tidak terlalu berat, maka yang menjadi kenikmatan adalah anda tidak membuat orang lain repot, susah, atau pusing. Selain itu, secara perlahan anda akan belajar mengenai makna sebuah kemandirian. Dan ketika anda telah berhasil melalui masalah tersebut secara mandiri, anda akan merasakan kenikmatan yang sangat luar biasa. Bahkan selain itu anda dapat menemukan sebuah potensi dalam diri yang mungkin selama ini anda sepelekan. Ternyata, anda adalah orang yang sangat luar biasa.

Baca juga : 5 Tips sederhana menjadi diri sendiri

2. Menjadi tangguh

Sabar dan tegar dalam menghadapi setiap ujian kehidupan menjadi satu hal yang paling mutlak selain harus mencari solusi dari setiap permasalahan. Ketika satu per satu anda berhasil melalui setiap permasalahannya, tanpa disadari anda telah menjadi seorang yang tangguh. Kemudian menganggap setiap aktivitas maupun deadline yang harus diselesaikan mendapatkan sebuah perhitungan dan juga solusi yang tepat.

3. Memahami seni dalam kehidupan

Hidup bukan hanya sekedar bernafas, bukan hanya sekedar dapat makan atau minum, bukan sekedar untuk meraih kebahagiaan, yang pada intinya bukanlah seperti apa yang ada dalam pikiran setiap pemikiran anda. Namun semakin anda lebih mengartikan sebuah makna kehidupan, itu akan menjadi semakin kompleks. Bahkan anda bisa saja justru terjebak dari beberapa kata yang tergambar dalam pikiran anda mengenai makna kehidupan.

Dalam hal ini, dengan berjuang keras untuk menyelesaikan setiap ujian yang dihadapi, anda perlahan lebih memahami sebuah seni dalam kehidupan. Ya, dimana itu kita tidak dapat mengartikannya dengan kata-kata, tetapi anda hanya bisa memaknainya hanya dengan satu kata dari apa yang telah di capai saat itu. Misalnya seperti, “Bisa”, “berhasil”, “hebat”, “Bersyukur”, “Alhamdulillah..”, dan masih banyak lagi yang tergambarkan dalam pikiran. Tanpa disadari, sebenarnya itu adalah sebuah seni yang bersifat abstrak tetapi nyata adanya.

4. Membuka pintu keberhasilan

Sebuah keberhasilan besar tidak akan pernah didapatkan tanpa perjuangan besar, bahkan perjuangan yang sangat-sangat berat dan tidak pernah terbayangkan oleh anda sekalipun. Jadi, siapapun orangnya, bukanlah sebuah hal yang mustahil bahwa anda bisa meraihnya. Sederhananya, hanya anda yang dapat merubah keadaan atau kondisi anda saat ini. Dengan membuat sebuah rencana sederhana yang dilakukan secara maksimal, yakinlah bahwa Allah akan mengatur segalanya untuk membantu anda serta memudahkan setiap hal yang dilakukan demi mencapai tujuan.

5. Mengajarkan menjadi seorang yang optimis

Saat dihadapkan dengan sebuah pekerjaan yang sulit, atau mungkin harus melalui sebuah masalah yang rumit, rasa yakin atau tidak yakin akan menghantui pikiran. Apalagi jika hal tersebut terjadi di luar perkiraan. Namun pada saat anda berhasil melaluinya, ketika anda telah berada dalam titik aman, anda perlahan akan diajarkan untuk menjadi seorang yang optimis. Selalu percaya dan yakin bahwa anda dapat melalui pekerjaan ataupun masalah berat. Karena tanpa rasa optimis anda tidak akan pernah mendapatkan hasil yang positif.

Baca juga : Yang harus dilakukan saat di pandang sebelah mata

About Andy Febrian 532 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*