5 Alasan mengapa bekerja dengan ‘Passion’ itu menyenangkan

5 Alasan mengapa bekerja dengan passion itu menyenangkan
Image source : careersingovernment.com

Berbicara masalah passion bagi saya sebenarnya cukup pro dan kontra, ini mungkin disebabkan karena saya memiliki sejumlah masa lalu yang membuat saya berada di posisi yang terpojok. Beragam caci dan maki memberikan sederet panjang pengalaman saya mengenai dunia kerja, baik bekerja secara offline maupun online.

Passion, bila di artikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah gairah, hasrat, atau bisa juga di sebut kegemaran. Secara sederhananya kita bisa mengartikan passion sebagai hobi. Ya, hobi yang dituangkan menjadi sebuah karya dengan kreativitas, sehingga dapat memberikan manfaat bagi kita sendiri atau banyak orang yang kemudian pada akhirnya menghasilkan keuntungan tersendiri. Seperti itulah kira-kira jika saya menggambarkan sebuah arti sekaligus makna dari passion.

Banyak cara yang bisa dilakukan melalui passion sehingga anda menganggapnya sebagai sebuah pekerjaan untuk mendapatkan sejumlah uang. Tetapi, semua hal tersebut adalah bergantung dari mana dan bagaimana anda menuangkan passion tersebut sehingga orang lain dapat menikmatinya, kemudian anda sendiri juga akan merasakan hasilnya. Seperti misalnya seperti Carlos Rodriguez. Bila anda seorang gamer, nama Carlos atau yang biasa di sapa Ocelote ini tahun 2015 menyandang predikat sebagai gamer terkaya di dunia. Kegemarannya bermain game telah memikat para sponsor karena prestasinya dalam memenangkan berbagai turnamen game yang diikutinya. Banyak contoh lainnya yang memberikan sebuah ketegasan bahwa sebenarnya bekerja sesuai passion itu sangat menyenangkan.

Bila anda ingin merealisasikan passion anda menjadi sebuah pekerjaan, mungkin ada beberapa hal yang bisa menjadikan anda lebih bersemangat mengenai beberapa jawaban atau poin di bawah ini.

Mengapa bekerja sesuai passion itu lebih menyenangkan?

1. Tidak pernah bosan

Bosan adalah salah satu hal yang sangat berbahaya bila anda tidak segera mengantisipasinya. Karena bila anda tidak menanggulanginya, rasa bosan yang ada akan berubah menjadi jenuh, sehingga tidak tertutup kemungkinan produktivitas anda akan mengalami penurunan.

Berbeda halnya bila bekerja sesuai passion. Karena anda tidak akan pernah menemukan kata ‘bosan’ saat melakoni pekerjaan anda. Bahkan, orang lain mungkin bisa beranggapan bahwa anda adalah seorang yang telah gila atau work holic karena mereka melihat anda tidak henti-hentinya untuk bekerja. Padahal dia tidak tahu, bahwa sebenarnya anda melakukan semua itu dengan passion, dengan kegemaran, dengan hati, dengan penuh cinta dan menikmati setiap aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.

Baca juga artikel : Tips ketika di pandang sebelah mata

2. Lebih mudah fokus

Seperti pepatah kuno yang saya anggap masih berlaku saat ini, “Tidak satu jalan menuju ke Roma”. Lantas apa kaitannya? Sebentar, mungkin anda akan melakukan segala cara untuk merealisasikan segala impian anda. Dimana tujuan sebenarnya adalah untuk mencapai target sesuai dengan yang diharapkan. Tetapi bagaimana jika anda tidak juga merasa bahwa anda telah bekerja dan menghasilkan sesuai dengan harapan?

Bekerja sesuai passion akan lebih mudah untuk fokus, ya walaupun anda akan menggunakan beragam teknik atau strategi. Tetapi karena fokus yang berkelanjutan, anda akan lebih mudah untuk mencapai hasil yang sesuai diharapkan. Cepat atau lambat, seorang pekerja yang berada di dalam track passion-nya akan mencapai keberhasilan.

3. Ikhlas

Ikhlas sangat sulit untuk dijelaskan, karena ketika anda menjelaskan makna ikhlas maka anda justru akan terjebak dengan kata tersebut sehingga akhirnya anda justru menjadi tidak ikhlas.

Saya seringkali merasakan hal ini. Dimana saya akan lebih ikhlas melakukan suatu pekerjaan yang sesuai dengan kegemaran saya, begitupun sebaliknya. Meskipun jerih payah anda adalah NIHIL, passion akan membuat anda menjadi ikhlas. Karena segala hal yang anda lakukan secara tidak langsung juga akan memberikan manfaat positif bagi diri anda, yaitu sebuah pembelajaran dan pengalaman.

4. Tanpa beban

Beragam pengalaman mungkin banyak mengajarkan anda, bahwa bekerja menanggung beban dengan bekerja secara lepas akan memiliki perbedaan yang cukup jauh. Bekerja sesuai passion akan menjadikan anda bekerja tanpa beban, sehingga akan menciptakan banyak peluang maupun ide-ide brilian. Meskipun tidak semudah itu, tapi saya yakin anda pernah merasakan atau mengalami pengalaman tentang hal ini.

5. Menjadi diri sendiri

Mungkin poin ini bagi anda terdengar idealis, tapi bagi saya ini adalah sebuah hal yang secara tidak langsung akan menuntun anda ke arah mana sebaiknya lintasan yang harus dilewati. Bekerja tanpa bosan, selalu fokus, ikhlas, serta tanpa beban. Tanpa di sadari bahwa sebenarnya anda telah menjadi diri sendiri.

Baca juga : Tips jitu supaya menjadi diri sendiri

Share and Enjoy

About Andy Febrian 531 Articles
Menyukai dunia web development, Wordpress lovers, writing dan blogging. Simple & apa adanya. Semoga tulisan di atas bermanfaat :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*