5 Fakta tentang Burung Merpati

Fakta tentang burung MerpatiTerinspirasi karena teringat masa kecil. Masa dimana lagi hobi banget sama burung Dara, alias merpati. Berawal dari pelihara sepasang, sampai akhirnya berkembang biak dan jadi banyak banget. Tapi sekarang kaya’nya susah banget untuk pelihara burung merpati secara bebas. Ini disebabkan karena di sekitar tempat tinggal saya sudah penuh sesak dengan rumah-rumah penduduk. Berbeda jauh dengan waktu dulu, sehingga saya bisa bebas pelihara merpati karena nggak bakalan ada yang komplain karena kotoran atau bulu-bulu halusnya yang beterbangan.

Tapi bukan untuk menceritakan panjang lebar tentang masa lalu saya dan burung merpati peliharaan, bukan juga tentang bagaimana cara beternak merpati. Tapi nggak tau kenapa tiba-tiba teringat masa kecil sehingga saya terpancing untuk mengumpulkan beberapa fakta mengenai burung merpati. Selain memiliki warna bulu yang indah dan seringkali menjadi permainan para penghobi untuk memberikan sedikit latihan terhadap merpati peliharaannya, tapi ada hal lain di balik itu yang mungkin perlu diketahui. Ini dia fakta mengenai merpati :

1. Merpati tahu kemana ia harus pulang

Ini dia yang mungkin menjadi kelebihan si merpati. Dimanapun dia akan di lepaskan, dan kemana pun dia akan terbang, dia akan kembali ke tempat tinggalnya. Tempat dimana ia merasa aman yang sehari-harinya menjadi tempat tinggalnya. Kalau nggak percaya, silahkan buktikan sendiri.

2. Merpati adalah burung yang setia

Dia akan tetap menyayangi dan mencintai pasangannya. Dan sekalipun pasangannya tidak lagi ada, dia akan memilih sendiri, atau hanya sekedar berkumpul beberapa saat dengan teman-temannya. Seperti pengalaman saya dulu, sekalipun kita berusaha mencarikan pasangan pengganti untuknya, itu tidak akan berhasil. Bahkan jika kita memaksakan melakukan hal tersebut, yang terjadi justru mereka akan bertengkar dan saling menyakiti.

3. Merpati, adalah burung yang romantis

Coba anda perhatikan sepasang burung merpati. Seringkali sang jantan mengeluarkan suara seperti menggerutu yang menjadi suara khas merpati. Sesekali mereka saling bercengkrama dengan memberikan patukan kecil pada pasangannya. Hhmm, romantis kan..

4. Merpati selalu bekerja sama

Ketika betina ingin bertelur, mereka sama-sama membuat sarang dengan bergantian. Pada saat sang betina mengerami, sang jantan berjaga-jaga di luar kandang. Dan ketika sang betina beranjak dari sarangnya, sang jantan pun akan menggantikan peran betina, yaitu mengerami telurnya. Mereka akan saling bekerja sama tanpa harus memberikan isyarat apapun.

5. Merpati adalah burung yang tidak memiliki empedu

Salah satu keunikan dan fakta dari burung merpati dalam anatomi tubuhnya tidak memiliki empedu. Pada saat terkontaminasi racun secara maka otomatis langsung disalurkan ke usus kecil kemudian akan langsung di lanjutkan ke pembuangan. So, seperti kata-kata orang jaman dahulu kenapa merpati tidak memiliki empedu? Karena burung merpati tidak pernah menyimpan kepahitan dalam hidupnya. Sehingga bisa di analogikan burung merpati itu tidak pernah memiliki rasa dendam.

Itulah fakta tentang burung merpati yang terkenal dengan kiasan merpati tidak pernah ingkat janji, yang juga ternyata terselip sebuah pembelajaran dalam kehidupan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

1 Comment on 5 Fakta tentang Burung Merpati

  1. Fakta yang menarik tentang burung merpati ya. hemmm… makin semangat aja untuk pelihara burung merpati nih. Lagi ngumpulin informasi tentang burung merpati untuk dipelihara dan nanti dijadikan studi kasus gitu. Terima kasih informasinya sangat membantu nih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*